TELAAH PEMIKIRAN ALI SYA’RIATI TENTANG PEMERINTAHAN ISLAM KONTEMPORER

Liky Faizal, Abdul Qohar, Ali Abdul Wakhid

Abstract


Tulisan bertujuan untuk menganalisis pemikiran Ali Sya’riati tentang pemerintahan Islam kontemporer. Tulisan ini merupakan tulisan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan sejarah. Data dalam tulisan ini terdiri dari dua sumber data, yakni sumber primer yang berasal dari karya Ali Syari’ati yang dianalisis dengan teknik analisis isi (content analysis). Selain data primer terdapat pula data sekunder yang diperoleh dari karya-karya lain yang berkaitan dengan tema tulisan.Tulisan ini menyimpulkan bahwa dasar dari pemerintahan Islam itu sendiri adalah keadilan dan Imamah. keadilan yang dimaksudkan oleh Ali Syari’ati adalah keadilan tanpa kelas yang membedakan antara satu dengan yang lainnya. Konsep Imamah merupakan bagian dari kepemimpinan dalam pemerintahan Islam menurut Ali Syari’ati. Imamah sendiri tidak didapat melalui pemilihan namun melalui pembuktian kemampuan seseorang. Kedudukan seorang imam menurutnya juga memegang peranan yang ganda, selain pemimpin agama juga sekaligus sebagai pemimpin politik.


Full Text:

PDF

References


Bano, M.A. “Implications of Ali Shariati‟s Political Thought for Iranian Revolution. Journal of Islamic Thought and Civilization” 2 (2015).

Bayat, A. . “. Shari‟ati and Marx: A Critique of an ‘Islamic’ Critique of Marxism.” Journal of Comparative Poetics, 1990.

Bayumi, Abdul Mu`thi. Negara Dalam Perspektif Islam. 37th ed. Yogyakarta: Majalah Sinar Muhammadiyah, 2007.

Eko Supriyadi, Anang Haris Himawan. Sosialisme Islam; Pemikiran Ali Syari’ati. Jakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Freire, Paulo. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3ES, 1995.

Irawan, M. Deden. Melawan Hegemoni Barat. Jakarta: Lentera Basritama, 1999.

Lateef, A. Ibrahim &. “No TitleMuslim/Christian Politics of Religion in Nigeria: The Sharīah Application and The Religious Foundations of Global Muslim Engagement with Modernity. International Journal of Sociology and Anthropology,” 2014. https://doi.org/10.5897/ijsa2013.0466.

M. Nambo, A., & Puluhuluwa. “Memahami Tentang Beberapa Konsep Politik (Suatu Telaah Dari Sistem Politik).” MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan 2 (2005).

Rakhmad, Jalaluddin. Ali Syari’ati: Panggilan Untuk Ulil Albab” Pengantar Dalam Ali Syari’ati, Ideologi Kaum Intelektual: Suatu Wawasan Islam. Bandung: Mizan, 1989.

Rehmana, A. An Islamic Utopian A Political Biography of Ali Shariati. I.B.Tauris. London: I. B. Tauris, 2000.

Syari’ati, Ali. Islam Mazhab Pemikiran Dan Aksi, Terj. Nasrullah Dan Afif Muhammad. Bandung: Mizan, 1992.

———. Kembali Kepada Kepribadian Sendiri, Dalam Jhon J. Donohoe, Islam Dan Pembaharuan; Ensiklopedi Masalah-Masalah, Terj: Makhnun Husein. Jakarta: Rajawali Press, 1984.

———. Membangun Masa Depan Islam: Pesan Untuk Para Intelektual Muslim, Terj. Rahmani Astuti. VI. Bandung: Mizan, 1998.

———. On Sociology of Islam, Terj. Saifullah Mahyuddin, Tentang Sosiologi Islam. Yogyakarta: Ananda, 1990.

———. Tugas Cendekiawan Muslim, Terj. Amien Rais. Jakarta: Grafindo Perkasa, 2001.

Syari`ati, Ali. Al-Ummah Wa AL-Imamah, (Teheran: Mu`assasah Al-Kitab Al-Tsaqafiyah, 1989), Terj. Afif Muhammad, Ummah Dan Imamah. Bandung: Pustaka Hidayah, 1989.

Syariati, A. Islam Agama Protes. Pustaka Hidayah, 1993.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v18i1.12222

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License