Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course dengan Model Inkuiri Terbimbing

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3922

Annisa Shabrina, Rahma Diani

Abstract


Abstract: This research aims; 1) knowing the feasibility of web-based physics learning media that is enhanced by courses with guided inquiry models in class X SMA measurement material; 2) knowing the students' response to the interest of web-based physics learning media that was enhanced by a guided inquiry model in the X grade high school measurement material. This study used research and development (R and D) method using Borg and Gall model. The data of this study were obtained from educator questionnaires and student responses, validation questionnaires for material experts, media experts, and informatics experts.The results of the study of material experts 87.45%, media experts 83.61%, informatics experts 77.29%, and educators in three schools 87.77%, while the responses of students in three schools 82.43%. Based on material experts, media experts, informatics experts, and educators, it can be concluded that physics learning media is a website as a learning medium.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan; 1) mengetahui kelayakan media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course dengan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran SMA kelas X; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap ketertarikan media pembelajaran fisika berbasis web enhanced course dengan model inkuiri terbimbing pada materi pengukuran SMA kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R and D) dengan menggunakan modelBorg and Gall. Data penelitian ini diperoleh dari angket pendidik dan respon peserta didik,angket validasi ahli materi, ahli media, dan ahli informatika. Hasil penelitian ahli materi 87,45%, ahli media 83,61%, ahli informatika 77,29%, dan pendidik ditiga sekolah 87,77%, sedangkan respon peserta didik ditiga sekolah 82,43%. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli informatika, dan pendidik, maka dapat disimpulkan media pembelajaran fisika berupa website layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Keywords


media pembelajaran fisika; web enhanced course; inkuiri terbimbing

Full Text:

PDF

References


Arsi, F., & Febrianti, K. V. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web untuk SMA Kelas X pada Pokok Bahasan Listrik Dinamis. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Vol.5 No.1.

Asyhari, A., & Diani, R. (2017). Pembelajaran Fisika Berbasis Web Enhanced Course: Mengembangkan Web-Logs Pembelajaran Fisika Dasar I. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1).

Asyhari, A., & Hartati, R. (2015). Implementasi Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Pendidikan Karakter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Cahaya dan Optika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 4(1).

Diani, R. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Pendidikan Karakter dengan Model Problem Based Instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 04(2), 241–253.

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 7, 7, 147–155.

Diani, R., & Syarlisjiswan, M. R. (2018). Web-Enhanced Course Based on Problem-Based Learning (PBL): Development of Interactive Learning Media for Basic Physics II. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 7(1).

Doyan, A., & Sukmantara, I. K. Y. (2014). Pengembangan Web Intranet Fisika untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2).

Falahudin, I., Wigati, I., & Pujiastuti, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pengelolaan Lingkungan Di SMP Negeri 2 Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin. Jurnal Bioilmi, 2(2).

Hakim, M. L., Prabowo, & Yuanita, L. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kalor Di SMA. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 5(1).

Hanim, N., Abdllah, & Khairil. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Praktikum Pada Materi Sistem Ekskresi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal EduBio Tropika, 3(1).

Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2).

Purmadi, A., & Surjono, D. H. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2).

Putri, A. C. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Web Untuk Meningkatkan Adversity Quotient Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika.

Putri, H. K., Indrawati, & Mahardika, I. K. (2016). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Disertai Teknik Peta Konsep Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4).

Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukma, L. K., & Syam, M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Saintifika, 18(1).

Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam PendidikanNo Title. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Uno, H. B., & Ma’ruf, A. R. K. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Berbasis Website untuk Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(3).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3922

Article Metrics

Abstract views : 1576 | PDF downloads : 1342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License