Pengaruh Model Pembelajaran Novick Berbantuan LKPD Terhadap Kemampuan Kognitif Peserta Didik

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4361

Iis Nurhayati, Ajo Dian Yusandika, Syarifudin Basyar, Yuwana Anjelinar

Abstract


Abstract: This study aims to determine wether there is an influence of the learning model Novick assist LKPD on the cognitive abilities of students in class VIII of SMP IT Baitun Nur Central Lampung on motion and style material. The method used is a quantitative method in the form of quasi experimental design with nonequivalent control group design. To determine the cognitive abilities of student and the control class, the Mann Whitney Test was conducted on the SPSS 23.0 program. The result of data analysis show sig values. (2-tailed) of 0.00 which means the value of sig. (2-tailed) less then 0.05, which means that the average posttest of the control class is not the same as the average posttest of the experimental class. Thus, it is accepted or there is a difference in the average score of the posttest cognitive abilities of students in the experimental class higher than the average posttest cognitive abilities of student in the control class.

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Novick berbantuan LKPD terhadap kemampuan kognitif peserta didik kelas VIII SMP IT Baitun Nur Punggur Lampung Tengah pada materi gerak dan gaya.Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif berupa penelitian quasi experimental design dengan desain nonequivalent control group design. Untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan uji Mann Whitney Test pada program SPSS 23.0. Hasil analisis data menunjukkan nilai sig. (2-tailed)sebesar 0,00 yang berarti nilai sig. (2-tailed) kurang dari 0,05 yang artinya rata-rata posttest kelas kontrol tidak sama dengan rata-rata posttest kelas eksperimen. Sehingga,  diterima atau terdapat perbedaan nilai rata-rata posttest kemampuan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata posttest kemampuan kognitif peserta didik pada kelas kontrol.


Keywords


model Novick, LKPD, kemampuan kognitif, gerak dan gaya

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwol, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andriani, G. A. K., Antari, N. N. M., & Rati, N. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Novick Terhadap Aktivitas Belajar IPA Siswa Kelas V Di Gugus I Kecamatan Buleleng. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11.

Ardiansyah, Ali, M., & Kendek, Y. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre-Solution Posing Terhadap Hasil Belajar Fisika Dan Karakter Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 2(3), 24–27.

Budiningsih, C. A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta.

Buhungo, R. A. (2015). Implementasi Dan Pengembangan Kurikulum 2013 Pada Madrasah Aliyah. TADBIR Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 105–113. Retrieved from http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/tjmpi

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Diani, R. (2016). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantukan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika “Al-Biruni,”5(1), 83–93. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108

Erina, R., & Kuswanto, H. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 202–211.

Hasnawiyah, Wahyono, U., & Darsikin. (2013). Pemahaman Konsep Hubungan antara Arah Gaya , Kecepatan dan Percepatan dalam Satu Dimensi pada Mahasiswa Calon Guru Fisika FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Pendidikan Fisika Tudulako (JFPT), 1(3). https://doi.org/10.22487/j25805924.2013.v1.i3.2537

Ikman, Hasnawati, & Rezky, M. F. (2016). Effect Of Problem Based Learning (PBL) Models Of Criticl Thinking Ability Student On The Early Mathematics Ability. Internasional Journal of Education and Research, 4(7), 361–374. Retrieved from www.ijern.com

Karwono, & Mularsih, H. (2012). Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Mahmud. (2011). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Pustaka Media.

Murti, P. R., Wiyono, E., & Jamaluddin, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas X MIA 7 Di SMA Negeri 1 Karanganyar Pada Materi Pokok Fluida Statis. Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6(1), 97–103.

Mustika, Saptaningrum, E., & Susilawati. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Objek IPA dan Pengamatannya terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VII MTs Negeri 1 Semarang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 63–71. Retrieved from http://e-jurnal.upgrismg.ac.id/index.php/JP2F

Nasir, A., Muhith, A., & Ideputri, M. E. (2011). Buku Ajar: Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Media.

Nasution, S. (2012). Kurikulum dan Pengajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Noviar, D., & Hastuti, D. R. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di SMA N 2 Banguntapan T.A. 2014/2015. Bioedukasi, 8(2), 42–47.

Nussbaum, J., & Novick, S. (1982). Alternative Frameworks, Conceptual Conflict And Accommodation: Toward A Principled Teaching Strategy. Instructional Science, 11, 183–200.

Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorovv-Smirnov, Liliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 3(2), 127–135.

Pujiono, S. (2014). Kesiapan Guru Bahasa Indonesia SMP Dalam Implementasi Kurikulum 2013. LITERA, 13(2), 250–263. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/ltr.v13i2.2579

Rahmawati, Y., Prayitno, B. A., & Indrowati, M. (2013). Studi Komparasi Tingkat Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran Biologi Melalui Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Dan Konstruktivis-Kolaboratif. Prosiding Seminar Biologi, 10(1), 1–7.

Ratnaningdyah, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Novick Dipadukan Dengan Strategi Cooperative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA. JurnalWahana Pendidikan Fisika, 2(2), 63–67.

Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. Jurnal SAP, 1(3), 281–291.

Rohaeti, E., LFX, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia Untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 1–11. Retrieved from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jip/article/view/479

Rosdianto, H. (2017). Pengaruh Model Generative Learning Terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Siswa Pada Materi Hukum Newton. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 3(2), 66–69. https://doi.org/10.25273/jpfk.v3i2.1288

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Saregar, A., Latifah, S., & Sari, M. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran CUPs : Dampak Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik Madrasah Aliyah Mathla’ul Anwar Gisting Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(2), 233–243. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i2.123

Singh, S., & Yaduvanshi, S. (2015). Constructivism in Science Classroom : Why and How. International Journal of Scientific and Research Publications, 5(3), 1–5. Retrieved from www.ijsrp.org

Sugiyono. (2007). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Suryani, I., Mardiati, Y., & Herlanti, Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. EDUSAINS, 8(2), 150–156. https://doi.org/dx.doi.org/10.15408/es.v8i2.1823

U.S., S. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian Konsep Statistika Yang Lebih Komprehensif. Jakarta: PT Prima Ufuk Semesta.

Wardoyo, S. M. (2013). Pembelajaran Konstuktivisme: Teori dan Aplikasi Pembelajaran Dalam Pembenukan Karakter. Bandung: Alfabeta.

Widodo, & Widayanti, L. (2013). Peningkatan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, XVII(49).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4361

Article Metrics

Abstract views : 866 | PDF downloads : 548

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License