ANALISIS PROGRAM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) GUNA MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Diah Mukminatul Hasimi

Abstract


Untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bangsa dan negara perlu adanya program yang berkelanjutan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mengingat bahwa kemiskinan di Indonesia masih cukup tinggi. Salah satu program penanggulangan kemiskinan adalah Program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), salah satu tujuannya adalah untuk mengurangi beban pengeluaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan merupakan salah Desa yang menerima bantuan tersebut sejak tahun 2002. Dan sudah berkali-kali melakukan perubahan yaitu yang pertama raskin lalu diperbarui menjadi rastra dan yang terakhir atau saat ini yaitu BPNT. Pada melakukan prasurvey terdapat beberapa masalah yaitu di kualitas berasnya yang kurang baik, penyalurannya yang tidak tepat yaitu tidak sebulan sekali dan tidak tepat sasaran karena masih ditemukan masyarakat yang komplen tentang hal itu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan pengaruhnya terhadap kesejahteraan masyarakat di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dan Bagaimana implementasi program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dalam perspektof Ekonomi Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dimana peneliti turun langsung kelapangan, data primer diperoleh dari hasil wawancara dan kuesioner (Angket) dan data sekunder diperoleh dari data dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Merak Batin Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan dengan total penerima 864.


Keywords


BPNT; Kesejahteraan; Ekonomi Islam

Full Text:

PDF

References


Amin Suma Muhammad, Zakat, Infak, dan Sedekah: Modal dan Model Ideal Pembangunan Ekonomi dan keuangan Modern, Jurnal Al-Iqtishad, Vol.V No.2, Juli 2013.

Bejo, Wawancara dengan Penulis, Desa Merak Batin, Natar, 9 April 2019.

Budi Arsanti, Pengelolaan Zakat Pada Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqah (LAZIS), Skripsi Program Sarjana Sosial Islam Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta, 2007.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Tajwid dan Terjemah, Bandung: CV Penerbit Diponegoro, 2010.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Terbaru, Gitamedia Pres.

Dewan Pengurus Nasional FORDEBI&ADESY, Ekonomi dan Bisnis Islam Seri Konsep dan Aplikasi Ekonomi dan Bisnis Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2016.

Evriliany Akmel Jheniar, Analisis Efektivitas Program Beras Miskin (RASKIN) Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung), Skripsi Program Sarjana Ekonomi Islam Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung, 2018.

Fahrudin Adi, Pengantar Kesejahteraan Sosial, Bandung: PT Refika Aditama, 2012https://pengertianahli.id/2019/01/pengertian-kemiskinan-penyebab-dandampaknya-bagi-masyarakat.html https://www.qureta.com/post/mengatasi-kemiskinan-di-indonesia Internet

Ismail Munawar, Budi Santosa Dwi, Erani Yustika Ahmad, Sistem Ekonomi Indonesia Tasrifan Pancasila & UUD 1945, Jakarta: Erlangga.

Jurnal Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat Republik Indonesia, Pedoman Umum Raskin beras bersubsidi untuk rumah tangga miskin, Jakarta, 2011.

M. Anwas Oos, Pemberdayaan Masyarakat Di Era Global, Bandung: ALFABETA.

Mardi, Wawancara dengan Penulis, Kantor Desa Merak Batin, Natar, 24 April 2019.

Noor Ruslan Abdul Ghofur, Konsep Distribusi dalam Ekonomi Islam dan Format Keadilan Ekonomi di Indonesia, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013. Ahmadi Abu, Ilmu Sosial Dasar, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) Universitas Islam Indonesia Yogyakarta atas kerja sama dengan Bank Indonesia, Ekonomi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Rachman Benny, Agustian Adang, Wahyudi, Efektivitas Dan Perspektif Pelaksanaan Program Beras Sejahtera (Rastra) Dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Jurnal Analisis Kebijakan Pertanian, Vol.16 No.1, Juni 2016.

Rachmat Hidayat Yusup, Distribusi Beras Bulog Pasca Bansos Rastra dan Bantuan Pangan Non Tunai, Jurnal Logistik Indonesia, Vol. 2 No.2, Oktober 2018.

Risal Bungkaes Heri, Posumah J.H, Kiyai Burhanuddin, Hubungan Efektivitas Pengelolaan Program Raskin Dengan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Mamahan Kecamatan Gemeh Kabupaten Kepulauan Talaud, Jurnal ACTA DIURNA, Vol. 1 No. 1, April 2013.

Saiful, wawancara dengan penulis, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, 4 Februari 2019.

Sanusi Ahmad, Agama Ditengah Kemiskinan, Ciputat: PT Logos Wacana Ilmu, 1999.

Sanusi Anwar, Metode Penelitian Bisnis, Jakarta: Salemba Empat, 2011. Saptuah, Wawancara dengan Penulis, Kantor Desa Merak Batin, Natar, 24 April 2019.

Skripsi Sodiq Amirus, Konsep Kesejahteraan Dalam Islam, Jurnal EQUILIBRIUM, Vol. 3 No. 2, Desember 2015.

Soelaeman M. Munandar, Ilmu Sosial Dasar, Bandung: PT. Refika Aditama, 2006.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi, Bandung: ALFABETA, 2017. Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif DAN R&D, Bandung: ALFABETA, 2015.

Susanto Andi, Wawancara dengan Penulis, Kantor Desa Merak Batin, Natar, 24 April 2019.

Tim Pengendalian PelaksanaanPenyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai, Pedoman Umum Bantuan Pangan Non Tunai, Jakarta Pusat: UndangUndang, 2017.

Udang-undang RI Nomor 23 Tahun 2013, Pasal 1 Angka 4.

Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1974 tentang Kesejahteraan Sosial, Pasal 2 ayat (1).

Undang-undang RI Nomor 23 Tahun 2013, Pasal 1 Angka 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v1i01.5762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung