Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika sebagai Suplemen Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman

Siska Selviani, Welly Anggraini

Abstract


Abstract: This research is motivated by the provision of ability through instructional media based on the values of Islamic teachings. Not yet used learning media as an integrated learning supplement of Islamic values. This study aims to develop, know the feasibility and know the response of educators and learners to the media learning physics magazine as an integrated learning supplement Islamic values. This research method is Research and Developmen (R & D). This research product in the form of learning media of physics magazine as an integrated learning supplement of Islamic values, and feasibility result obtained by media expert 83%, material expert 85%, and religious material expert 80% highly deserved. Positive response from educators with 88.05% percentage. 91% individual test results, small group trial 89.52%, and field trials 91% of the three test results gave a positive response. The development of learning media of physics magazine as an integrated learning supplement of Islamic values is very feasible and get a positive response to be used as learning media.

 

Abstrak : Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembekalan kemampuan melalui media pembelajaran dengan basis pada  nilai-nilai ajaran islam. Belum digunakannya  media pembelajaran sebagai suplemen pembelajaran yang terintegrasi nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan,  mengetahui kelayakan dan mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran majalah fisika sebagai suplemen pembelajaran terintegrasi nilai keislaman. Metode penelitian ini yaitu Research and Developmen (R&D). Produk penelitian ini berupa media pembelajaran majalah fisika sebagai suplemen pembelajaran terintegrasi nilai keislaman, dan hasil kelayakan diperoleh ahli media 83%, ahli materi 85%, dan ahli materi agama 80% dikriteriakan  sangat layak. Respon positif dari  pendidik dengan persentase  88,05%. Hasil uji coba perorangan 91%, uji coba  kelompok kecil 89,52%, dan uji coba lapangan 91% ketiga hasil uji coba memberikan respon positif. Pengembangan media pembelajaran majalah fisika sebagai suplemen  pembelajaran terintegrasi nilai keislaman sangat layak dan mendapat respon positif untuk dijadikan media pembelajaran.


Full Text:

PDG

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asfuriyah, S., & Nuswowati, M. (2015). Pengembangan Majalah Sains Berbasis Contextual Learning Pada Tema Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Unnes Science Educational Journal, 4(1), 563–569.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1.

Daryanto. (2001). Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.

Herdiawanto, H., & Jumanta, H. (2010). Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Erlangga.

Hermawan, & Arief, A. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 melalui Pendekatan Scientific pada Materi Alat Optik untuk Melatihkan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X SMAN 3 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(3), 96–102.

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155.

Mustikarini, P. (2016). Pengembangan Majalah Fisika sebagai Alternatif Sumber Belajar Mandiri Berkarakter Islami melalui Materi Fluida Dinamis untuk Menumbuhkan sikap spiritual dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Bantul. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2), 98–105.

Rangsing, B., Subiki, & Handayani, R. D. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Majalah Siswa Pintar Fisika (MSPF) pada Pembelajaran IPA di SMP (Pokok Bahasan Gerak pada Benda). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(3), 243–247.

Yusufhadi, M. (2015). Menyemai Benih Tehnologi Pendidikan. Jakarta: Perdana Media Group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Indonesian Journal of Science and Mathematics Education