Electronic Module Development on Algebra Structure Courses

Olympia Agustina, Farida Farida, Fredi Ganda Putra

Abstract


This study aims to describe the process of developing an electronic module in the algebraic structure course, and knowing the effectiveness of the electronic module after being tested on mathematics education students. This research was conducted in class C, 5th semester, majoring in mathematics education at UIN Raden Intan Lampung. The development model used in this research is the Borg and Gall development model. The development of the electronic module was carried out based on the Articulate Studio'13 application. The types of data taken in this study were qualitative data and quantitative data. From the results of due diligence from experts and student responses, the results of the development of an electronic module are very feasible and very interesting. Then, based on the results of the final assessment of student’s effectiveness of the product showed a presentation of more than 75%. Based on the research results, it can be concluded that the electronic module in the algebraic structure course is effectively used by mathematics education students.


Keywords


development, electronic module, algebra structure courses

Full Text:

PDF

References


F. E. E. Kusuma, M. B. Setyawan, Dan I. A. Zulkarnain, “Penerapan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Aksara Jawa Di Sdn 1 Sidorejo Ponorogo,” Komputek, Vol. 3, No. 1, 2019.

S. Priatmoko, “Memperkuat Eksistensi Pendidikan Islam Di Era 4.0,” Talim J. Studi Pendidik. Islam, Vol. 1, No. 2, Hlm. 221–239, 2018.

A. Asrin Dan H. A. H. Anwar, “Perubahan Pola Pendidikan Anak Usia Sd Pada Keluarga Nelayan Di Desa Bakealu Kecamatan Wakorumba Selatan Kabupaten Muna (1998-2016),” J. Penelit. Pendidik. Sej. Uho, Vol. 2, No. 3, 2019.

O. Kurniaman Dan E. Noviana, “Penerapan Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Keterampilan, Sikap, Dan Pengetahuan,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Vol. 6, No. 2, Hlm. 389–396, 2017.

N. Baeti, “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Di Smp.”

S. A. Prawiro Dan A. H. Irawan, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas 4 Sd Dengan Metode Learning The Actual Object,” J. Sains Dan Seni Its, Vol. 1, No. 1, Hlm. F28–F33, 2012.

M. D. Siagian, “Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika,” Mes J. Math. Educ. Sci., Vol. 2, No. 1, 2016.

A. Adnan, D. Komarudin, Dan A. Upe, Pengaruh Perkembangan Teknologi Smartphone Terhadap Moralitas Mahasiswa. Lp2m Uin Bandung, 2017.

A. H. Subarjo, “Pemanfaatan Internet Dalam Mata Kuliah Kewarganegaraan,” Retii, 2016.

I. K. Sudarsana, “Peningkatan Mutu Pendidikan Luar Sekolah Dalam Upayapembangunan Sumber Daya Manusia,” J. Penjaminan Mutu, Vol. 1, No. 1, Hlm. 1–14, 2016.

T. Tafonao, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa,” J. Komun. Pendidik., Vol. 2, No. 2, Hlm. 103–114, 2018.

R. Firdaos, “Orientasi Pedagogik Dan Perubahan Sosial Budaya Terhadap Kemajuan Ilmu Pendidikan Dan Teknologi,” Al-Tadzkiyyah J. Pendidik. Islam, Vol. 6, No. 1, Hlm. 106–117, 2015.

Z. Mustakim, “Pendidikan Islam, Globalisasi Teknologi Informasi, Dan Moralitas Bangsa (Eksistensi Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Teknologi Informasi),” Edukasia Islam., Vol. 11, No. 1, Hlm. 89690, 2013.

E. Syahmaidi, “Pengembangan Media E-Learning Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Kelas Xi Sma,” J. Ipteks Terap., Vol. 9, No. 1, 2017.

M. Yazdi, “E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktifberbasis Teknologi Informasi,” Dalam Foristek: Forum Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 2012, Vol. 2, No. 1

A. A. Azis, “Pengembangan Media E-Learning Berbasis Lms Moodle Pada Matakuliah Anatomi Fisiologi Manusia,” J. Pendidik. Biol., Vol. 7, No. 1, Hlm. 1–8, 2017.

A. Handayanto, R. Rasiman, S. Supandi, Dan L. Ariyanto, “Pembelajaran E-Learning Menggunakan Moodle Pada Matakuliah Metode Numerik,” J. Inform. Upgris, Vol. 1, No. 1 Juni, 2015.

S. Rizal Dan B. Walidain, “Pembuatan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Matakuliah Pengantar Aplikasi Komputer Universitas Serambi Mekkah,” J. Ilm. Didakt. Media Ilm. Pendidik. Dan Pengajaran, Vol. 19, No. 2, 2019.

