ANALISIS KINERJA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN ISLAMICITY INDECES

Okta Supriyaningsih

Abstract


Perkembangan perbankan syariah di Indonesia tengah mengalami pertumbuhan yang  pesat. Islamicity performance index merupakan sebuah  pendekatan yang dapat digunakan untuk mengevaluasi kinerja keuangan   bank  syariah   yang   tidak   hanya  dari segi  kemampuannya   dalam menghasilkan  laba atau   financial  performance, akan tetapi juga    mampu mengevaluasi kinerja bank syariah yang berkaitan dengan social  performance serta kehalalan pendapatan dan investasi dari bank syariah itu sendiri. Rumusan penelitian ini adalah: Bagaimana kinerja Bank Umum Syariah Periode 2014-2017 dengan menggunakan pendekatan Islamicity Performance index? dan Bagaimana dampak kinerja Bank Umum Syariah periode 2014-2017 dengan menggunakan Pendekatan Islamicity Performance index. Penelitian in menggunakan metode penelitian  kuantitatif  jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan data sekunder  berupa laporan keuangan BUS periode 2014-2017. Populasi yang digunakan yaitu seluruh Bank Umum Syariah pada periode 2014-2017. Tenik penelitian ini menggunakan metode kuantitatif non statistik dan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara memberikan penjelasan dengan kata-kata atau kalimat untuk menerangkan data kuantitatif yang telah diperoleh guna menghasilkan suatu kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa  financial  performance BUS dalam rasio akad  berbasis  bagi hasil bank syariah mendapatkan predikat “Kurang Baik”. Bank umum syariah juga  telah menginvestasikan dananya pada investasi  yang  halal  secara  keseluruhan  sehingga mendapatkan  predikat  “Sangat Baik”, dan telah menerima pendapatan halal sebesar 99% dan mendapatkan predikat “sangat Baik”. Sementara  untuk   kinerja  sosial,   dalam  hal  penyaluran  zakat  bank  umum syariah   mendapatkan    predikat   “Tidak Baik”,   sedangkan    dalam   hal pendistribusian  pendapatan bagi para stakeholder, Bank Umum Syariah mendapatkan  predikat  “Cukup Baik”.


Keywords


Kinerja; Bank Syariah; Islamicity Indeces

Full Text:

PDF

References


Anita Nur Khasanah, “Pengaruh Intelektual Capital Dan Islamicity Performance Index Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia”. (Jurnal Nominal). Vol.5, No.1, Yogyakarta, 2016.

Aisjah, Siti dan Agustian Eko Hadianto. 2013. Performance Based Islamic Performance Index (Study on the Bank Muamalat Indonesia and Bank Syariah Mandiri). Asia-Pacific Management and Business Application. University of Brawijaya Malang, Indonesia. http://apmba.ub.ac.id

Darsono, dkk, Perbankan Syariah di Indonesia, Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2017, h 8.

Eguene F. Brigham Dan Joel F Houston, Theori Signaling, 2009. H.444

Euis Amalia, (2009), Keadilan Distributif Dalam Ekonomi Islam : Penguatan Peran LKM dan UKM di Indonesia, Jakarta : Raja Grafindo, h. 119

Falikhatun. 2012. Bank Syariah Di Indonesia: Ketaatan Pada Prinsip Syariah dan Kesehatan Finansial, volume 1 Nomor 1 Desember.

Ihyaul Ulum. (2009). Intellectual Capital: Konsep dan Kajian Empiris. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Karim Adiwarman, 2015. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi V, Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Meilani, Sayekti Endah Retno. 2015. Hubungan Penerapan Good Governance Business Syariah Terhadap Islamicity Financial Performance Index Bank Syariah Di Indonesia. Seminar Nasional dan The 2nd Call for Syariah Paper FEB UMS.

M. Iqbal hasan, Pokok-Pokok Materi Statistik (Statistik Inferensif), Jakarta: Bumi Aksara, 2012. h.84.

Mursyidi, (2006), Akuntansi Zakat Kontemporer, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, h. 75

On-line,www.ojk.id

Prasetyo Adi Sulistyo, Et Al, ”Pengukuran Kesehatan Bank Syariah Berdasarkan Islamicity Performance Index, Studi Pada BSM Dan BMI”. Forum Riset Keuangan Syariah 1, 2002, H.3

Rahmadi Usman, Aspek Hukum Perbankan Syariah Di Indonesia, (Jakarta: Sinar Grafika, 2012), h. 34.

Raja Ria Yusnita, ”Analisis Kinerja Bank Umum Syariah Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index Periode 2012-2016”. Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance. Vol.2. No.1, Mei, 2019.

Rifqi Muhammad, Akuntansi keuangan Syariah, Yogyakarta: P3EI Press, 2008, h.13

Sayakti Indah Retno, ”Analisis kinerja Perbankan di Indonesia dengan menggunakan pendekatan Islamicity Indices” (jurnal perbankan syariah)”. Surakarta 2018.

Sebtianita, Evi dan Khasanah, Umrotul. 2015. Analisis Kinerja Bank Umum Syariah Dengan Menggunakan Pendekatan Islamicity Performance Index (Studi pada Bank Umum Syariah Periode Tahun 2009- 2019, Jurnal Tabarru’ : Islamic Banking and Finance 2 (1) : 12 – 25.

Shahul Hameed dkk., Alternative Disclosure & Performance Measure For Islamic Banks, (Malaysia : Department of Accounting Internantional Islamic University Malaysia, 2004) h. 19

Siti Maisaroh. (2015), “Analisis Pengaruh Intellectual Capital dan Islamicity Performance Index terhadap Profitability Perbankan Syariah Indonesia”, Skripsi. Fakultas Ekonomi, UIN Maliki Malang.

Soemitra, Andri. 2009. Bank Dan Lembaga Keuangan Syariah. Edisi 1, Cet. 2. Kencana. Jakarta.

Statistik Perbankan Syariah (2016), “Statistik Perbankan Syariah 2014, 2015 dan 2016”, Online. Diunggah tanggal 20 Februari 2016 pada website http://www.ojk.go.id/.

Sudiyatno, Bambang. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Bank (Studi Empiris Pada Industri Perbankan Di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), Vol. 20, No. 1, Maret, 2013, pp. 25-39.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2012, h,13.

Suyanto, M. 2006. Pengaruh Pelaksanaan Prinsip Syariah terhadap Kinerja dan Kesejahteraan Masyarakat dalam Lingkungan Kegiatan Bank Syariah di Indonesia. OPTIMAL, Vol. 4, No. 1.

Yunanto Adi Kusumo, “Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Mandiri Periode 2002–2007 (dengan Pendekatan PBI No. 9/1/PBI/2007)”, Jurnal Ekonomi Islam La Riba, Vol. II, No. 1, (Juli 2008).




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v1i01.5714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung