Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Materi Logaritma Siswa SMA

Rita Rahayu

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to improve the effectiveness of learning using active learning strategies. This research was conducted in class X State Senior High School of Bandar Lampung. The method used is classroom action research (PTK) through two cycles. Researchers use the test instrument to see the effectiveness of learning. The results of the study on the initial condition of 21 students (53.48%) complete, cycle II 26 students (67.67%) complete, and Cycle II 36 students (92.31%). From the data discovery, the active learning strategy can improve the effectiveness of learning on logarithmic materials.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran aktif.  Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri Bandar Lampung. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) melalui dua siklus.  Peneliti menggunakan instrument tes untuk melihat keefektifan pembelajaran. Hasil penelitian pada kondisi awal 21 peserta didik (53,48%) tuntas, siklus II 26 peserta didik (67,67%) tuntas, dan Siklus II 36 peserta didik (92,31%). Dari penemuan data tersebut strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran pada materi logaritma.


Full Text:

PDF

References


Asikin. (2004). Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: Pendidikan Matematika FMIPA Unnes.

Gagne, R. M., & Briggs, L. J. (1978). Principles of Instructional Design (2nd ed.). New York: Holt Rinehart Wiston.

Herman, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM.

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 11. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1389

Mujib, & Mardiyah. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 187–196.

Nasution, A. H. (1982). Landasan Matematika. Jakarta: Bharata Karya Aksara.

Reynolds, D. M. dan D. (2008). EffectiveTteaching Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Russefend. (1980). Pengajaran Matematika untuk Sekolah Menengah. Jakarta: Depdikbud.

Russeffendi. (1988). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sudjana, N. (1995). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakrya.

Zaini, H., Munthe, B., & Aryani, S. A. (2007). Strategi PembelajaranAktif,. CTSD: IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Science and Mathematics Education



Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.