Makna Simbolik Topeng Sakura Pada Masyarakat Adat Lampung

Fauzan Fauzan

Abstract


Sakura merupakan tradisi yang dikembangkan oleh masyarakat adat Lampung di wilayah Lampung Barat. Dalam pelaksanaannya, sakura dilakukan dengan kegiatan pawai tari-tarian dengan mengenakan topeng. Sakura mengandung makna simbolik dan melambangkan bermacam-macam karakter yang bisa dimainkan oleh manusia. Setiap orang bebas menentukan karakter dan peran yang akan dimainkannya dalam kehidupan. Jenis sakura helau dan sakura kamak mengandung makna ajakan pada kelompok masyarakat yang kaya dan kelompok miskin untuk menghilangkan perbedaan status sosial serta bersatu padu dalam memajukan daerahnya.


Full Text:

PDF

References


Achmadi, Asmoro, Filsafat dan Kebudayaan Jawa: Upaya Membangun Keselarasan Islam dan Budaya Jawa, Surajarta: CV. Cendrawasih, 2004.

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Agama, Wisata Pemikiran dan Kepercayaan Manusia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Bandem, I Made dan Rembang, I Nyoman, Perkembangan Topeng Bali Sebagai Seni Pertunjukan, Bali: Proyek Penggalian Pembinaan Pengembangan Seni Klasik/Tradisional dan Kesenian Baru Pemerintah Daerah Tingkat I Bali, 1976.

Brandon, R., Jejak-Jejak Seni Pertunjukan di Asia Tenggara, Terj. RM. Soedarsono, Bandung: P4ST UPI, 2003.

Canggu, Endang Guntoro, Tradisi dan Masa Depan Kekuatan Sebuah Kebudayaan: Memaknai Pesta Budaya Sekura Cakak Buah di Lampung Barat, dalam http//www.endangguntoro canggu.blogspot.com/2009/02/tadisi-dan-masa-depan-kekuatan-sebuah.html.

Daeng, Hans J., Manusia, Kebudayaan dan Lingkungan, Tinjauan Antropologis, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2000.

Derajat, Endjat Djaenu, dkk, “Topeng Lampung: Tinjauan Awal Drama Tari Tupping dan Pesta Sakura”, Bandar Lampung : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Lampung, 1993.

Dillinstone, F.W., Daya Kekuatan Simbol: The Powers of Symbol, terj. Widyamartaya, Yogyakarta: Kanisius, 2002.

Fachrudin, dalam http://fachruddin54.blogspot.com/2009/09/hitam-putih-makna-topeng-sakura.html,

Geertz, Clifford, Tafsir Kebudayaan, Yogyakarta: Kanisius, 1992.

Herusatoto, Budiono, Simbolisme Dalam Budaya Jawa, Yogyakarta: Hanindita Graha Widia, 2000.

Hot, Claire, Melacak Jejak Perkembangan Seni di Indonesia, terj. RM. Soedarsono, Bandung: Masyarakat Seni Pertunjukan Indonesia, 2000.

http://blog.ugm.ac.id/2010/10/30/pesta-rakyat-topeng-sekura-di-desa-pangkul/.

Jandra, Mifedwil, dkk., Perangkat/Alat-alat dan Pakaian Serta Makna Simbolis Upacara Keagamaan di Lingkungan Keraton Yogyakarta, Yogyakarta, Proyek Inventarisasi dan Pembinaan Nilai-nilai Budaya DIY, 1989-1990.

Kawindrosusanto, Kuswadji dan Rachmadi Ps, Topeng-topeng Klasik Indonesia, Yogyakarta: Panitia Pameran Topeng Klasik Indonesia Yogyakarta, 1970.

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Aksara Baru, 1980.

Koentjaraningrat, Sejarah Teori Antropologi II, Jakarta: UII, 1990.

Mustika, I Wayan, Perkembangan Bentuk Pertunjkan Sakura Dala Konteks Kehidupan Masyarakat Lampung Barat Tahun 1986-2009, Ringkasan Disertasi dalam Rangka Ujian Terbuka, UGM Tahn 2011.

Peursen, C.A. Van, Strategi Kebudayaan, terj. Dick Hartono, Yogyakarta: Kanisius, 1976.

Sachari, Agus, Estetika: Makna, Simbol dan Daya, Bandung, ITB, 2002.

Samovar, Larry A., dkk, Komunikasi Lintas Budaya, Jakarta: Salemba, 2010.

Sobur, Alex, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2003.

Spradley, James P., Metode Etnografi, Yogyakarta: Tiara Wacana, 1997.

Subagya, Rahmat, Agama Asli Indonesia, Jakarta: Sinar Harapan, 1981.

Supadmi, Murtiadji, R. Sri dan Suwardanidjaya, R., Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v10i1.342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2016 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.