Keterampilan Proses Sains (KPS) pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I

Mega Yati Lestari, Nirva Diana

Abstract


Abstract:The study was aimed to know the application and comprehension about science process skill onfiction practicum basis 1 process. This research is a descriptive qualitative.which had object research students university of Physic major at UIN Raden Intan Lampung.The sample of this research was the sample which was taken by using Purpossive Sampling. This research is conducted through three stages, namely pre-survey stage, implementation, and conclusion. The data of the research are analyzed quantitatively and qualitatively Totally, the result showed the application and comprehension of students KPS based on the observation and rest result were 63% (enough) and 72 (enough). Hence, it can be stated that the mastery of science process skill of students physiscs major at UIn ril was  enough categorized.

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pemahaman keterampilan proses sains pada pelaksanaan praktikum fisika dasar I. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang dilakukan pada mahasiswa pendidikan fisika di UIN Raden Intan Lampung. Sampel yang digunakan diambil menggunakanteknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu tahap pra survey, pelaksanaan, dan tahap akhir atau penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan secara keseluruhan penerapan dan pemahaman KPS mahasiswa berdasarkan hasil observasi dan hasil tes adalah 63% (Cukup) dan 72% (Cukup).Dengan demikian, dapat dinyatakan pendekatan keterampilan proses sains pada mahasiswa pendidikan fisika UIN Raden Intan lampung adalah dengan kategori Cukup.


Full Text:

PDF

References


Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang Pada Mata Pelajaran Ipa-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1, 1–16.

Candra Sayekti, I., Sarwanto, & Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen Dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan AAnalisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri, 1(2), 142–153.

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 241–253. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(1), 15–22.

Kurniawan, D. T. (2014). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Website Interaktif pada Konsep Fluida Statis untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(2), 206–213. https://doi.org/http://journal.fpmipa.upi.edu

Murniasih, L., Subagia, I. W., Sudria, I. B. N., Pascasarjana, P., & Ganesha, U. P. (2013). PENGELOLAAN PEMBELAJARAN IPA : STUDI KASUS PADA SMP DI DAERAH TERDEPAN , TERLUAR , DAN TERTINGGAL Program Studi Pendidikan IPA , Program Pascasarjana, 4.

Raina Vovianti, N. (2011). Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(1), 158–166.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Zulaeha, Darmadi, I. W., & Werdhiana. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Predict , Observe and Explain terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Balaesang. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Science and Mathematics Education



Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.