S. Fatmawati, “Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar,” Refleksi Edukatika J. Ilm. Kependidikan, Vol. 9, No. 2, 2019.

M. Fausih, “Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan ‘Instalasi Jaringan Lan (Local Area Network)’ Untuk Siswa Kelas Xi Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di Smk Nengeri 1 Labang Bangkalan Madura,” J. Mhs. Teknol. Pendidik., Vol. 5, No. 3, 2015.

E. A. Simarmata, G. S. Santyadiputra, M. C. St, Dan D. G. H. Divayana, “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Pemrograman Desktop Kelas Xi Rekayasa Perangkat Lunak Di Smk Negeri 2 Tabanan,” Karmapati Kumpul. Artik. Mhs. Pendidik. Tek. Inform., Vol. 6, No. 2017.

S. Sunismi Dan A. H. Fathani, “Pengembangan E-Module Kalkulus I Sebagai Panduan Mahasiswa Untuk Mengoptimalkan Individual Learning,” J. Pendidik. Mat. Jpm, Vol. 1, No. 2, 2018.

S. Donny Setiawan, “Plagiasi Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio‟ 13 Mata Kuliah Perkembangan Motorik,” Bravo‟ J., Vol. 6, No. 4, 2019.

F. A. Ghozali Dan P. W. Rusimamto, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Articulate Studio’13 Kompetensi Dasar Arsitektur Dan Prinsip Kerja Fungsi Setiap Blok Plc Di Smk Negeri 1 Sampang,” J. Pendidik. Tek. Elektro, Vol. 5, No. 1, 2016.

D. Setiawan, “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbasis Articulate Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa,” Dalam The 4th Iceta International Conference On Education.

N. A. Lestari, “Implementasi Pembelajaran Matematika Model Pace Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Abstrak Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika Fkip Universitas Bengkulu,” J. Equ. Teori Dan Penelit. Pendidik. Mat., Vol. 1, No. 1, Hlm. 81–94, 2018.

R. Y. Gazali, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Ts-Ts Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar,” Math Didact. J. Pendidik. Mat., Vol. 3, No. 1, Hlm. 43–54, 2017.

E. Herlina, “Meningkatkan Advanced Mathematical Thinking Mahasiswa,” Infin. J., Vol. 4, No. 1, 2015.

A. S. Pramasdyahsari Dan M. R. Rubowo, “Pemahaman Konsep Grup Mahasiswa Calon Guru Matematika Dengan Kemampuan Matematika Tinggi,” Prism. J. Pendidik. Dan Ris. Mat., Vol. 2, No. 2, Hlm. 71–84, 2020.

I. M. Arnawa, “Mengembangkan Kemampuan Mahasiswa Dalam Memvalidasi Bukti Pada Aljabar Abstrak Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori Apos,” J. Mat. Dan Sains, Vol. 14, No. 2, 2010.

J. Jamilah Dan S. Fadillah, “Penggunaan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Pada Mahasiswa Ikip Pgri Pontianak,” J. Pendidik. Mat. Dan Ipa, Vol. 8, No. 2, 2017.

B. S. Anggoro, “Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solvin Guntuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., Vol. 6, No. 2, 2015.

N. Kholisiyah Dan D. I. Yuanita, “Implementasi Pembelajaran Kontekstual Dengan Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring),” J. Intelekt. J. Pendidik. Dan Studi Keislam., Vol. 8, No. 2, Hlm. 195–204, 2018.

T. P. Pratiwi, “Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Melalui Mice (Meeting, Incentive, Convention Dan Exhibition),” Econ. Dev. Anal. J., Vol. 3, No. 1, 2014.

W. Wiliawanto, M. Bernard, P. Akbar, Dan A. I. Sugandi, “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Student Have Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smk,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., Vol. 3, No. 1, 2019.

M. Muzannur, “Pengembangan Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13 Pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Gerak Melingkar,” Uin Raden Intan Lampung, 2017.

F. Farida, S. Suherman, Dan S. Zulfikar, “Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Himpunan Melalui Pembelajaran Matematika Dengan Media Articulate Studio’13,” Jshp J. Sos. Hum. Dan Pendidik., Vol. 3, No, 2019.

C. Utama Dan A. Mashfufah, “Implementasi Media Pembelajaran Articulate Studio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Pena Sains, Vol. 3, No. 1, , 2016.

R. Maskur, N. Nofrizal, Dan M. Syazali, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Dengan Macromedia Flash,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., Vol. 8, No. 2, 2017.

I. Irwandani, S. Latifah, A. Asyhari, M. Muzannur, Dan W. Widayanti, “Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan Pada Materi Gerak Melingkar Kelas X,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, Vol. 6, No. 2, 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v3i3.7268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2020 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License