Pengaruh Penggunaan iklan dan citra merek terhadap minat beli konsumen pada produk kecantikan halal Safi dalam perspektif ekonomi Islam (studi pada toko TopShop kota Bandar Lampung)

Supita Amala, Budimansyah Budimansyah

Abstract


Keberhasilan suatu merek untuk laku dipasaran atau mampu menarik minat beli calon konsumen biasanya ditentukan Oleh faktor promosi yang dilakukan oleh perusahaan.Promosi yang dilakukan oleh perusahaan bertujuan untuk memperkenalkan suatu produk kepada konsumen atau kepada calon konsumen agar tertarik untuk melakukan pembelian produk sehingga tujuan dari perusahaan dapat tercapai, Promosi yang tepat salah satunya adalah dengan adanya iklan dan citra merek. Jarangnya peneliti yang meneliti iklan dan citra merek pada produk kacantikan sedangkan saat ini persaingan skincare diindonesia sangat pesat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh iklan dan citra merek terhadap minat beli kosumen produk Safi.Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang menggunakan skala likert. Teknik sampling yang digunakan yaitu Accidental sampling terhadap 100 responden yang didapatkan melalui rumus slovin.Uji analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis, uji R2 dan uji t. Dari hasil penelitian terdapat Pengaruh yang positif dan signifikan antara iklan dan minat beli konsumen produk Safi, dimana thitung (6.422)  > ttabel (1.96). Kedua, terdapat Pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dan minat beli konsumen produk Safi, dimana thitung (6.603) > ttabel (1.96).

Keywords


Iklan, citra merek, minat beli konsumen

Full Text:

PDF

References


Akil Rahman,Muh dan Samsul.2018.Iklan, Brand Trust dan Brand Image sebagai determinan dalam memilih kampus UIN ALAUDDIN Makasar.Vol.8.No.02.

Al-Quran Indonesia http://quran.id.com (diakses pada tanggal 28 Januari 2021 pukul 05:15).

Ali Nisar, Qasim and Abbass, Ali.2017.Impact of Brand Image, Brand Trust and Advertisement on consumer loyalty & consumer buying Behavior.European Academic Research.Vol.IV.

Amalia, Suri. Asmara, M. Oloan.2017.Pengaruh Cira Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa.Jurnal Manajemen dan Keuangan.Vol.6.No.1.

Amstrong, Gery. T.Kotler, Philip.Marketing: An Introduction8th Edition.New Jersey:Pearson Prentice Hall.

Ardianto,Elvinaro.2016.Metodologi Penelitian untuk Public Relations.Bandung:Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto,Suharsini.2010.Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (edisi Revisi).Jakarta: PT. Rineka Cipta.Cet ke-14

Ayuniah,Putri.2017.Analisis pengaruh citra merek, kualitas produk, iklan, dan harga terhadap keputusan pembelian produk kosmetik wardah.Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.22 No.23.

Budiharja, Riyono Gigih Erlik.2016.Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua di Kota Pati.Jurnal STIE Semarang.

Billiclinton, Kalele. G. Oroh, Sem. Sumaraw, Jacky.2015.Pengaruh Word Of Mouth, Daya Tarik Iklan, Persepsi Harga dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Motor Suzuki Satria FU Pada PT. Sinar Galesong Mandiri Jurnal EMBA, 3(3).

Cristanti, Prisca Ayu.2018.Analisis Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Labe Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Outlet Gardena Yogyakarta.Skripsi Thesis.

Desiarista,E dan Triastuti,Sri Rahayu.2011.Analisis Pengaruh Iklan, Kpecercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen.Jurnal Aset.Vol.13.No.1.

Departemen Agama RI Al-Quran dan Terjemahannya.PT.Toha Putra Semarang.

Donald R, Cooper. Pamela S, Schindler.Bussines Research Methods.NewYork: McGraw-Hill Education.2014.

Edbert, Steven. Tumbel, Tumbel. Alfa Tumbuan, Willem.2014.Pengaruh Image, Harga, Iklan, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pasta Gigi Pepsodent.Jurnal EMBA.Vol.2.No.3.

Fahrian, Ferdy dkk.2013.Pengaruh Citra merek, Lokasi, Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Membeli BBM di SPBU Gasindo Mekar Putra Semarang.Semarang.

Faradiba dan Sri Rahayu Tri Astuti.2013.Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen.Diponorogo Journal Of Management Vol.2 No.3.Hal.2

Fauziah,Ninda.Mubarok,Dadan Abdul Azis.2019.Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli:Studi Pada Produk Kecantikan.Jurnal Image.Vol.8.No.1

Fauzia,Ika Yunia dan Riyadi,Abdul Kadir.2014.Prinsip Dasar Ekonomi Islam Perspektif Maqashid al-Syariah.Jakarta:Prenamedia Group.

Hakim,Lukman.2012.Prinsip-Prinsip Ekonomi Islam.Penerbit Erlangga.

Hartini.2016.Efektivitas Endorsment Pada Media Sosial Instagram Pada Produk Skin Care. Bina Insani ICT Journal, Vol.3 No.1.

