Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar

Amaliyah Dwi Cahyaningrum, Yahya AD, Ardian Asyhari

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the effect of quantum teaching learning model type TANDUR on student learning outcomes. The study population were students of class IX SMP Negeri 5 Pringsewu. Sample consisted of one class of experiments (IX-2) and one control class (IX-1). Pretest results were analyzed by the test for normality and homogeneity test. Based on test results obtained normality and homogeneity of all classes of normal distribution and homogeneous. Based on the results of t-test analysis obtained t = 4,678 and ttable = 2,028 so thitung ≥ Ttable. Effect size of 1,16 is obtained into the major categories. This shows that the average results of experimental class learning better than the control class for thitung more than TTable. The results showed that the enforceability of quantum teaching learning model type TANDUR on learning activities affect the results of students of class IX SMP Negeri 5 Pringsewu the academic year 2016/2017.

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR terhadap hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Pringsewu. Sample penelitian terdiri dari satu kelas eksperimen (IX-2) dan satu kelas kontrol (IX-1). Hasil pretest dianalisa dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas didapatkan semua kelas berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan hasil analisis uji-t didapatkan thitung = 4,678 dan ttable= 2,028 sehingga thitung ttable. Effect size yang diperoleh sebesar 1,16 masuk dalam katagori besar. Hal ini menunjukkan bahwa  rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol karena thitunglebih dari ttable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran quantum teaching tipe TANDUR pada kegiatan belajar mengajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 5 Pringsewu tahun ajaran 2016/2017.



Keywords


hasil belajar kognitif, model quantum teaching, pembelajaran tandur

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, A., Saregar, A., & Umam, R. (2018). The effect of feedback as soft scaffolding on ongoing assessment toward the quantum physics concept mastery of the prospective physics teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 34–40. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.7239

Anggraini, A. E., Hamid, A., Yusandika, A. D., & Susilowati, N. E. (2018). Pengaruh Metode Pictorial Riddle Yang Dimodifikasi Dengan Pendekatan Scientific. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(1), 13–19.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

DePorter, Bobbi, dkk. (2010). Quantum Teaching: Memperaktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 01(2), 39–45.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ismayani, A. (2016). Pengaruh Penerapan STEM Project Based Learning Terhadap Kreativitas Matematis Siswa SMK. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 3, 264–272.

Ningrum, A. P., Lesmono, A. D., & Bachtiar, R. W. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berupa Modul Berbasis Quantum Teaching pada Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(4), 315–320.

Nurmalasari, R., Kade, A., & Kamaluddin. (2014). Pengaruh Model Learning Cycle Tipe 7E Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas Vii SMP Negeri 19 Palu. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 1(2), 2–7.

Setyawati, N. W. I., Candiasa, M., & Yudana, I. M. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Kabupaten Bandung. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 4(1), 1–10.

Sugiono. (2012). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhendri, H., & Mardalena, T. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Formatif, 3(2), 105–114.

Triyanto. (2012). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya Dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License