Islam, Tradisi Lokal, dan Konservasi Alam: Studi Kasus di Kampung Dukuh Kabupaten Garut

Abdul Syukur, Husnul Qodim

Abstract


Kampung Dukuh di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut merupakan salah satu kampung adat yang ada di Jawa Barat. Selain tradisi warisan Islam yang masih kuat, masyarakat Kampung ini mempunyai tradisi tersendiri seperti kepercayaan terhadap mitos-mitos leluhur, sanksi gaib, dan ritual-ritual tertentu terkait kepercayaan tersebut. Masyarakat Kampung Dukuh juga memiliki kearifan lokal yang berkaitan dengan pelestarian lingkungan dan sumber daya alam lewat mana mereka turut serta dalam menghadapi isu-isu pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change). Keberhasilan warga Kampung Dukuh dalam melestarikan alam bukan karena pengaruh doktrin Islam tetapi lebih disebabkan oleh tradisi dan kearifan lokal warisan nenek moyang. Hal ini dikarenakan masyarakat Kampung Dukuh cenderung memahami Islam sebagai seperangkat aturan/hukum berkaitan dengan sistem peribadatan (fiqih ibadah), tidak sampai menyentuh aspek-aspek lain di luar sistem itu.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Irwan, Konstruksi dan Reproduksi Kebudayaan, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2006.

_____________, dkk (ed.), Agama dan Kearifan Lokal dalam Tantangan Global, Yogyakarta, Sekolah Pascasarjana UGM bekerja sama dengan Pustaka Pelajar, cet. 1, 2008.

Cunningham, A.B., Applied Ethnobotany: People, Wild Plant Use and Conservation.WWF, UNESCO, Kiew Royal Botanic Garden, Earthscan Publication, 2001.

Dove, M,R., Indigenous People and Environmental Politics, Annual Review of Anthropology, 2006.

Ekadjati, Edi S., Kebudayaan Sunda Suatu Pendekatan Sejarah, Bandung: Pustaka Jaya, 1995.

Iskandar, Johan, Manusia Budaya dan Lingkungan: Ekologi Manusia, Bandung, Humaniora Utama Press, 2001.

Makmur, Ade (ed.), Buku Kearifan Lokal di tengah Modernisasi, Jakarta: Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata RI, 2011,

Mufid, Sofyan Anwar, Islam danEkologiManusia, Bandung: Nuansa, cet. 1, 2010.

Muhtadi, Asep S. danAgus Ahmad Safei (ed.), Al-Qur’an Kitab Ramah Lingkungan, Bandung: LPTQ ProvinsiJawa Barat, cet. pertama, 2012.

___________, Al-Qur’an KitabKehidupan, Bandung, LPTQ ProvinsiJawa Barat, cet. pertama, 2004.

Mulder, Niels, Kebatinan dan Hidup Sehari-hari Orang Jawa (Kelangsungan dan Perubahan Kulturil), terj. Alois A. Nugroho, Jakarta, Gramedia, 1983.

Soedjito, H. Dan Endang sukara, ”Mengilmiahkan Pengetahuan Tradisional: Sumber Ilmu Masa Depan Indonesia” dalam Kearifan Tradisional dan Cagar Biosfer di Indonesia, Jakarta: LIPI dan Komite Nasional Man and The Biosphere Indonesia, 2006.

Syukur, Abdul, ‘Islam, Etnisitas dan Politik Identitas: Kasus Sunda’, dalam Miqot (Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman), vol. XXXV No 2 Juli-Desember 2011.

____________, ‘Kampung Kuta: Sebuah Dunia Tanpa Perniagaan’ dalam Zerorisk, vol. 07, September-Oktober 2013.

Tanjov, Yulia Estmirar, dkk., KampungDukuhdanAdat-Istiadatnya sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Kabupaten Garut, Bandung, Laporan Perjalanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Parimanta, Universitas Padjadjaran, 2011.

http://www.docdatabase.net/more-etnobotani-tumbuhan-obat-oleh-masyarakat-adat-kampung--986731.html

http://curiousyuwie.blogspot.com/2012/12/yulutrip.blogspot.com.html

http://limbangangarut.com/article/39453/agama-islam-dalam-perkem bangan-budaya-sunda-oleh-prof-dr-h-dadang-kahmad-msi.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v10i1.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.