Hasan, Ali.2010.Marketing dan Bank Syariah.Ghalia Indonesia:Bogor.

https://brainly.co.id/tugas/2025167 (diakses pada tanggal 28 Januari 2021 pukul 07:52).

https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-brand-image/ by.Sugi Priharto (diakses pada tanggal 28 Januari 2021 pukul 12:50)

Husman,Husein.1996.Metodologi Penelitian Sosial.Jakarta:Bumi Aksara.

J.Setiadi,Nugroho.2015.Edisi Revisi Perilaku Konsumen. Jakarta:Prenamedia Group.

Lee,Monle dan Johnson, Carla.2011.Prinsip-Prinsip Periklanan dalam Perspektif Global.Jakarta:Prenada Media Grup.Cet Ke-3.

Lupiyoadi, Hamdani.2014.Manajemen Pemasaran Jasa.jakarta: Salemba Empat

Maehie, Natalie and Supphelleen, Magne.2013.Advertising strategies for brand image repair : the effect of advertising alliance.Journal of Marketing Communication.

Mastuti, I Gusti Ayu Manik. Haris, Iyus Akhmad. Sujana, I Nyoman.2019.Pengaruh Iklan dan Citra Merek terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor merek honda pada dealer PT. Mertha Buana Motor di Singaraja.Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha.Vol.11.no.2.

Mazuanda, Defri.2018.Pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Distro Veart Jeans Bandung.

Murti, Baskoro. Yohanes, Sugiarto.2014.Analisis Pengaruh Iklan dan Cielebrity Endorser Terhadap Citra Merek Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Produk Sepatu Olahraga Adidas.Jurnal Manajemen.Vol.3No.3.Hal 1-15.

Narbuko,Cholid dan Achmadi,H.Abu.2012.Metodologi Penelitian.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Pratama, Rahardian Aji.2017.Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Kesadaran Merek dan Sikap Pada Merek Aqua.Repo Darmajaya.ac.id.

Pujadi, Bambang.2010.Studi Tentang Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Melalui Sikap Terhadap Merek.Jurnal SAINS Pemasaran Indonesia.Vol9.No.1.

Purnengsih,Iis.2019.Representasi ‘’wanita cantik seperti’’ versi iklan safi.Jurnal Desain Vol.06 no.2.

Raco,J.R.2010.Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik dan Keunggulan.Jakarta:Grasindo.

Rif’adah,Yuliar.2019.Pengaruh Islamic Endorsement dan Islamic Branding Terhadap Minat Beli Di Media Sosial Instagram Safi Indonesia.Skripsi.

Ruslan,Rusady.2017.Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi.Depok:PT.Rajagrafindo Persada.

Sanusi,Anwar.2011.Metodologi Penelitian Bisnis.Jakarta Selatan:Penerbit Salemba Empat.

Saputra,Randi.2018.Pengaruh Iklan dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Merek Honda.JOM FISIP.Vol.05.No.1.

Setiawaty,Novia Anggraeny.2017.Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series.Jurnal Ekonomi Bisnis Vol.22 No.1.

Shafrani,Yoiz Shofwa.2012.Membangun Tampilan Iklan Televisi Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.Jurnal Dakwah & Komunikasi Vol.6.No.2.

Situmeang, Ilona V Oisina.2013.Pengaruh Daya Tarik Iklan Televisi Kosmetik Wardah Terhadap Keputusan Pembelian.Jurnal Komunikasi Pembangunan.Jilid.11.

Subagyo,Joko.2015.Metode Penulisan dalam Teori dan Praktek.Jakarta:Rineka.

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D.Bandung Alfabeta.

Sulandjari, Rekno dan Frdiansyah, Ardi.2020.Pengaruh Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan di Online Shop Brilink_Khumaira.Jurnal Egaliter Vol.4 No.7.

Sumar’in.2013.Ekonomi Islam Sebuah Pendekatan Ekonomi Mikro Perspektif Islam.Yogyakarta:Graha Ilmu.

Supriyaningsih, Okta.2016.Ekonomi Mikro Islam.Bandar Lampung.

Susanti, Meri.2017.Strategi Promosi Pariwisata Guna Meningkatkan Jumlah Pengunjung Dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Sutisna.2003.Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran.Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Wijaya, Peter.2015.Pengaruh Pesan Iklan, Keterlibatan Iklan, Kredibilitas, dan Kecocokan Endorser Pada Minat Beli Melalui Sikap Konsumen.Jurnal Bisnis.Vol.19.No.1.

Winata,Ade dan Nurcahya, I Ketut.2017.Pengaruh Iklan Pada Media Televisi Terhadap Minat Beli (Studi Pada Calon Konsumen Bukalapak COM Di Kota Denpasar.E-Jurnal Manajemen Unud.Vol.06.No.10.

www.safiindonesia.com (diakses pada tanggal 28 Januari 2021 pukul 11:40)

Yuliana, Vera.2020.Pengaruh Brand Image dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republik.Repositori IAIN Kudus.

Yusup,Febrianawati,2018.Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah.Vol.07.No.01.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/revenue.v2i2.9622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Manajemen Bisnis Syariah UIN Raden Intan Lampung