Efektivitas Model NHT Berbantu Laboratorium Virtual Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4329

Dwi Trisnawati, Yetri Yetri

Abstract


Abstract:This study aims to determine the effectiveness of virtual laboratory-assisted Numbered Head Together (NHT) models in providing good learning outcomes to students who have science process skills. The study was conducted at Bandar Lampung High School 8 with the research method Quasi Experimental Design. Analysis of hypothesis testing data of this study uses two-way variance analysis. Then the effectiveness is known by using the effect size test that is getting the value d = 0.45, then this result is interpreted using the table of effect size obtained that the laboratory-assisted NHT model affects student learning outcomes by 66%. The conclusion is that virtual laboratory-assisted NHT models provide good learning outcomes, there are differences in physics learning outcomes between high, medium and low science process skills, there is no interaction between learning models with science process skills on learning outcomes and NHT models are effective in improving learning outcomes.

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Numbered Head Together (NHT) berbantu laboratorium virtual dalam memberikan hasil belajar yang baik pada peserta didik yang memiliki keterampilan proses sains.Penelitian dilakukan di SMA N 8 Bandar Lampung dengan metode penelitian Quasi Eksperimen Design.Analisis data pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan. Kemudian keefektifan diketahui dengan menggunakan uji effect size yaitu memperoleh nilai d = 0,45, kemudian hasil ini diinterpretasikan dengan menggunakan tabel effect size diperoleh bahwa model NHT berbantu laboratorium ini mempengaruhi hasil belajar peserta didik sebanyak 66%. Memperoleh kesimpulan bahwa model NHT berbantu laboratorium virtual memberikan hasil belajar yang baik, terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara keterampilan proses sains tinggi, sedang dan rendah, tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar dan model NHT efektif dalam meningkatkan hasil belajar.


Keywords


keterampialan proses sains, laboratorium virtual, hasil belajar, numbered head together.

Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2009). Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional. Bandung: PT. Imperial Bhakti Utama.

Anwar, C., Saregar, A., Hasanah, U., & Widayanti. (2018). The Effectiveness of Islamic Religious Education in the Universities : The Effects on the Students â€TM Characters in the Era of Industry 4 . 0. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v3i1.2162

Ariyani, R. D., Indrawati, & Mahardika, I. K. (2017). Model Pembelajaran Guided Discovery ( GD ) Disertai Media Audiovisual Dalam Pembelajaran IPA (FISIKA) Di SMP. Jurnal FKIP, 6.

Diani, R., Latifah, S., Anggraeni, Y. M., & Fujiani, D. (2018). Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2), 167–181. https://doi.org/10.24042/tadris.v3i2.3321

Harahap, R. H., & Harahap, M. B. (2012). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4(2).

Irwandani. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTs Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.90

Mubarrok, M. F., & Mulyaningsih, S. (2014). Penerapan Pembelajaran Fisika pada Materi Cahaya dengan Media Phet Simulations untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(1), 77.

Qurniawati, A., Sugiharto, & Saputro, A. N. C. (2013). Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Dengan Media Kartu Pintar Dan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hidrokarbon Kelas X Semester Genap Sma Negeri 8 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(3).

Rahayu, S., Mardiyana, & Saputro, D. R. S. (2014). Ekperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI DAN NHT Pada Pokok Bahasan Relasi Dan Fungsi Ditinjau Dari Adversity Quotient ( AQ ) Siswa Kelas VIII SMP NEGERI Di Kabupaten Pringsewu Propinsi Lampung. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(3).

Rasyid, A., Passaribu, M., & Kamaludin, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) dan Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika Di SMP Negeri 2 Poso. Jurnal Mitra Sains, 3(1).

Sahlin, J. S., Tsertsidis, A., & Islam, M. S. (2017). Usages and Impacts of The Integration of Information and Communication Technologies (ICTs) in Elementary Classrooms: Case Study of Swedish Municipality Schools. Interactive Learning Environments, 25(5). https://doi.org/10.1080/10494820.2016.1170045

Sanjaya, W. (2013). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode, dan Prosedur. Jakarta: Kencana.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum Dengan Memanfaatkan Media phet Simulation Dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak Pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Al-BiRuNi, 5(April). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105

Sari, V. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Terhadap Ketrampilan Berfikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Peserta Didik Kelas X Materi Protista SMA Negeri 15 Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Trianto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4329

Article Metrics

Abstract views : 279 | PDF downloads : 244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License