Pengembangan Lampu Sensor Berbasis Arduino Uno Sebagai ALat Peraga Fisika

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4364

Arum Permatasari, Yuberti Yuberti, Welly Anggraini

Abstract


Abstract: Research and development is aimed at developing a sensor lights props, knowing validator response, educators and learners to props light-based sensor arduino uno on energy materials. This study is R and D with ADDIE models which include Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. This research resulted in the product in the form of props light-based sensor arduino uno in energy materials, response results validator terhdap props include: validator religion of 80% with very good criteria, the validator media 81% with very good criteria, validator material 75% by category well. For educators get a positive response at 85%. For learners, among others, the small group trial 81% and 82% field trials. Development props light-based sensor arduino uno on energy materials has been very good and getting a positive response.

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan alat peraga lampu sensor, mengetahui respon validator, pendidik dan peserta didik terhadap alat peraga lampu sensor berbasis arduino uno pada materi energi. Penelitian ini merupakan penelitian R and D dengan model ADDIE yang meliputi Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Penelitian ini menghasilkan produk berupa alat peraga lampu sensor berbasis arduino uno pada materi energi, hasil respon validator terhadap alat peraga tersebut antara lain: validator agama 80% dengan kriteria sangat baik, validator media 81% dengan kriteria sangat baik, validator materi 75% dengan kategori baik. Untuk pendidik  mendapatkan respon positif yaitu 85%. Untuk peserta didik antara lain uji coba kelompok kecil 81% dan uji coba lapangan 82%. Pengembangan alat peraga lampu sensor berbasis arduino uno pada materi energi sudah sangat baik dan mendapatkan respon positif.


Keywords


alat peraga, energi, lampu sensor

Full Text:

PDF

References


Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan. UIN Sunan Kalijaga: SUKA-Press.

Apriliyanti, D. D., Haryani, S., & Widiyatmoko, A. (2015). Pengembangan Alat Peraga IPA Terpadu pada Tema Pemisahan Campuran untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Unnes Science Education Journal, 4(2).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Dewi, I. N. A., & Prabowo. (2014). Pengembangan Alat Peraga Bandul Matematis untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa pada Materi Gerak Harmonik Sederhana di Kelas XI SMAN 3 Tuban. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(2).

Diani, R., & Hartati, N. S. (2018). Flipbook Berbasis Literasi Islam : Pengembangan Media pembelajaran Fisika dengan 3D Pageflip Professional. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 234–244.

Ikhsan, I., & Kurniawan, H. (2015). Implementasi Sistem Kendali Cahaya dan Sirkulasi Udara Ruangan dengan Memanfaatkan PC dan Mikrokontroler ATMEGA8. Jurnal TeknoIf, 3(1).

Irwandani, & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 5(1). https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103

Jiniarti, B. E., Sahidu, H., & Verawati, N. N. S. P. (2019). Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VIII Smpn 22 Mataram. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 3(1). https://doi.org/10.33394/j-ps.v3i1.1075

Manurung, S. A. (2016). Pembelajaran Metematika Berbasis Portofolio Melalui Pendayagunaan Alat Peraga dalam Materi Bangun Ruang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMK N 4 Medan T.P 2015/2016. EduTech, 2(2).

Marpaung, N. (2017). Prototype jemuran pintar merupakan sebuah alat yang dapat berfungsi dengan sendirinya tanpa ada kendali dari manusia atau bekerja aktif pada sebuah ruangan dengan gerakan keluar dan masuk ruangan secara otomatis dimana jemuran ini bekerja dengan cara memb. Riau Journal Of Computer Science, 3(2).

Nugraha, N. (2016). Rancang Bangun Sistem Monitor dan Kendali Ruang Laboratorium Berbasis Arduino Ethernet Shield. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika, 2(1).

Pramesty, R. I., & Prabowo. (2013). Pengembangan Alat Peraga Kit Fluida Statis Sebagai Media Pembelajaran pada Sub Materi Fluida Statis di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojosari. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3).

Pratama, G. P., Yuningtyastuti, Y., & Sukmadi, T. (2014). PERANCANGAN DIMER LAMPU SECARA OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER PADA PENERANGAN DALAM RUANGAN. TRANSMISI, 15(4), 186–190.

Selviani, S., & Anggraini, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Majalah Fisika sebagai Suplemen Pembelajaran Terintegrasi Nilai Keislaman. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(1).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). PENGEMBANGAN BUKU AJAR MODEL PENELITIAN Analyze Implement Evaluate Design Develop. Seminar Nasional Riset Inovatif, 3.

Yuberti. (2015). Peran Teknologi Pendidikan Islam pada Era Global. AKADEMIKA, 20(1).




DOI: https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4364

Article Metrics

Abstract views : 855 | PDF downloads : 630

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License