Efektivitas Alat Peraga Induksi Elektromagnetik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik

Isma Yunita, Alinis Ilyas

Abstract


Abstract: The use of electromagnetic induction teaching aids is designed to create students who are active in the learning process so that they can improve their critical thinking skills. The ability to think critically is a reasonable and reflective thought that focuses on deciding what must be done. This study aims to determine the effectiveness of using teaching aids on students' critical thinking skills. The type of research conducted in this study was a quasy experiment with a non equivalent control group design. The population in this study was class XII MA Mathla'u Anwar Gisting. The sampling technique uses purposive sampling. With class XII IPA 1 as the experimental class and class XII IPA 2 as the control class. To measure the critical thinking skills of students, tests were carried out with 10 questions about essays and knowing the feasibility of using electromagnetic induction teaching aids can be done by observation. Furthermore, the data was tested using the normality, homogeneity, and T test. The results of the statistical tests showed a significant level less than 0.05, which means that H0 was rejected and H1 was accepted. The results showed that there was effectiveness in using teaching aids on students' critical thinking skills in electromagnetic induction material.

Abstrak: Penggunaan alat peraga induksi elektromagnetik dirancang untuk menciptakan peserta didik yang aktif didalam proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Kemampuan berpikir kritis merupakan sebuah pemikiran yang masuk akal dan reflektif yang berfokus untuk memutuskan apa yang mesti dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian yang telah dilakukan dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain non equivalent control group. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XII MA Mathla’u Anwar Gisting. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dengan kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik dilakukan tes dengan soal esay berjumlah 10 soal serta mengetahui keterlaksanaan dalam penggunaan alat peraga induksi elektromagnetik dapat dilakukan dengan observasi. Selanjutnya data di uji dengan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T. Hasil uji statistik menunjukkan taraf signifikan kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektivitasan penggunaan alat peraga terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi induksi elektromagnetik

Keywords


alat peraga, efektivitas, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Arikuntoro, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, H., Sutikno, & Maturi. (2015). Pembelajaran Hukum Pascal Menggunakan Miniatur Mesin Hidrolik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Jurusan Pendidikan Fisika, 4.

Diani, R., Julia, O. N., & Rahayu, M. (2018). Efektivitas Model RMS ( Reading, Mind Mapping, and Sharing) Terhadap Concept Mapping Skill Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 41–48.

Diani, R., Saregar, A., & Ifana, A. (2016). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2), 147–155.

Diani, R., Yuberti, & Syafitri, S. (2016). Uji Effect Size Model Pembelajaran Scramble Dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(2).

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Jumiati, Febrianti, Y., & Hafika, R. G. (2016). Pembuatan Alat Praktikum Termoskop Guna Menjelaskan Radiasi Kalor Berbasis Teknologi Murah dan Sederhana. Jurnal Jurusan Pendidikan Fisika.

Masriani, & Dhafir, F. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Eksperimen Pada Materi Perubahan Wujud Benda Dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN Lenju. Jurnal Kreatif Takuludo, 5.

Purwanto, A. E., Hendri, M., & Susanti, N. (2016). Studi Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Phet Simulations Dengan Alat Peraga Pada Pokok Bahasan Listrik Magnet di Kelas IX SMPN 12 Kabupaten Tebo. EduFisika, 1.

Putri, S. D., & Djamas, D. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Problem-Based Learning. Al-BiRuni, 6.

Roechaeni, S., & Raihanati, D. (2015). Pengembangan Alat Peraga Fisika SMA Materi Hukum Newton Dan Aplikasinya. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), IV.

Sanjaya, W. (2015). Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur (3rd ed.). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPS : Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Al-BiRuni, 5. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Setyosari, P. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (4th ed.). Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2009). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H. A. ., Jimmy, & Paat, L. (2011). Pedagogik Kritis. Jakarta: Rajawali Pers.

Tonaogy, F., Budi, A. S., & Budi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Pada Materi Hukum Archimedes Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4349

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Isma Yunita, Alinis Ilyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License