Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4324

Siti Masyuni, Ardian Asyhari

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to get an overview of the implementation of cognitive conflict approaches based on experimental methods on mastery of concepts and critical thinking skills. Quasi Experimental Design research design. The results showed that there was a positive and significant influence of the implementation of cognitive conflict assessment on mastery of concepts and critical thinking skills with an average value of critical thinking skills 77.33 and mastery of concepts 77.66. While the effect of verification practicum on critical thinking skills and mastery of the concept of learning outcomes has less significant qualifications with the average value of critical thinking skills 69.32 and mastery of concepts 71.10. From the results of the t-test obtained critical sign critical thinking skills less than 0.05 that is with a value of 0.000 less than 0.05 and mastery of the concept of 0.000 more than 0.05 then H_1 is accepted. The implications of the results of this study are very important for teachers to apply the cognitive conflict approach based on the experimental method.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendapatkan gambaran implementasi pendekatan konflik kognitif berbasis metode eksperimen terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis.Desain penelitianQuasi Experimental Design.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa terdapat pengaruhpositif daan signifikan dari implementasi pendektan konflik kognitif terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 77,33 dan penguasaan konsep 77,66. Sedangkan pengaruh praktikum verifikasi terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep hasil belajar memiliki kualifikasi kurang signifikan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis 69,32 dan penguasaan konsep 71,10. Dari hasil uji-t diperoleh kemampuan berpikir kritis kritis sign kurang dari 0,05 yaitu dengan nilai 0.000 kurang dari 0.05 dan penguasaan konsep 0.000 lebih dari 0.05 maka  diterima.Implikasi dari hasil penelitian ini adalah sangat penting bagi guru untuk menerapkan pendekatan konflik kognitif berbasis metode eksperimen.


Keywords


kemampuan berpikir kritis, pendekatan konflik kognitif berbasis metode eksperimen, penguasaan konsep.

Full Text:

PDF

References


Alhinduan, S. S. R., Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier-Test pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(1).

Artiawati, P. R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2016). Identifikasi Kuantitas Siswa Yang Miskonsepsi Menggunakan Three Tier- Test pada Materi Gerak Lurus Beraturan ( GLB ). Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 1(1).

Lestari, P. A. S., Rahayu, S., & Hikmawati. (2015). Profil Miskonsepsi Siswa Kelas X Smkn 4 Mataram pada Materi Pokok Suhu , Kalor , dan Perpindahan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, I(3), 146–153.

Marsita, R. ., Priatmoko, S., & Kusuma, E. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA Dalam Memahami Materi Larutan Penyangga Dengan Menggunakan Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1), 512–520.

Mosik, M. (2010). Usaha Mengurangi Terjadinya Miskonsepsi Fisika Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Konflik Kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2).

Silviani, R., Muliyani, R., & Kurniawan, Y. (2017). Penerapan Three Tier-Test untuk Identifikasi Kuantitas Siswa yang Miskonsepsi pada Materi Magnet. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 2(1).

Sulistyowati, N., Antonius, T. W., & Woro, S. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Universitas Negeri Semarang.

Syahrul, D. A., & Setyarsih, W. (2015). Identifikasi Miskonsepsi dan Penyebab Miskonsepsi Siswa dengan Three-tier Diagnostic Test Pada Materi Dinamika Rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 04(03).

Tayeb, & Muslimin, M. (2015). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Tentang gerak Pada Siswa Kelas X MAN 2 Model Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(1).

Yunus, M. (2008). Perbandingan Strategi Konflik Kognitif dengan Strategi Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Jurnal Chemica, 9(2).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4324

Article Metrics

Abstract views : 422 | PDF downloads : 415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Siti Masyuni, Ardian Asyhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License