PENGARUH BUZZ MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE DIMASA PANDEMI COVID 19PENGARUH BUZZ MARKETING TERHADAP BRAND IMAGE DIMASA PANDEMI COVID-19 (STUDI PENGGUNA SHOPEE)

Laila Ifti Faiyah, Ahmad Naufal

Abstract


Dimasa pandemi covid-19 daya beli masyarakat menurun namun disisi lain penjualan online mengalami peningkatan. Buzz marketing merupakan salah satu teknik pemasaran dengan cara memviralkan produk atau jasa agar lebih dikenal banyak orang dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih besar dari hasil penjualan yang meningkat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara buzz marketing dengan citra merek. Dengan metode penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data crossectional. Teknik pengumpulan data melalui formulir-formulir yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan secara online, dengan jumlah data responden sebanyak 35 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan bantuan alat Statistic Structuran Equation Modeling (SEM) berbasis Partian Least Square versi 3. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa buzz marketing berdampak positif signifikan terhadap brand image.


Keywords


Buzz Marketing; Brand Image; Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Anjorin, A. A. (2020). The coronavirus disease 2019 (COVID-19) pandemic: A review and an update on cases in Africa. In Asian Pacific Journal of Tropical Medicine. https://doi.org/10.4103/1995-7645.281612

Azamfirei, R. (2020). The 2019 Novel Coronavirus: A Crown Jewel of Pandemics? The Journal of Critical Care Medicine. https://doi.org/10.2478/jccm-2020-0013

Bernadi, J. (2013). Aplikasi Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Toko Velg YQ. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. https://doi.org/10.21512/comtech.v4i2.2504

Buzz, P., Terhadap, M., Citra, M., Shopee, M., Malang, D. I. K., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Ibrahim, M. (2020). Pengaruh buzz marketing terhadap meningkatnya citra merek shopee di kota malang.

Ekananda, M. P., Rahayu, W., & ... (2020). Perancangan Sistem Aplikasi Pengadaan Obat Di Klinik Budhi Pratama Jakarta. … Seminar Nasional Riset ….

Ferraro, A. (1998). Electronic commerce: The issues and challenges to creating trust and a positive image in consumer sales on the world wide web. First Monday. https://doi.org/10.5210/fm.v3i6.601

Geisler, B., Zahabi, L., Lang, A., Eastwood, N., Tennant, E., Lukic, L., Sharon, E., Chuang, H.-H., Kang, C.-B., Clayton-Johnson, K., Aljaberi, A., Yu, H., Bui, C., Le Mau, T., Li, W.-C., Teodorescu, D., Hinske, L. C., Sun, D., Manian, F., & Dunn, A. (2020). Repurposing Existing Medications for Coronavirus Disease 2019: Protocol for a Rapid and Living Systematic Review. MedRxiv : The Preprint Server for Health Sciences. https://doi.org/10.1101/2020.05.21.20109074

Hadiwardoyo, W. (2020). Kerugian Ekonomi Nasional Akibat Pandemi Covid-19. Baskara Journal of Business and Enterpreneurship.

Handayanto, R. T., & Herlawati, H. (2020). Efektifitas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bekasi Dalam Mengatasi COVID-19 dengan Model Susceptible-Infected-Recovered (SIR). Jurnal Kajian Ilmiah. https://doi.org/10.31599/jki.v20i2.119

ILO. (2020). ILO Monitor 2nd edition: COVID-19 and the world of work Updated estimates and analysis. International Labour Organization.

Javalgi, R., & Ramsey, R. (2001). Strategic issues of e-commerce as an alternative global distribution system. In International Marketing Review. https://doi.org/10.1108/02651330110398387

Jokhu, J. R. (2020). ADAPTASI NEW ENTRANTS MENGGUNAKAN STRATEGI MARKETING DENGAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis. https://doi.org/10.24912/jmieb.v4i1.7568

Karmawan, I. G. M. (2014). Dampak Peningkatan Kepuasan Pelanggan dalam Proses Bisnis E-Commerce pada Perusahaan Amazon.Com. ComTech: Computer, Mathematics and Engineering Applications. https://doi.org/10.21512/comtech.v5i2.2237

Kirigia, J. M., & Muthuri, R. N. D. K. (2020). The fiscal value of human lives lost from coronavirus disease (COVID-19) in China. BMC Research Notes. https://doi.org/10.1186/s13104-020-05044-y

Kotler dan Keller. (2007). Manajemen Pemasaran. Indeks, Jakarta.

Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1, PT.Indeks,. Jakarta. In e – Jurnal Riset Manajemen.

Kotler, P. (2012). Marketing management/Philip Kotler, Kevin Lane Keller. Pearson Education International.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. In Jakarta.

Lupiyoadi 2013. (2013). Manajemen Pemasaran jasa, Jakarta: Salemba Empat. Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta: Salemba Empat.

Mohr, I. (2007). Buzz marketing for movies. Business Horizons. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2007.04.001

Mowen dan Minor (2002:182). (2002). PENGARUH WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BERKUNJUNG SERTA DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN BERKUNJUNG (Survei pada Pengunjung Tempat Wisata âJawa Timur Park 2â Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis.

Oosterwijk, Leon & Loeffen, Anneke. 2005. How to use buzz marketing effectively: A new marketing Phenomenon explained and made practical. Malardalens International Master Academy. Swedia.

Philip Kotler, & keller. (2009). Pengukuran citra merek. In Ekuitas Merek… Jurnal EMBA.

Pradana, M. F., Dimyati, M., & Subagyo, A. (2019). Analisis Pengaruh Word of mouth dan Brand image Terhadap Keputusan Pembelian pada Waroeng Spesial Sambal “SS” Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi Dan Manajemen. https://doi.org/10.19184/jeam.v18i1.10265

Robustin, T. P., & Fauziah, A. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Dan Word of mouth Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Masyarakat Di Kota Jember. Seminar Nasional Manajemen Dan Bisnis Ke-3.

Rosdiana, A. I., Raharjo, B. B., & Indarjo, S. (2017). Implementasi Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis). Higeia Journal of Public Health Research and Development.

Rosen, E. (2001). The anatomy of buzz: how to create word-of-mouth marketing. The Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly. https://doi.org/10.1016/s0010-8804(01)81017-x

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2011). Comportamiento del Consumidor - DÉCIMA EDICIÓN. In Pearson Educación.

Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). Dilemma of Prioritising Health and the Economy During COVID-19 Pandemic in Indonesia. Acta Medica Indonesiana.

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). In International Journal of Surgery. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Sun, K., Chen, J., & Viboud, C. (2020). Early epidemiological analysis of the coronavirus disease 2019 outbreak based on crowdsourced data: a population-level observational study. The Lancet Digital Health. https://doi.org/10.1016/S2589-7500(20)30026-1

Sun, P., Lu, X., Xu, C., Sun, W., & Pan, B. (2020). Understanding of COVID-19 based on current evidence. In Journal of Medical Virology. https://doi.org/10.1002/jmv.25722

Tjiptono. (2008). Stratergi Pemasaran. In Edisi Kedua, Penerbit Andi,Yogyakarta.

Tjiptono, & Fandy. (2015). Strategi Pemasaran. In Yogyakarta: Andi.

WHO. (2020). WHO Coronavirus disease (COVID-19) outbreak situation. Coronavirus Disease (COVID-19) Outbreak Situation.

Yuliana. (2020). Corona Virus Deases (Covid-19), sebuah tinjauan literatur. Wellness and Healthy Magazine.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(3). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15083

Zhou F, Yu T, Du R, et al. (2020). Clinical course and risk factors for mortality of adult inpatients with COVID-19 in Wuhan, China: a retrospective cohort study (The Lancet, (S0140673620305663), (101016/S0140-6736(20)30566-3)). Lancet.

CNN Indonesia. 2020. “Putaran Bisnis Startup Lokal Saat Pandemi Virus Corona” (https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200402154151-185-489661/putaran-bisnis-startup-lokal-saat-pandemi-virus-corona, diakses pada 20 september 2020)

CNN Indonesia. 2020. “Transaksi e-Commerce Naik Nyaris Dua Kali Lipat saat Pandemi ” https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20201021193353-92-561232/transaksi-e-commerce-naik-nyaris-dua-kali-lipat-saat-pandemi , diakses pada 13 desember 2020).

Kementrian komunikasi dan informatika republik Indonesia. 2020. “Penggunaan Internet Naik 40% Saat Bekerja dan Belajar dari Rumah” . (https://kominfo.go.id/content/detail/25881/penggunaan-internet-naik-40-saat-bekerja-dan-belajar-dari-rumah/0/berita_satker, diakses 6 september 2020).

kompasiana . 2019. “Berapa Jam Orang Indonesia Online Setiap Hari?” (https://www.kompasiana.com/idmetafora/5c947dae0b531c137d48ba94/berapa-jam-orang-indonesia-online-setiap-hari , diakses pada 9 september 2020)




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung