Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora Inspire

Fitri Rizki, Indra Gunawan, Amirudin Amirudin

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire berbasis metode problem solving pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII,  mengetahui kelayakan serta respon dari pendidik dan peserta didik. Metode Penelitian ini R and D yang mengadopsi pengembangan dari Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan di tiga sekolah yaitu  SMP Islam El-Syihab, SMP Tirtayasa, dan MTS Darul Huda di Bandar Lampung. Sehingga didapatkan hasil  media pembelajaran interaktif menggunakan lectora inspire berbasis metode problem solving pada materi usaha dan pesawat sederhana kelas VIII dengan kelayakan media sangat layak dengan persentase 81% berdasarkan penilaian ahli materi, dan ahli media 95% dengan kriteria sangat layak dhingga tahap akhir setelah perbaikan dan memanarikan  dengan persentase 97%  dan respon siswa 88,28% dengan kriteria sangat layak

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Solving Menggunakan Lectora Inspire 

Keywords


media pembelajaran interaktif, lectora inspire, problem solving

Full Text:

PDF

References


S. Rezeki and I. Ishafit, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum,” J. Penelit. Pengemb. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, p. 29, 2017.

İ. ÇELİK, M. T. HEBEBCİ, and İ. ŞAHİN, “Role of Use of Online Case Study Library in Technology Integration: A Study based on TPACK,” Gaziantep Univ. J. Soc. Sci., vol. 15, no. 24216, pp. 739–754, 2016.

C. Anwar, A. Saregar, U. Hasanah, and W. Widayanti, “The Effectiveness of Islamic Religious Education in the Universities: The Effects on the Students’ Characters in the Era of Industry 4.0,” Tadris J. Kegur. dan Ilmu Tarb., vol. 3, no. 1, p. 77, 2018.

I. Irwandani and S. Juariyah, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, p. 33, 2017.

Yuberti, “PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN ISLAM,” AKADEMIKA, vol. 20, no. 01, pp. 137–147, 2015.

W. Widayanti and Y. Yuberti, “Pengembangan Alat Praktikum Sederhana Sebagai Media Praktikum Mahasiswa,” JIPFRI (Jurnal Inov. Pendidik. Fis. dan Ris. Ilmiah), vol. 2, no. 1, pp. 21–27, 2018.

M. Mustari and Y. Sari, “Pengembangan Media Gambar Berupa Buku Saku Fisika SMP Pokok Bahasan Suhu dan Kalor,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, p. 113, 2017.

S. D. Putri, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Keterampilan Berpikir Kritis dalam Problem-Based Learning,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 6, no. 1, p. 125, 2017.

M. Supartini, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di SDN Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo,” J. Penelit. dan Pendidik. IPS, vol. 10, no. 2, pp. 277–293, 2016.

K. Muslihah, Y. Yuberti, and Y. Yetri, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multi Representasi Bermuatan Sains Keislaman Dengan Output Instagram Pada Materi Hukum Newton,” Indones. J. Sci. Math. Educ., vol. 01, no. November, pp. 207–215, 2018.

A. Asyhari and H. Silvia, “Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin dalam Bentuk Buku Saku untuk Pembelajran IPA Terpadu,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 5, no. 1, p. 1, 2016.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana, 2010.

W. Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5059

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License