KONSEP ‘IRFAN DALAM SAJAK-SAJAK IMAM KHOMEINI

Andi Eka Putra

Abstract


Imam Khomeini (1902 M—1989 M) adalah sosok sufi yang produktif yang banyak menulis buku-buku bertema ‘irfan. Ia menggunakan istilah ‘irfan, bukan tasawuf, karena dalam mazhab Syi’ah istilah ‘irfan lebih populer ketimbang tasawuf. Sejak usia muda Imam Khomeini sudah menulis dan mengamalkan ajaran sufi. Pemikirannya tentang ‘irfan banyak dituangkan dalam bentuk sajak sufistik. Sajak merupakan media bagi Imam Khomeini untuk menyampaikan kerinduannya kepada Allah. Jenis ‘irfan dalam pandangan Imam Khomeini cenderung simbolik dan menggunakan ungkapan-ungkapan filosofis. ‘Irfan dan filsafat dalam pandangan Imam Khomeini tidak terpisah. Bahkan jika dikelompokkan, maka model ‘irfan Imam Khomeini adalah ‘irfan atau tasawuf falsafi.


Full Text:

PDF

References


Algar, Hamid, dan Carles Robin W., (Ed), dalam Imam Khomeini, Mata Air Kecemerlangan, terejemahan Zainal Abidin, Bandung: Mizan, 1991.

Bagir, Haidar, “Imajinasi, Sastra, dan Spiritualitas Islam”, dalam rubrik “Bentara” harian Kompas, Rabu, 3 Desember 2003.

Kalam: Jurnal Studi Agama dan Pemikiran Islam

Fakhry, Madjid, Sejarah Filsafat Islam: Sebuah Peta Kronologis, terj. Zainul Am, Mizan, Bandung, 2001.

Khomeini, Imam, Mata Air Sumber Kecemerlangan, terj. Zainal Abidin, Bandung: Mizan, 1991.

_______, 40 Hadis Mistik Imam Khomeini, Buku ke-1-3, Mizan, Bandung, 1994.

_______, Adab al-Shalah, Teheran: Muasasah Tandzim wana syara tsurats al-Imam al-Khumaini al-Syu’unul Dauliyah, 1999, cet. Ke-2.

_______, Wasiat Sufi Yang Tidak Banyak Diketahui, terj., Yamani, Mizan, Bandung, 2001.

Muthahhari, Murthada, Manazil dan Maqamat dalam Irfan, diterjemahkan dan dimuat dalam salah satu edisi Al-Hikmah, Bandung, 1996.

W.M, Abdul Hadi, Anggur Keterjagaan Ayatullah Khomeini, Ulumul Qur’an, Edisi 4 tahun 1992.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v9i1.327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.