Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Frezi pada Materi Usaha dan Energi

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4336

Fira Amanta, Indra Gunawan, Wan Jamaluddin

Abstract


Abstract: This study aims to produce products through the development of Frezi-based physics learning media on business materials and energy at the VIII grade of junior high school level, knowing the feasibility of the media according to the validators and knowing the responses of students to the media. This research is R and D research. The types of data produced are quantitative and qualitative data which are analyzed by the guideline of assessment criteria to determine product feasibility. This study resulted in Frezi-based learning media products on business materials and energy at the junior high school class VIII the final product produced had shown to be very feasible with an average score of material expert assessment 81%, media experts with an average score of 80%. learning media obtained in small group trials are very good with an average score of 87%. In the field trials obtained very good criteria with an average score of 88.33%. This frezi-based physics learning media has been qualified to use as a learning media


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk melalui pengembangan media pembelajaran fisika berbasis Frezi pada materi usaha dan energi tingkat SMP kelasVIII, mengetahui kelayakan media menurut para validator dan mengetahui respon peserta didik terhadap media. Penelitian ini merupakan penelitian R and D. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif dan kualitatif yang dianalisis dengan pedoman kriteria penilain untuk menentukan kelayakan produk. Penelitian ini menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Frezi pada materi usaha dan energi tingkat SMP kelas VIII produk akhir yang dihasilkan telah menunjukan sangat layak dengan skor rata-rata dari penilaian ahli materi 81%, ahli media dengan skor rata-rata 80% Respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil yaitu sangat baik dengan skor rata-rata 87%. Pada uji coba lapangan diperoleh kriteria sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 88,33%. Media pembelajaran fisika berbasis Frezi ini sudah terkualifikasi digunakan sebagai media pembelajaran.



Keywords


media pembelajaran, frezi, usaha dan energi

Full Text:

PDF

References


Asih Widi W, E. S. (2014). Metodologi Pembelajara IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Azhar, A. (2011). Media Pembelajaran. Media Pembelajaran, (1)

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1)

Diani, R., Yuberti, Y., & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2)

Giancoli, D. C. (2001). Fisika Edisi Ke 5 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Melida, D., Masril, & Hufri. (2014). Pengaruh Media Frezi The Zooming Presentations Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA N 12 Padang. Pillar Of Physics Education, 4(November), 113.

Putri Zakiyatul, Z., Diah, M., & Fathiah, A. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Zooming Presentation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Konsep Suhu Dan Kalor. EDUSAINS, VI(2).

Resor-Whicker, J., & Tucker, K. R. (2015). Using Frezi to Structure Online Videos for Information Literacy Instruction: A Case Study. Internet Reference Services Quarterly, 20(3–4)

Saputri, I. J., Irafahmi, D. T., & Sumadi, S. (2016). Media Presentasi Frezi Pada Mata Pelajaran Akuntansi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Accounting and Business Education, 2(4).

Saregar, A. (2016). Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1).

sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Syaiful Bahri Djamarah, A. Z. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Yuberti. (2014). “Penelitian dan Pengembangan” yang Belum Diminati dan Perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2)




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4336

Article Metrics

Abstract views : 292 | PDF downloads : 271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Fira Amanta, Indra Gunawan, Wan Jamaluddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License