Pengembangan Modul Bilingual Bergambar dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada Materi Himpunan

Aida Nurfithriyya, Guntur Cahaya Kesuma, Rosida Rakhmawati M

Abstract


Abstract: The purpose of this reaserch is to develop teaching materials consisting of pictorial bilingual modules using Realistic Mathematics Education (RME) on set material and to research the effectiveness of the product being developed. The research used in this research is Research and Development using ADDIE models consisting of motion sickness Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. This study was declared valid and feasible to be used as teaching material for mathematics learning by 3 material experts who obtained an average score of 3,72 in the "valid" category and 3 media experts with an average score of 3,71 in the "valid" category and 3 language experts with an average score of 3,65 with the category of "Valid" with each maximum score of validity is 4. With the test of attractiveness of teaching materials determined "Very Attractive" by a small group test of 9 students by agreeing to the average score average of 3,65 and a large group test of 29 students with approval of an average value of 3,68. The results of the assessment using testing the effect size with an approval score of 0,50 with the category "Effective Enough". So it can be concluded that the development of teaching materials produced is declared feasible and effective enough and can be used as teaching materials in learning mathematics.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar berupa modul bilingual bergambar dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) pada materi himpunan serta mengetahui keefektifitasanproduk yang dikembangkan. Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahResearch and Development menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahap Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Penelitian ini dinyatakan valid dan layak digunakan secara keseluruhan sebagai bahan ajar pembelajaran matematika oleh 3 ahli materi yang memperoleh skor rata-rata sebesar 3,72 dengan kategori “valid” dan 3 ahli media dengan skor rata-rata sebesar 3,71 dengan kategori “valid” serta 3 ahli bahasa dengan skor rata-rata sebesar 3,65 dengan kategori “Valid” dengan masing-masing skor maksimal kevalidan adalah 4. Sedangkan uji kemenarikan bahan ajar dinyatakan “Sangat Menarik” oleh uji kelompok kecil terhadap 9 orang peserta didikdengan perolehan skor rata-rata sebesar 3,65 dan uji kelompok besar terhadap 29 orang peserta didik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 3,68. Hasil penilaian uji efektivitas dengan menggunakan rumus effect sizedengan perolehan skor sebesar 0,50 dengan kategori “Cukup Efektif”. Sehingga dapat disimpulkan pengembangan bahan ajar yang dihasilkan dinyatakan layak dan cukup efektif serta dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika.


Keywords


ADDIE, Bilingual Bergambar, Himpunan, Realistic Mathematics Education.

Full Text:

PDF

References


A. Juano and P. Pardjono, “Pengaruh Pembelajaran Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas V SD,” J. Prima Edukasia, 2016.

E. S. Purnami, S. Khanafiyah, and Khumaedi, “Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Dengan Teknik Probing Prompting untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi,” Unnes Phys. Educ. J., vol. 7, no. 1, pp. 50–56, 2018.

K. Fisika, D. Kelas, X. I. Sman, and L. Alung, “Kontribusi Lembar Kerja Peserta Didik Berbantukan Model Scaffolding Problem Solving Pada Materi Teori Kinetik Gas dan Pemanasan Global Terhadap Keywords : Scaffolding Problem Solving , worksheets learners , competence,” vol. 8, pp. 81–88, 2016.

A. Asyhari and H. Silvia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, p. 1, 2016.

A. Sholahuddin, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self efficacy siswa menggunakan Model Creatuve Problem Solving Pada Materi Sistem Koloid,” no. 2013, 2015.

S. Soedjatmiko, “Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Pendidikan Jasmani Dan Olahraga,” J. Phys. Educ. Heal. Sport, vol. 2, no. 2, pp. 57–64, 2015.

A. Khoiri and S. Haryanto, “the 21St Century Science Skills Profile Based Local Wisdom Education (Tourist Attractions and Typical Foods in Regency of Wonosobo),” J. Penelit. dan Pengabdi. Kpd. Masy. UNSIQ, vol. 5, no. 3, pp. 361–371, 2018.

A. D. Paramita, A. Rusilowati, and U. N. Semarang, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Sains Materi Suhu dan Kalor,” Phenom. J. Pendidik. MIPA, 2016.

Matsun, D. Ramadhani, and I. Lestari, “Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android di Program Studi Pendidikan Fisika IKIP PGRI Pontianak,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 9, no. 1, pp. 99–107, 2018.

N. N. Akmalia, H. Pujiastuti, and Y. Setiani, “Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning Dengan Tugas Pengajuan Masalah,” J. Penelit. pembelajaran Mat., vol. 9, no. 2, 2016.

S. Widodo and Kartikasari, “Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (Cps),” Prisma, vol. 57, no. 1, 2017.

Y. Anwar, N. Y. Rustaman, A. Widodo, and S. Redjeki, “Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Guru Biologi Yang Berpengalaman Dan Yang Belum Berpengalaman,” J. Pengajaran Mat. dan Ilmu Pengetah. Alam, vol. 19, no. 1, p. 69, 2014.

A. Saregar, “Pembelajaran Pengantar Fisika Kuantum dengan Memanfaatkan Media Phet Simulation dan LKM Melalui Pendekatan Saintifik: Dampak pada Minat dan Penguasaan Konsep Mahasiswa,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, p. 53, 2016.

S. P. Ningrat and M. Sumantri, “Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd,” J. Educ. Technol., vol. 2, no. 4, p. 145, 2019.

Fayakun, M and P. Joko, “Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Kontekstual (CTL) dengan Metode Predict, Observe, Explain terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 11, no. 1, 2015.

M. . Nur and A. Madkur, “Teachers’ Voices on the 2013 Curriculum for English Instructional Activities,” Int. J. English Educ., vol. 1, no. 2, pp. 119–134, 2014.

I. S. Wekke and M. A. Lubis, “A Multicultural Approach in Arabic Language Teaching: Creating Equality at Indonesian Pesantren Classroom Life,” Sosiohumanika, vol. 1, no. 2, pp. 295–310, 2016.

D. S. Kamilah and I. P. Suwarna, “Pengembangan Three-Tier Test Digital untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi pada Konsep Fluida Statis,” EDUSAINS, vol. 8, no. 2, pp. 212–220, 2016.

J. Jufrida, F. R. Basuki, A. Xena, and P. Pasminingsih, “Pengembangan Buku IPA Berbasis Kearifal Lokal Jambi pada Materi Tekanan serta Getaran dan Gelombang,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 2, no. 3, pp. 287–297, 2019.

N. Lizelwati and A. N. Chandra, “Developing Instructional Devices of General Physics Practicum Integrated with Al-Quran for Department of Physics Education IAIN Batusangkar,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1185, no. 1, 2019.

P. Dwi Aristya Putra, “Real Life Video Evaluation Dengan Sistem E- Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Krits Mahasiswa Fisika,” in Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF) Ke-6, 2015, vol. 6, no. 1, pp. 69–77.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.4804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Aida Nurfithriyya, Guntur Cahaya Kesuma, Rosida Rakhmawati M

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License