How to Improve Students’ Cognitive Ability?: The Influence of Two Stay Two Stray Type Cooperative Model Assisted by Innovative Module

Farralia Ramadhani, Yetri Yetri, Irwandani Irwandani

Abstract


This study aims to see the effect of using the two stay two stray learning model assisted by an innovative module on the cognitive learning outcomes of students on the topic of simple machines. This quantitative study used a quasi-experimental design with a pretest-posttest control group design. This study consisted of 2 classes, class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. The results showed that the average of the cognitive test of the experimental class was 80.00 and the control class was 72.67. The results of data processing using the Mann Whitney test with a sig level of 0.05 revealed that the results of sig.2 tailed were 0.000, less than 0.05, which means that there is a difference in the posttest average value of students’ cognitive learning outcomes in the control and experimental classes.

Keywords


cognitive ability, module, two-stay-two-stray model

Full Text:

PDF

References


S. Latifah, “Pengembangan Modul IPA Terpadu Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Pada Materi Air Sebagai Sumber Kehidupan,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 4, no. 2, p. 155, 2015.

Y. Aditia, R. Herdhiana, and B. A. Sritumini, “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Memahami Konsep Dasar Ilmu Ekonomi,” JP2EA J. Pendidik. dan Pembelajaran Ekon. Akunt., vol. 3, no. 2, 2017.

L. A. Sholehah, “Perbedaan Kemampuan Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kancing Gemerincing Dan Jigsaw Pada Pembelajaran Tematik Tema 9 Kelas V Sd,” J. Pemikir. dan Pengemb. SD, vol. 5, no. 2, 2017.

A. Widi and E. Sulistyowati, Metodologi Pembelajaran IPA. jakarta: Bumi Aksara, 2014.

G. Hamdu and L. Agustina, “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar,” J. Penelit. Pendidik., vol. 12, no. 1, 2011.

Rini, I. M. Tangkas, and I. Said, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN Inpres Tunggaling,” J. Kreat. Tadulako Online, vol. 2, no. 1, 2007.

R. Diani, “Pengaruh Pendekatan Saintifik Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung,” J. Ilm. Pendidik. Fis. Al-Biruni, vol. 05, pp. 83–93, 2016.

Nurfaidah, Suprapta, and M. S. L, “Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Student Team Learning Modification,” J. Pendidik. Fis., vol. 6, no. 1, 2018.

F. E. Wulandari, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Mahasiswa,” J. Pedagog., vol. 5, no. 2, pp. 247–254, 2016.

M. I. Supiandi and H. Julung, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Biologi SMA,” J. Pendidik. Sains, vol. 4, no. 2, 2016.

Z. Oktafiani, “Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Kognitif dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wedung Tahun Pelajaran 2016/2017,” JP3 (Jurnal Pendidik. dan Profesi Pendidik), vol. 3, 2017.

A. Suprijono, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.

A. Sari and M. P. Azmi, “Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray ( Tsts ) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, 2018.

S. Syamsiah and G. Gunansyah, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv A Sdn Simomulyo 8 Surabaya,” JPGSD, vol. 2, no. 1, 2014.

R. Astarina, Suharto, and A. I. Kristiana, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (Tsts) Berbantuan Cd Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Tabung Dan Kerucut Siswa Kelas Ix D Smp Negeri 6 Situbondo Tahun Ajaran 2013/2014,” Kadikma, vol. 6, no. 1, 2015.

I. Permatasari, Suparmi, and S. Widha, “Pengembangan Modul Fisika Sma / Ma Berbasis Siklus Belajar 7e ( Learning Cycle 7e ) Berbantuan Video Pada Materi Fluida Dinamis Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI,” J. Inkuiri, vol. 5, no. 2, 2016.

D. Purnomo, I. Meti, and K. Puguh, “Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran Di Sungai Pepe Surakarta Sebagai Sumber Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Biol., vol. 5, no. 1, 2013.

Selvianti, M. S. Ali, and Helmi, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XII A SMAN1 Lilirilau 1,” J. SAINS DAN Pendidik. Fis., vol. 11, no. 1, 2015.

N. Ismawati and N. Hindarto, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA,” J. pendidkan Fis. Indones., vol. 7, 2011.

A. Z. Lapohea, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Logika Matematika,” J. Elektron. Pendidik. Mat. Tadulako, vol. 1, no. 2, 2014.

Sugiyono, Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta, 2015.

Yuberti and A. Saregar, Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains. 2017.

M. Rukaesih A. and C. Ucu, Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers, 2015.

F. . Wibowo and A. Suhandi, “Penerapan Model Science Creative Learning (SCL) Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif,” J. Pendidik. IPA Indones., vol. 2, no. 1, 2013.

R. Erina and H. Kuswanto, “Pengaruh Model Pembelajaran Instad Terhadap Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Kognitif Fisika Di SMA,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 1, no. 2, p. 2478, 2015.

I. Gunawan, Pengantar Statiska Inferensial. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016.

Rojihah, L. A. Akhrani, and N. Hasanah, “Perbedaan Political Awareness Dilihat Dari Peran Gender Pemilih Pemula,” J. MEDIAPSI, vol. 1, no. 1, 2015.

P. Suparmo, Metode Penelitian Pendidikan Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma, 2010.

Sugiyono, Statiska untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2007.

R. Rusdiana, “Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Strayn (TS-TS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017,” J. Pendidik. dan Ekon., vol. 6, no. 3, 2017.

L. S. Asna, Sugiharto, and E. Susanti, “Efektivitas Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Menggunakan Media LKS Dilengkapi Molymod Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Ikatan Kimia Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Mojolaban Tahun Ajaran 2013/2014,” J. Pendidik. Kim., vol. 3, no. 1, 2014.

E. Purwaningsih, E. Ariyati, and R. G. P. Panjaitan, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati di Kelas X MAN 1 Pontianak,” J. Pendidik. Mat. dan IPA, vol. 5, no. 2, 2014.

D. Insyasiska, S. Zubaidah, and H. Susilo, “Pengaruh project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Kreativitas Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Pembelajaran Biologi,” J. Pendidik. Biol., vol. 7, no. 1, 2015.

Q. A. Rohmana, N. Widodo, and L. Kapti, “Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Dipadu Picture & Picture untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Jaringan Hewan Pada Siswa Kelas XI SMA,” J. Pendidik., vol. 1, no. 10, pp. 2071–2075, 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/ijsme.v4i2.8661

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2021 Unit Riset dan Publikasi Ilmiah FTK UIN Raden Intan Lampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Indonesian Journal of Science and Mathematics Education is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License