PEMIKIRAN GOLDZIHER DAN AZAMI TENTANG PENULISAN HADIS

Ahmad Isnaeni

Abstract


Tulisan ini mendiskusikan pemikiran Ignaz Goldziher disandingkan dengan pemikiran Mustafa Azami, yang akrab dengan studi hadis di Barat. Alasan memilih sosok Goldziher, sebab pemikiran Goldziher dianggap sebagai pioner studi hadis di Barat. Pemikiran hadis Goldziher turut memberi warna secara turun temurun dalam tradisi kajian hadis di kalangan orientalis. Secara umum, sikap para orientalis dalam studi hadis (eksistensi hadis) terbagi dalam tiga kelompok besar, yaitu skeptis, sanguine (non-skeptis), dan middle ground. Dari bahasan ini akan terlihat bagaimana minat yang besar dalam diri Goldziher dan beberapa sarjana Barat lain atas kajian sunnah Nabi saw. Pada sisi lain, Azami turut meramaikan perbincangan tentang hadis dan sunnah Nabi saw. Pemikiran utama Azami adalah untuk menyingkap kelemahan dan kekeliruan sorotan Barat terhadap sunnah Nabi saw. Irama perdebatan yang diikuti oleh Azami dalam arus pemikiran Barat cukup memberi warna, meskipun dari beberapa kalangan Barat, hasil kajian Azami dinilai kurang obyektif dan bersifat apologis.

Full Text:

PDF

References


Akaha, Abduh Zulkidar, Al-Qur’an dan Qira’at, Jakarta: Pustaka al-Kautsar, 1996.

Amin, Kamaruddin, Menguji Kembali Keakuratan Metode Kritik Hadis, Jakarta: Hikmah, 2009, cet. Ke-1.

Azami, M.M., 65 Sekretaris Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, terj. Mahfuzh Hidayat Lukman, cet. ke-1, Jakarta: Gema Insani Press, 2008.

______, Dirasah fi al-H}adīs an-Nabawi wa Tarikh Tadwīnih, Beirut: al-Maktab al-Islami, 1985.

______, Studies In Early Hadith Literature With A Critical Edition of Some Early Tekts, Beirut: Al-Maktab al-Islami, 1968.

______, Studies in Hadith Methodology and Literature, Indianapolis: American Trust Publications, 1977.

al-Asqala>ni, Syihab ad-Dîn Abi al-Fadl bin Hajar (773-852 H), Fath al-Bāri bi Syarh al-Bukhāri, jld. I, Kairo: Maktabah Mustafa al-Ba>bi al-Halabi, 1951 M/1378 H.

al-Baghdadi, Taqyīd al-Ilmi, ditahqiq oleh Yusuf al-’Isy, Damaskus: t.tp., 1949.

al-Da>rimi, Abu Muhammad Abdullah bin Bahram, Sunan al-Dārimi, jld. I, (Beirut: Da>r al-Fikr, 2005.

Gibb, H.A.R & Kramers, J.H., Shorter Encyclopaedia of Islam, London: Luzac & Co, and Leiden: E.J. Brill, 1961.

Goldziher, Ignaz, Introduction to Islamic Theology dan Law, terj. Andras dan Ruth Hamori, Princeton: Princeton University Press, 1981.

______, Muslim Studies, terj. S.M. Stern & C.R. Barber, London: George Allen & Unwin, 1971.

al-Hanafi, Muhammad Murtaḍa al-Husaini al-Wasit}i, Syarh} al-Musammā Tāj al-’Arūs min Jawāhir al-Qāmūs, Beirut: Da>r al-Fikr, tt., juz ke-9.

Hasan, Ahmed, The Early Development of Islamic Jurisprudence, edisi ke-1, Delhi, India: Adam Publishers & Distributors, 1994.

Hasyim, Ahmad Umar, as-Sunnah an-Nabawiyah wa ‘Ulūmuha, Fajalah: Maktabah Gharib, t.t.

Khatib, Muhammad Ajjaj, Us}ūl al-Hadis| ‘Ulūmuhu wa Must}alahuh, cet. ke-3, Beirut: Da>r al-Fikr, 1975.

Al-Katta>ni, Muhammad bin Ja’far, al-Risālah al-Mustat}rafah, cet. Ke-2, Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1400 H.

Manz|ur, Muhammad bin Mukarram bin, Lisān al-‘Arab, jld. Ke-1, Beirut: Da>r al-Fikr, tt..

Motzki, Harald, (ed.) ‘Introduction Hadith: Origins and Developments” dalam The Formation of The Classical Islamic World, Vol. 28, USA: The Cromwel Press, 2004.

al-Qaṭṭan, Manna’, Mabāhis ‘Ulūm al-Hadīs, Kairo: Maktabah Wahbah, 1992.

ar-Razi, Ahmad, Husain bin Faris bin Zakaria bin Habib, Maqayis al-Lughah, jilid ke-5, al-Maktabah asy-Syamilah, Edisi ke-2.

Schoeler, Gregor, The Oral and The Written in Early Islam, Trans. Uwe Vagepohl, diedit oleh James E. Montgomery, cet. Ke-1, (London and New York: Routledge Taylor and Franch Group.

as-Sakhawi, Muhammad bin Abdur Rahman, Fath al-Mughīts bi Syarh Alfiyah al-Hadīs lil Iraqi, juz ke-3, al-Qahirah: Maktabah as-Sunnah, tt.

az-Zahrani, Muhammad bin Maṭar, Tadwīn as-Sunnah an-Nabawiyyah, Nasy’atuh wa Tat}awaruh min al-Qarni al-Awwal ilā Nihāyah al-Qarni at-Tasi’ al-Hijri, Thaif: Maktabah al-S}adiq, 1412H.

az-Z}ahabi, Syams al-Di>n Muhammad bin Ahmad, Tażkirah al-Huffādz, jilid ke-1 , Beirut: Da>r al-Kutub al-Ilmiyyah, 1963

az-Zarqa>ni, Muhammad Abdul Az|i>m, Manāhil al-Irfān fi> ‘Ulūm al-Qur’ān, juz ke-1, Mesir: Maktabah Isa Al-Ba>bi al Halabi, tt..




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/klm.v6i2.411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2017 KALAM

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

KALAM [ISSN: 0853-9510, e-ISSN: 2540-7759] published by Faculty of Ushuluddin and Religious Study Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia in collaboration with Asosiasi Aqidah dan Filsafat Islam (Islamic Theology and Philosophy Association).

Office: Faculty of Ushuluddin and Religious Study, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. Letkol H. Endro Suratmin Street, Sukarame, Bandar Lampung, Lampung, Indonesia, Postal code 34513. Website: http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/kalam, Email: kalam@radenintan.ac.id.

Creative Commons License This journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.