DAMPAK PEMEKARAN DAERAH DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN, KESEHATAN, KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN BANGGAI LAUT

hamdin husin

Abstract


Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian fenomenologi untuk mencari,  memahami dan menjelaskan makna tentang fenomena dalam konteks sosial secara alamiah melalui proses interaksi komunikasi yang mendalam antara peneliti dengan fenomena yang diteliti. Pemilihan pendekatan kualitatif ini dimaksudkan untuk mengungkapkan atau memahami meaning – mencakup kognitif, afektif dan intensi sebagai perspektif partisipan terhadap fenomena pemekaran daerah, kapabilitas organisasi publik dan rendahnya kualitas layanan publik yang diberikan Pemerintah Kabupaten Banggai Laut. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa pada aspek kapabilitas baik kapabilitas kepemimpinan,  sumberdaya manusia, struktur organisasi, sarana dan prasarana, keuangan dan kapabilitas lokasi belum secara integral dioptimalkan. Change Leadership yang diterapkan  masih menimbulkan dampak negatif yang luas, SDM masih terkait masalah kualifikasi pegawai yang masih rendah, distribusi yang belum merata, pegawai kurang pemaham terhadap makna pelayanan dan masih kurang knowlegde dan skill-nya. Disisi lain dampak positif pemekaran Daerah turut mempengaruhi terhadap rentang kendali jalannya pemerintahan Daerah baik pada aspek pelayanan publik secara umum maupun dalam  bidang pendidikan, kesehatan, kependudukan dan catatan sipil pada khususnya.

Kata Kunci : Dampak Pemekaran Daerah, Pelayanan pendidikan, kesehatan, kependudukan dan catatan sipil.


References


Creswell, John W. 2009. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Approaches (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.

Denzin, Norman K. dan Yvonna S. Lincoln. 2009. Hand Book of Qualitative Research. Terjemahan Dariyatno, dkk. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kotler, Philip. 1997. Marketing Management: Analisys, Planning, Implementation, and Control, Eight Edition. Prentice Hall.

Ndraha, Taliziduhu. 2011. Resources (Ilmu pemerintahan Baru) 1 , Jakarta Rineka Cipta.

Wibowo, Rudi dan Soetrisno. 2001. Konsep dan Landasan Analisis Wilayah. Universitas Jember.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2013 tentang Pembentukan Kabupaten Banggai Laut.

Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2007 tentang Persyaratan Pembentukan dan Penghapusan Daerah




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v17i2.12819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License