Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) pada Materi Tekanan untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP

Sri Nia Aryati, Agus Jatmiko, Mustaqim Mustaqim

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk berupa lembar kerja siswa (LKS)
berbasis contextual teaching and leraning (CTL) pada materi tekanan untuk peserta didik kelas VIII SMP.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain
produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Subjek dalam penelitian ini
adalah peserta didik kelas VIII K SMPN 20 Bandar Lampung. Jenis data yang dihasilkan adalah data
kualitatif dan data kuantitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian untuk
menentukan kualitas produk. Hasil penelitian ini memperoleh rata-rata penilaian sebesar 90% dengan
kategori sangat layak dari guru dan hasil nilai oleh ahli materi memperoleh rata-rata penilaian sebesar
87% dengan kategori sangat layak, ahli media memperoleh rata-rata penilaian sebesar 96% dengan
kategori sangat layak.; Sehingga dapat disimpulkan lembar kerja siswa (LKS) Berbasis contextual
teaching and leraning(CTL)dapat digunakan sebagai bahan ajar fisika khususnya pokok bahasan tekanan.


Keywords


Reaserch and Depelopment, LKS berbasis CTL, Tekanan.

Full Text:

PDF

References


Erlinda, N. (2017). Peningkatan Aktivitas

dan Hasil Belajar Siswa melalui

Model Kooperatif Tipe Team Game

Tournament pada Mata Pelajaran

Fisika di SMK. Jurnal Keguruan

Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 47–52.

https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1

Farid, M., & Pramukantor, J. . (2013).

Pengaruh Penerapan Pembelajaran

Berbasis Proyek Terhadap Hasil

Belajar Siswa pada Standar

Kompotensi Menerapkan Dasardasar

Teknik Digital di SMKN 2

Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik

Elektro, 2(2), 737–743.

Febriastuti, Y. D., Linuwih, S., &

Hartono. (2013). Peningkatan

Kemandirian Belajar Siswa SMP

Negeri 2 Geyer Melalui

Pembelajaran Inkuiri Berbasis

Proyek. Unnes Physics, 2(1), 1–6.

Harahap, R. A., & Derlina. (2017).

Pembelajaran Kooperatif Tipe Group

Investigation (GI) dengan Metode

Know-Want-Learn (KWL): Dampak

Terhadap Hasil Belajar Fluida

Dinamis. Jurnal Ilmiah Pendidikan

Fisika Al BiRuNi, 6(2), 149–158.

https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.

v6i2.1369

Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., &

Verawati, N. N. S. P. (2017).

Pengaruh Model Pembelajaran

Ekspositori Berbantuan Scaffolding

dan Advance Organizer Terhadap

Hasil Belajar Fisika Peserta Didik

Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika

Dan Teknologi, 3(2), 173–180.

Khoiri, N., Hindarto, N., & Sulhadi.

(2011). Pengembangan perangkat

pembelajaran fisika berbasis Life

Skill Untuk Meningkatkan Mnat

Kewirausahaan Siswa. Jurnal

Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 84–

Sohibun, Febriani, Y., & Maisaroh, I.

(2017). Peranan Mata Kuliah Profesi

Kependidikan dan Microteaching

terhadap Kompetensi Profesional

Mahasiswa PPL Fisika.

Tadris :Jurnal Keguruan Dan Ilmu

Tarbiyah, 2(1), 53–61.

https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendekatan Kuantitatif Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Sri Nia Aryati, Agus Jatmiko, Mustaqim Mustaqim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.