Pengembangan Permainan Ular Tangga Bernuansa Islami Untuk Pembelajaran IPA

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4343

Yesi Andra Yuni, Zulhanan Zulhanan, Sodikin Sodikin

Abstract


Abstract: This study aims to; 1) identifies the eligibility ladder snake game in Islamic learning IPA; 2) know the response of the students against Islamic ladder snake game in learning the IPA as a learning resource that will be developed. Methods in this study using the method of research and development (Research and Development) model Borg and Gall that have been developed through dimodifiksi; 1) potential and problems; 2) data collection; 3) product design; 4) validation of the design; 5) revision of the product; 6) free trial products; 7) revision of the product. Taken only up to seven steps because of the limitations. The research data was collected by using the sheet validation, the now and the response of the learners. The results of this research are; 1) game development ladder snake islami in IPA is well worth learning is used in learning based on the results of validation experts, namely 93.5% material experts, 80.5%, media expert and expert religion 100%; 2) on the response of the students performed at the three schools earn a percentage of the feasibility of an average of 93% with a very worthy category

.

Abstrak: Penelitianini bertujuan untuk; 1) mengidentifikasi kelayakan permainan ular tangga islami dalam pembelajaran IPA; 2) mengetahui respon peserta didik terhadap permainan ular tangga islami dalam pembelajaran IPA sebagai sumber belajar yang akan dikembangkan. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall yang telahdimodifiksi yang dikembangkan melalui; 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desainproduk; 4) validasidesain; 5) revisiproduk; 6) ujicobaproduk; 7) revisiproduk. Langkah yang diambil hanya sampai dengan tujuh langkah karena keterbatasan. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi, angket dan respon peserta didik. Hasil penelitian ini adalah; 1) pengembangan permainan ular tangga islami dalam pembelajaran IPA sangat layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan hasil validasi para ahli, yaitu ahli materi 93,5%, ahli media 80,5%, dan ahli agama 100%; 2) pada respon peserta didik yang dilakukan di tiga sekolah mendapatkan persentase kelayakan rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak.

Keywords


media pembelajaran, ular tangga islami, pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Afandi, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dan Hasil Belajar IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 1(1).

Ayu, I., Siswoyo, & Indrasari, W. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Lectora Inspire pada Materi Usaha dan Energi SMA. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(2).

Diani, R., Latifah, S., Anggraeni, Y. M., & Fujiani, D. (2018). Physics Learning Based on Virtual Laboratory to Remediate Misconception in Fluid Material. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 3(2).

Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram Sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1).

Lubis, I. R., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Prestasi Kognitif Peserta Didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2).

MZ, Y. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik, 3(1).

Nugrahani, R. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Visual Berbentuk Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Lembar Ilmu Kependidikan, 36(1), 35–44.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permaianan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1).

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria, 6(3).

Purwaningsih. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Kelas IV SD Donotirto Tahun Ajaran 2015/2016.

Ratnawuri, T. (2016). Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UM Metro. Jurnal Promosi, 4(2).

Rohmatan, N. F. (2016). Pengembangan Permainan Ular Tangga Sebagai Media Pengayaan Pada Mata Pelajaran Dasar Dasar Perbankan Di SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Akutansi, 4(3).

Rosyana, W., Mulyani, S., & Saputro, S. (2014). Pembelajaran Model TGT (Teams Games Tournament) Menggunakan Media Permainan Monopoli Dan Permainan Ular Tangga Pada Materi Pokok Sistem Koloid Ditinjau Dari Kemampuan Memori Kelas XI SMA Negeri 1 Sragen Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(2).

Saputro, A. D. (2016). Implementasi Media Pembelajaran Komik Islam Untuk Meningkatkan Prestasi Belajara Dalam Berfikir Kritis Siswa Di Sekolah. Ulul Albab, 17(1).

Saregar, A., Irwandani, Abdurrahman, Parmin, Septiana, S., Diani, R., & Sagala, R. (2018). Temperature and Heat Learning Through SSCS Model with Scaffolding : Impact on Students ’ Critical Thinking Ability. Journal for the Education of Gifted Young, 6(3).

Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 2(10).

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4343

Article Metrics

Abstract views : 876 | PDF downloads : 431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License