PEMBANGUNAN KESEJAHTERAAN SOSIAL DALAM PUSARAN DESENTRALISASI DAN GOOD GOVERNANCES

Triono Triono

Abstract


Abstrak

 

Menguatnya embusan desentralisasi membawa harapan dan tantangan tersendiri bagi proses dan pencapaian tujuan-tujuan pembangunan kesejahteraan sosial. Ketika ada suatu argumen yang mengatakan bahwa tanpa good governance (tata pemerintahan yang baik), desentralisasi akan lebih meminggirkan pembangunan kesejahteraan sosial. Terutama pada masa transisi dan pencarian makna sejati desentralisasi, pemerintahan di daerah cenderung lebih bergairah dalam meningkatkan investasi ekonomi secepatnya daripada melakukan investasi sosial jangka panjang. Tanpa sikap dan komitmen yang jelas mengenai makna good governance, desentralisasi dapat menimbulkan jebakan-jebakan bagi strategi dan implementasi pembangunan kesejahteraan sosial di daerah. Pembangunan kesejahteraan sosial sejatinya adalah segenap strategi dan aktifitas yang dilakukan oleh pemerintah, dunia usaha, maupun civil society untuk meningkatkan kualitas kehidupan manusia melalui kebijakan dan program yang bermatra pelayanan sosial, penyembuhan sosial, perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. 


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

AUSAID (Australian Assistance for International Development) 2006,Good governance:GuidingPrinciplesforImplementation,www.http://usaid.goc.au/publ ications/pdf/g ood_governance (diakses 22 Januari 2006)

Bahagijo Sugeng dan Rusdi Tagaroa (eds), Orde Partisipasi: Bunga Rampai Partisipasi dan Politik Anggaran. Jakarta: Perkumpulan Prakarsa,t.t.

Budiardjo Miriam. Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia, 1985.

Giddens Anthony, The Third Way: Jalan Ketiga Pembaharuan Demokrasi Sosial, terjemahan Ketut Arya Mahardika, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2000.

John Gaventa, Enam Saran Proposisi Menuju Tata Pemerintahan Daerah Partisipatoris,2005.

Rosenbaum Allan, Good Governance, Accountability and the Public Servant,2006.

www.http://unpan1.un.org/intradoc/groups/public/do*ents. Diakses 12 Agustus 2006.

Suharto Edi, Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat: Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial dan Pekerjaan Sosial, Bandung:Refika Aditama, 2005.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v7i2.1534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License