Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 Materi Gerak Lurus

Mera Afriyanti, Sodikin Sodikin, Agus Jadmiko

Abstract


Abstract: This research aims to knowing the quality of feasibility of physics learning media and knowing the response of learners to the use of physics learning media using macromedia flash pro 8 straight motion materials related to the values of Al-Qur'an in class X. This research is an R and D research that adopted the development of Borg and Gall. The subjects of the study of class X students with data collection instruments used in the form of questionnaires. The results of this study are; 1) Produce product in the form of physics learning media using macromedia flash pro 8 straight motion material related to Al-Qur'an values, product quality that has been developed is very feasible with percentage of 81,11% material expert, 72,46% media expert in category worthy, 88,00% religious experts in very decent category and response of class X learner with percentage 85,92%, and 80,19% with very decent category

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan media dan mengetahui respon peserta didik terhadap penggunaan media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 materi gerak lurus berkaitan nilai-nilai Al-Qur’an di kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian R and D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Subjek penelitian peserta didik kelas X dengan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Hasil penelitian ini adalah; 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran fisika menggunakan macromedia flash pro 8 materi gerak lurus berkaitan nilai-nilai Al-Qur’an, kualitas produkyang telah dikembangkan adalah sangat layak dengan persentasi 81,11 %  ahli materi, 72,46 % ahli media dalam kategori layak, 88,00 %ahli agama dalam kategori sangat layak dan respon peserta didik kelas X dengan persentase 85,92%, dan 80,19% dengan kategori sangat layak.


Keywords


Media Pembelajaran, Macromedia Flash Pro 8, Gerak Lurus

Full Text:

PDF

References


Anesia, R., Anggoro, B. S., & Gunawan, I. (2018). Pengembangan Media Komik Berbasis Android pada Pokok Bahasan Gerak Lurus. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 53–57.

Aryati, S. N., Jatmiko, A., & Mustaqim, M. (2018). Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Tekanan untuk Peserta Didik KElas VIII SMP. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 47–52.

Astuti, R., Yetri, Y., & Anggraini, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Kemagnetan Kelas. Indonesian Journal of, 1(2), 1–12.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-Logs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).

Hidayah, A., & Yuberti, Y. (2018). PEngaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Siswa Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 21–27.

Latifah, S. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(2).

Munir. (2012). Pembelajaran Jarak Jauh BerbasisTeknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Relia, A., & Sodikin, S. (2018). Pengaruh Pembelaran Guided Discovery Berbantu Laboratorium Virtual Terhadap Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 13–21.

Rizki, R. ., Wawan, S., & Nurdin, E. A. (2008). Optimalisasi Macromedia Flash Untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis Komputer pada Program Studi Ilmu Komputer FPMIPA UPI. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Pendidikan Ilmu Komputer FPMIPA UPI, 10(1).

Sada, H. J. (2016). Alam Semesta dalam Persfektif Al-Qur’an dan Hadits. At-Tadzkiyyah: Journal Pendidikan Islam, 7(2).

Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Viajayani, E. R., Radiyono, Y., & Rahardjo, D. T. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 pada Pokok Bahasan Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2018 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License