PENGARUH SALES PROMOTION DAN STORE ATMOSPHERE TERHADAP IMPULSE BUYING (Studi pada Konsumen Chandra Super Store di Bandar Lampung)

Anita Tri Lestari, Doroty Rouly Haratua Pandjaitan

Abstract


Perilaku belanja penduduk Indonesia saat ini mulai beralih dari pasar tradisional ke pasar modern. Perpindahan ini juga disebabkan oleh kenaikan perekonomian indonesia dan meningkatnya pendapatan masyarakat. Salah satu prilaku konsumen di indonesia yaitu Impulse buying. Beberapa faktor yang menyebabkan impulse buying adalah sales promotion dan store atmosphere. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sales promotion dan store atmosphere terhadap impulse buying. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Chandra Super Store di kota Bandar Lampung. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sales promotion dan store atmosphere berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying


Keywords


sales promotion, store atmosphere dan impulse buying.

Full Text:

PDF

References


A.K, Pathmini,Weerathunga M.G.S.2015. Impact Of Sales Promotion On Consumer’s Impulse Buying Behaviour (IBB) : Study In Supermarkets In Anuradhapura City.international Research.

Asri Raning Ratih,Putu and Gede Bayu Rahanatha.2020. The Role Of Lifestyle in Moderating The Influence Of Sales Promotion And Store Atmosphere On Impulse Buying At Starbucks.American Journal Of Humanities And Sosial Sciences Research. Volume 4 issue 2-pp-19-26

Armstrong, Kotler.2015, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition,England : Pearson Education, Inc.

C. Nagadeepa, J. Tamil Selvi2, Pushpa A.2015. Impact of Sales Promotıon Technıques on Consumers’ Impulse Buyıng Behavıour towards Apparels at Bangalore. Asian Journal of Management Sciences & Education Vol. 4(1) January 2015 ISSN: 2186-845X ISSN: 2186-8441

Fauzi, yulianna.2017.Kuartal I 2017,Penjualan Industri Ritel Melorot 20% di CNN Indonesia. Diakses pada 3 januari 2019

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20170404181823-92-204942/kuartal-i-2017penjualan-industri-ritel-melorot-20-persen.diakses pada 3 januari 2019

G. Muruganantham & Bhakat, Ravi Shankar. “Review of Impuls Buying”,International Journal of Marketing Studies; Vol. 5, No. 3; 2013

Ghozali, Imam. 2006. “Analisis Multivariate SPSS”. Semarang. Badan Penerbit Universitas Dipenogoro

Gunawan Kwan,Oki.2016.Pengaruh Sales Promotion dan Store Atmosphere terhadap impulse buying dengan positif emotion sebagai variabel intervening pada planet Sports Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran; Vol. 10, No. 1. ISSN 1907-235X

Kchaou, Abir Sahraoui & Amara,Rim Ben. 2014.“The Role of Sales Promotion in inducing Impulse Purchases”. International Journalof Management Excellence, Vol.3,No.1.p.2292-1648

Kottler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Edisi ke Sebelas. Jilid 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Indexs.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing.Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. 2012. Manajemen Pemasaran : Analisis, perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat : Jakarta

Kurniawan,Denny dan Yohanes Sondang Kunto.2013.pengaruh Promosi dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying dengan Shoping Emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari Departement Store cabang Supermall Surabaya.Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 1,No. 2,1-8 1

May,Ellen.2021. Keren! Pertumbuhan Retail Sales April 2021 Tertinggi sejak 2016.diakses 28 oktober 2021 https://id.investing.com/analysis/keren-pertumbuhan-retail-sales-april-2021-tertinggi-sejak 2016200230521?cfchljschltk=uIUHlMdLexd565BLr5zMDRMrhZjtL9hGtod8X2B7E8-1637669999-0-gaNycGzNCSU

Pablo,samuel.2018.Pengusaha: Industri Ritel Semester I-2018 Tumbuh 7-7,5%.Diakses11agustus2018.https://www.cnbcindonesia.com/news/20180622163406-4-20125/pengusaha-industri ritel semester-i-2018-tumbuh-7-75.

Primadhyta, Safyra.2015.Generasi Milenial RI Paing Impulsif Belanja Barang Mewah. di https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20151102182452- 92-88999/generasi-millenial-ri-paling-impulsif-belanja-barang-mewah

Priti Salvi.2015.Effectiveness Of Sales Promotional Tools: A Study On Discount, Price Off And Buy One Get One Free Offers In Branded Apparel Retail Industry In Gujarat. Elk Asia Pacific Journal Of Marketing And Retail Management. ISSN 2349-2317. Vol.4

Richmeyer.2017.9 out of 10 shoppers make impulse purchase.diakses 13 november 2021. https://www.newmediaandmarketing.com/9-out-of-10-shoppers-make-impulse-purchases/

Rosyida, S., dan Anjarwati, A. L. 2016. Pengaruh Store Atmosphere dan Promosi Penjualan Terhadap Pembelian Impulsif dengan Emosi Positif sebagai Intervening. Journal of Research in Economic and Management,16(1),35-47

Roy,Aparajita.2018. The Influence of Store Atmosphere on Consumer’s Impulse Buying : A studi on Organized Retail Stores in Kolkata. IMS Management Journal; Vol. 10, Isu 1.ISSN No.0975-0800

Sanusi. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat

Sekaran, Uma. 2011. “Metodologi Penelitian untuk Bisnis”. Edisi 4, Buku 1, Jakarta: Salemba Empat

Shi, Y. Z., Cheung, K., & Prendergast, G. 2005. The effectiveness of sales promotion tools: A Hong-Kong Study. International Journal of Advertising, 24(4), 467–486.

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D”. Bandung:Alfabeta.

Utami, C.W.2010. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. In Jakarta: Salemba Empat. Salemba Empat

Umair Akram, Peng Hui, Muhammad Khalem Kan, Yasin Tanveer, Khalid Mehmood,Wasim Ahmad.2017. How Website Quality Affects Online Impulse Buying: Moderating Effects Of Sales Promotion and Credit Card Use. Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics

Whidya Utami,christina.2017.manajemen ritel : Strategi dan Implementasi Oprasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia.Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v3i2.13609

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung