Game Edukasi Fisika Berbasis Smartphone Android Sebagai Media Pembeajaran Fisika

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4341

Widya Wati, Heti Istiqomah

Abstract


Abstract: The purpose of this research and development is to develop mobile game physics based on program construct 2 which is a game designed to stimulate thinking power including increasing concentration and solving problems. This research method is research and development (R and D) based on the ADDIE model which consists of analysis, design, development, implementation, and evaluation. The method of retrieving data in this study is through the results of validation and testing of respondents. The validation results obtained from 5 validators with several aspects of assessment obtained an average of 3.70 with the category "feasible", so that from the results of validations obtained from experts, the educational game developed has better quality so that it is feasible to be implemented . The results of product trials on 30 students at Bandar Lampung Middle School 24 showed an average of 3.89 with the criteria of "very interesting". From the results of the trials of respondents the physics education game is very interesting to use as an enrichment media on temperature material and its changes. Abstrak: Tujuan penelitian dan pengembangan ini yaitu mengembangakan mobile game eduaksi fisika berbasis program construct 2 yang merupakan permainan yang dirancang untuk merangsang daya pikir termasuk meningkatkan konsentrasi dan memecahkan masalah. Metode penelitian ini adalah research and development (R and D) berdasarkan model ADDIE  yang terdiri dari analisis, design, development, implementation, and evaluation. Cara pengambilan data pada penelitian ini yaitu melalui hasil validasi dan uji coba responden. Hasil validasi yang didapat dari 5 validator dengan beberapa aspek penilaian didapatkan hasil rata-rata sebesar 3,70 dengan katagori ”layak”, sehingga dari hasil validasi yang diperoleh dari para ahli, game edukasi yang dikembangkan memiliki kualitas yang lebih baik sehingga layak untuk di implementasikan. Hasil uji coba produk pada 30 peserta didik di SMP 24 Bandar Lampung  didapatkan hasil rata-rata sebesar 3,89 dengan kriteria “sangat menarik”. Dari hasil uji coba responden game edukasi fisika ini sangat menarik digunakan sebagai media pengayaan pada materi suhu dan perubahannya.

Keywords


game edukasi fisika, android, media pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Adiwijaya, M., S, K. I., & Christyono, Y. (2015). Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct2. Transient, 4(1), 129.

Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam, 8, 76.

Dian Wahyu Putra. (2016). Game Android Berbasis Android Sebagai Media Pembekajaran Untuk Usia Dini, 1(1), 46–58.

Gunawan, Z. (2004). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(1), 1.

Husain, C. (2014). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan, 2(2004), 184–192.

Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan; Fondasi Dan Aplikasi, 2(3), 33–47.

Oktavia, N. (2015). Pembuatan Game Edukasi Berbasis Construc 2 Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Prodi Pendidikan Fisika, (November), 56–67.

Pane, B., Najoan, X., & Paturusi, S. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Ragam Budaya Indonesia. E-Journal, 12(1).

Prasetio, H., Ertikanto, C., Suyatna, A., & Lampung, B. (2015). Pengembangan Game Edukasi Menggunakan Software RPG MAKER VX ACE pada Materi Hukum Archimedes, (1), 57–68.

Rahma, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas Kehidupan Siswa. Jurnal Fisip, 2(2), 7.

Sujoko. (2007). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai Media Pembelajaran di SMP Negri 1 Geger Madium. Journal of Applied Physiology, 102(4), 1729–1731. https://doi.org/10.1152/japplphysiol.zdg-7173.corr.2007

Sumadi, C. D., Mulyani, S., & Es, W. A. (2015). Pengembangan Media Game Senyawa Hidrokarbon Pada Pembelajaran Kimia si SMA Batik 1 Surakarta dan SMA Batik 2 Surakarta, 4(2), 82–88.

Tri Listyorini, A. widodo. (2013). Perancangan Mobile Learning Mata Kuliah Sistem Oprasi Berbasis Android. Jurnal SIMETRIS, 3(1), 25–30.

Yuberti. (2015). Online Group Discussion pada Mata Kuliah Teknologi Pembelajaran Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 145–153.




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4341

Article Metrics

Abstract views : 1625 | PDF downloads : 639

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License