Motivasi Dalam Pembelajaran Bahasa Asing

https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.875

Idham Kholid

Abstract


Ketika berbicara tentang motivasi dalam pembelajaran bahasa asing, banyak orang yang mengasosiasikannya dengan Gardner (1972). Hal ini dapat difahami karena teori Gardner tentang motivasi memang cukup berpengaruh dalam kajian di bidang pengajaran bahasa asing. Meskipun demikian, teori Gardner bukan tanpa kritik. Para ahli di bidang pengajaan bahasa asing banyak yang mempersoalkan kategorisasi yang dibuat Gardner tentang motivasi integratif dan instrumental. Kritik terhadap Gardner tidak hanya sebatas kategorisasi motivasi yang dibuatnya, tetapi juga tesis Gardner yang menyatakan bahwa motivasi integratif lebih efektif dibandingkan dengan motivasi instrumental. Menurut beberapa pakar lain di bidang pengajaran bahasa asing, terdapat jenis motivasi lain yang relevan dengan pengajaran bahasa asing, dan motivasi integratif tidak selalu lebih efektif dibandingkan dengan motivasi instrumental.

Full Text:

PDF

References


Archibald, John. 1997. “Second Language Acquisition” Contemporary Linguistics, an Introduction. ed.William O’Grady, Michael Dorovolsky. New York: ST Martin’s Press

Brown H. Douglas, 2001. “Intrinsic Motivation in The Classroom”. Teaching By

Principles, an integrative approach to language pedagogy, 2nd edition, San Fransisco: Perason Education

Ellis, Rod. 2003, Second Language Acquisition. New York: Oxford University Press

Gagne, Robert M. 1998. The condition of Learning, USA: Holt, Rinehart and

Winston

Gardner R.C., W Lambert. 1972. Attitude and Motivation in second language

learning . MA: Newbury House

Hamid, Fuada Abdul. 1997. Proses Belajar Mengajar Bahasa. Jakarta: Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi Proyek Mengembangkan LPTK

Harmer, Jeremy. 2001. The Practice of English Language Teaching. London: Pearson Educcation Limited

Renandya,Willy A. 1997 “Motivasi Integratif dan Instrumental: sejauh mana

relevansinya dalam pemelajaran bahasa Inggris?”, PELBA 10. ed. Bamabang Kaswanti Purwo. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Snow, Catherin E. 1986. 1986. “Bilingualism and Second Language Acquisition”, Psycholinguistic. ed. Jean Berco Gleason dan Nan Bernstein Ratner. USA: HBC Publisher




DOI: https://doi.org/10.24042/ee-jtbi.v10i1.875

Article Metrics

Abstract views : 956 | PDF downloads : 792


Copyright (c) 2017 English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris



Creative Commons License

English Education: Jurnal Tadris Bahasa Inggris is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. pISSN: 2083-6003, eISSN: 2580-1449EnglishEducation Stats. Copyright © UIN Raden Intan Lampung.