Model Pembelajaran Advance Organizer: Dampak Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik

Levti Norisa Bely, Saiful Bahri, Mukarramah Mustari

Abstract


Abstract: The purpose of this study is 1) To find out whether there is a significant effect with the Advanced Organizer learning model 2) To improve the cognitive abilities of students on the subject of dynamic fluid Vocational High School. The method used in this study is quasi-experimental with the hypothesis that there is no significant influence on the cognitive abilities of students who are taught using advance organizer learning models so that the cognitive abilities of students are increased. The results of this study indicate that there is a significant influence on the cognitive abilities of students who are taught using an advanced organizer model so that the cognitive abilities of students increase. This can be seen from the results of the pretest and posttest in the experimental class has increased. Significant influence can be proven by the test results from the t-test analysis, where in the t-test analysis the value of t-count more than t-table or significant value  less than significant level (0.05) is equal to 21,921 more than 2,045. While the increase in cognitive abilities of experimental class students can be seen from the results of the mean mean value of students at the pretest that is 40.16, an increase after the posttest results of the mean mean becomes 81.94. This means that there is a very good increase in the cognitive abilities of students due to the influence of the Advanced Organizer of Dynamic Fluid SMK models.

Abstrak: Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran Advance Organizer 2) Untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada pokok bahasan fluida dinamis  SMK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan hipotesis ada atau tidak pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer sehingga kemampuan kognitif peserta didik lebih meningkat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan kognitif peserta didik yang diajar dengan menggunakan model advance  organizer sehingga kemampuan kognitif peserta didik meningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen mengalami peningkatan. Pengaruh signifikan dapat terbukti dengan adanya hasil pengujian dari analisis Uji-t ,dimana pada analisis Uji-t  nilai lebih dari atau nilai signifikan kurang dari taraf signifikan (0.05) yaitu sebesar 21.921 lebih dari  2.045. Sedangkan peningkatan kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai mean peserta didik pada pretest yaitu 40.16, terjadi peningkatan setelah posttest hasil rata-rata nilai mean menjadi 81.94. Artinya terjadi peningkatan yang sangat baik pada kemampuan kognitif peserta didik akibat pengaruh dari model Advance Organizer pokok bahasan Fluida Dinamis SMK.

Keywords


model pembelajaran, model advance organizer, hasil belajar kognitif

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. (2017). Efektivitas dan Kendala Pembelajaran Sains Berbasis Inkuiri terhadap Capaian Dimensi Kognitif Siswa : Meta Analisis tantangannya dalam upaya. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1). https://doi.org/10.24042/tadris.v2i1.1206

Alamsyah, T. P., & Turmudi. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Serta Self Esteem Matematis Siswa Melalui Model Advance Organizer. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Ananto, H., & Yuberti. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran POE Terhadap Keterampilan Proses Belajar Fisika Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asmawati, E. Y. S. (2015). Lembar Kerja Siswa (LKS) Menggunakan Model Guided Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Dan Penguasaan Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1).

Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2).

Jumiati, Martala, S., & Dian, A. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Numbers Heads Together (NHT) Pada Materi Gerak Tumbukan Di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura, 2(2).

Mustari, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Lewat Komputer Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2).

Mustari, M. (2016). Pengembangan Instrumen Ranah Kognitif Pada Pokok Bahasan Fluida Statis SMA/MA. Jurnal Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1).

Namira, Z. B., Kusumo, E., & Prasetya, T. (2014). Keefektifan Strategi Metakognitif Berbantu Advance Organizer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa. Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1).

Nugroho, S. E. (2014). Pengaruh Advance Organizer Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Analisis-Sintesis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(2).

Nugroho, T. S. ., & Hartono. (2014). Analisis Tingkat Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Model Advance Organizer Berbasis Proyek. Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Selly, A., Diana, N., & Yuberti. (2018). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Fisika. Journal Of Science and Mathematics Education, 1(2).

Sinulingga, K., & Munte, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendididkan. Depok: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sungkawan, R. (2013). Analisis Penguasaan Konsep Awal Fisika Pada Pembelajaran Menggunakan Model Advance Organizer Berbasis Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika. Pendidikan Fisika, 2(2).

Widiyatmoko, A. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Dengan Pendekatan Physics-Edutainment Berbantuan Cd Pembelajaran Interaktif. Journal Of Primary Education, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License