Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kemagnetan Kelas IX SMP N 1 Penengahan Lampung Selatan

Riana Astuti, Yetri Yetri, Welly Anggraini

Abstract


Abstract: Low critical thinking of learners because learners tend to record and memorize.One model of learning that can be applied is the learning model of Auditory Intellectually Repetiton (AIR). This study aims to look at the critical thinking skills of learners.The type of research that has been done in this research is quasy experiment with non equivalent control group design. The population in the study amounted to 315 students class IX SMP. The sampling technique was done by purposive sampling technique. To measure the learning outcomes of learners conducted a test with the problem esay amounted to 20 questions with magnetism material.The result showed that, after analyzed by using t-test obtained t count more than ttable (0,05) that is with value 4,4603 more than 2,011. This suggests that the AIR (Auditory Intellectually Repetition) learning strategy influences the learners' learning outcomes.

 

 

Abstrak: Rendahnya berpikir kritis peserta didik disebabkan peserta didik cenderung mencatat dan menghafal.Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran Auditory Intellectually Repetiton (AIR).Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan berpikir kritis peserta didik.Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group.Populasi pada penelitian berjumlah 315 peserta didik kelas IX SMP.Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling.Untuk mengukur hasil belajar peserta didik dilakukan tes dengan soal esay berjumlah 20 soal dengan materi kemagnetan.Hasil penelitian diperoleh bahwa, setelah dianalisis dengan menggunakan uji-t didapat thitun lebih dari ttabel(0,05) yaitu dengan nilai 4.4603 lebih dari 2.011. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik.

 


Keywords


Kata Kunci:Berpikir Kritis, Kemagnetan, Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition)

Full Text:

PDF

References


Anggraini, A. E., Hamid, A., Yusandika, A. D., & Susilowati, N. E. (2018). Pengaruh Metode Pictorial Riddle yang Dimodifikasi dengan Pendekatan Scientific terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 13–19.

Fisher, A. (2008). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Ihsan, F. (2010). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Komalasari, K. (2015). Pembelajaran Kontekstual dan Aplikasi. Bandung: PT Retika Aditama.

Nurmalasari, A. L., Jayadinata, A. K., & Maulana. (2016). Pengaruh Strategi Predict Observe Explain Berbantuan Permainan Tradisional Siswa pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 181–190.

Rahayu, S. (2015). Meningkatkan Profesionalisme Guru Dalam Mewujudkan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Kimia / Ipa Berkonteks Isu-Isu Sosiosaintifik. In Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia di Fakultas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPS: Dampak terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabetha.

Sumarni, Sugiarto, & Sunarmi. (2016). Implemetasi Pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition (AIR) terhadap Kmampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok. Unnes Journal of Mthemaics Education, 5(2), 109–117.

Syah, M. (2009). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Budi Aksara.

Wati, W., & Fatimah, R. (2016). Effect Size Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License