KUNGKUNGAN PATOLOGI POLITIK HANCURKAN BUDAYA LUHUR BANGSA

M Sidi Ritaudin

Abstract


Abstrak

          Bangsa Indonesia dikenal dunia sebagai bangsa yang mewarisi budaya luhur warisan nenek moyang, sehingga memiliki predikat sebagai bangsa yang beradab. Namun demikian, carut marutnya bangsa ini yang tidak lagi menyisakan keluhuran budi pekerti dan politik pun berjalan tanpa etika, yang terjadi adalah segala bentuk kecurangan, penipuan, korupsi, kolusi dan nepotisme serta kehidupan individualistis, kapitalis dan konsumeristis, sehingga jurang pemisah antara si kaya dan si miskin semakin menganga, rakyat menderita, elit penguasa sema-kin  berfoya-foya dan bermegah-megah.

Kata Kunci :  Patologi Politik, Korupsi, elite politik,

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Ahmad, Zaenal Abidin, Piagam Madinah, Jakarta : Al-Faraby, Kinta, 1968.

Ali, Abdullah Yusuf, The Meaning the Glorious Qur’an, Kairo : Dar al-Kitab al-Mishr, Beirut : Dar al-Kitab al-Lubnani, 1938.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar bahasa Indonesia Edisi Kedua, Jakarta : Balai Pustaka, 1995.

Hasan, Muhammad Kamal “Perkara Nurcholis Madjid” dalam Jalaluddin Rakhmat, et al., Tharikat Nurcholishy, Jejak Pemikiran dari Pembaharu sampai Guru Bangsa, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2001.

Hodgson, Marshal G. S., The Venture of Islam, Iman dan Sejarah dalam Peradaban Dunisa Masa Klasik Islam, Buku Pertama lahirnya Sebuah Tatanan Baru, terj. Mulyadhi Kartanegara, Jakarta : Paramadina, 1999.

Jacob, T., Tragedi Negara Kesatuan Kleptokratis Catatan Di Senjakala, Jakarta : Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Mawardi, Imam al-, Hukum Tata Negara dan Kepemimpinan dalam Takaran Islam, Jakarta : Gema Insani Press, 2000, Terjemahan dari Al-Ahkam As-Sulthaniyyah, Lihat juga Munawir Sjadzali, Islam dan Tata Negara, Ajaran, Sejarah dan Pemikiran, Jakarta : UI Press, 1993.

Muhammad, Ali Muhammad, Ali Abdul Mu’ti, As-Siyasah baina An-Nazhariyah wa Tathbiq, /Politik, antara Teori dan Praktik, Iskandariyah : Dar al-Ma’rifah, 1984.

Ritaudin, M. Sidi, “Karakteristik Ulil Amri dalam Format Etika Politik Islam Perspektif Al-Qur’an” dalam Jurnal Tapis, Vo. 1/ No. 1 Januari-Juni 2005.

Sobary, Mohammad, “Merombak Primordialisme Dalam Agama”, dalam Elga Sarapung, dkk (Tim Editor), Spiritualitas Baru Agama & Aspirasi Rakyat, Yogyakarta : Institut DIAN/ Interfidei, 2004.

Supadjar, Damardjati, Mawas Diri, Yogyakarta : Philoshophy Press, 2001.

Suyuthi, Imam As-, Tarikh Khulafa’, terj. Samson Rahman, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2005.

Vreeland, Gilbert, Kamus Inggris Indonesia, Indonesia-Inggris, Yogyakarta : Absolut, 2006.

ZE, H.M. Subchan,. “Politik Sebagai Sarana dalam Pembangunan Ekonomi” dikutip oleh Ridwan Saidi “Dinamika Kepemimpinan Islam dalam Era Orde Baru” dalam M. Amin Rais (ed), Islam di Indonesia Suatu Ikhtiar Mengaca Diri, Jakarta : RajaGrafindo Persada, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v8i1.1541

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License