Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa

Fepti Bunga Mutiara, Happy Komikesari, Nur Asiah

Abstract


Abstract: This study aims to determine the effectiveness of cooperative model type Course Review Horay (CRH) on Student Learning Outcomes and Science Process Skills (KPS) in Class XI at Bandar Lampung SMAN 9. The research method used. quasi experiment with non equivalent control group design. The sampling technique used was purposive sampling. The results of the hypothesis test analysis using the Maan Whitney test showed a significant value of 2 taile = 0.00 with a significant level of 0.05%. It states that the significance value is less than 0.05 (0,000). The CRH learning model is more effective towards students' learning outcomes, effectiveness can be seen by the effect size test. The result of the effect size test is 1.41 so that it is included in the high category.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Model kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Kelas XI Di SMAN 9 Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan. quasi eksperimen dengan desain non equivalent control group. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji Maan Whitney menunjukan nilai signifikn 2 taile = 0,00 dengan taraf signifikan 0,05%. Hal tersebut menyatakan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000). Model pembelajran CRH lebih efektiv terhadap hasil belajar peserta didik, keefetivan dapat dilihat dengan uji effect size. Hasil dari uji Effect size yaitu 1,41 sehingga termasuk dalam kategori tinggi

Keywords


hasil belajar; course review horay; pembelajaran CRH

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., Evi, C., & Puspita Wardani Oktarina. (2013). Model dan Metode Pembelajaran Sekolah.

Ani, ni kadek, Garminah, ni nyoman, & Suartama, i kadek. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CRH BERBANTUAN LKS SISWA KELAS IV SD. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1).

Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Damayanti, R., Rosilawati, I., & Fadiawati, N. (2018). Efektivitas LKS Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Kognitif, 7(1), 154–168.

Desy, P., Sari, K., & Tastra, I. D. K. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay ( CRH ) Berbantuan Media Benda Kongkrit Belajar IPA. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, (1).

Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Man 1 Pesisir Barat, 5(2), 265–275. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.126

Haris, A., & Amal, A. (2016). Pendidikan Dicerminkan Pada Terselenggaranya Proses Belajar Mengajar Yang Efektif Didalam Kelas Ynag Didukung Oleh Sarana Dan Prasana Yang Memadai, Misalnya Media , Bahan Ajar dan Lingkungan. Jurnal Sains Dan Pendidikan Fisika, 12(1).

Indrawati, A. W. T., & Harijanto, A. (2017). Implementasi Model GI-GI (Group Investigation-Guided Inquiry) Pada Pembelajaran Momentum dan Implus di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 256.

Komikesari, H. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah 01 (1) (2016) 15-22, 1(1), 15–22.

Mahanani, E. P., Suhito, & Mashuri. (2013). Keefektifan Model Course Review Horay Berbantuan Powerpoint Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2252).

meidian kusumawati. (2014). Keefektifan Model Course Review Horay Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPS. Journal of Elementary Education, 1-.

Pramadita, A. A., Mashuri, & Arifudin, R. (2013). Keefektifan Model Pembelajaran Course Review Horray Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 2(2).

Rozi, F. (2014). penerapan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay (crh) pada materi memelihara transmisi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi tkr 3 smk pgri 1 lamongan, 2, 76–81.

Saregar, A., Marlina, A., & Kholid, I. (2017). ‘Efektivitas Model Pembelajaran Arias Ditinjau Dari Sikap Ilmiah: Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Fluida Statis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 255–263. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.2181

Setiyaningsih. (2014). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Bentuk Pasar Dengan Metode Course Review Horay (Crh) Berbantuan Media Gambar Kelas Viii Smp N 1 Bulu Kabupaten Sukoharjo. Economic Education Analysis Journal, 2(3).

Sugianti, U., & Lesmono, A. D. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) di Sertai Permasalahan Plikatif Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika di SMAN 2 Tanggul pada materi Kinematika Gerak. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 225.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i1.3980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License