DEMOKRASI DAN BUDAYA POLITIK LOKAL DI JAWA TIMUR MENURUT R. ZUHRO, DKK.

Nurkhasanah Leni

Abstract


Abstrak

Berdasarkan kajian yang dilakukan oleh R. Zuhro dkk. suksesi kepemimpinan lokal di Jawa Timur secara umum positif dan relatif demokratis. Tidak terjadi diskriminasi dalam pencalonan, baik karena faktor agama, afiliasi politik, etnis dan jenis kelamin. Semua warga masyarakat yang memenuhi syarat dapat mencalonkan diri sebagai kandidat. Selain nilai-nilai positif dalam konteks demokrasi lokal, Pilkades di Tulung Agung juga berpotensi menciderai demokrasi. Pertama, muculnya calon tunggal. Kedua, maraknya isu money politics. Meskipun sulit dibuktikan, pemilihan kepala desa di Jawa, termasuk di Jawa Timur, sejak masa dulu hingga era reformasi saat ini tidak bisa meniadakan Praktik money politics, yang berpotensi dapat menciderai demokrasi. Beberapa perilaku yang berpotensi menciderai demokrasi di masa yang akan datang dapat diminimalisasi melalui pendidikan politik secara terus-menerus sehingga masyarakat memiliki kedewasaan dalam berdemokrasi.

Kata Kunci: Budaya Politik Lokal, Suksesi Lokal,   Money Politics


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Aribowo, “Demokrasi dan Budaya Politik Lokal”, Workshop di Universitas Airlangga, Surabaya, 28 Mei 2007.

Hidayat, Djarot Saiful (Kata Pengantar), Fajar Menyingsing di Kota Blitar, Blitar: Pemkot Blitar, 2004.

Wahyuni, Budaya Sowan Kepada Kiai: Studi Etnografi Pada Masyarakat Tulungagung Jawa Timur, Pascasarjana, Universitas Airlangga, Surabaya.

Zuhro, R. Siti, ”Perjuangan Mewujudkan Demokrasi Lokal Melalui Pilkada: Studi Kasus Keterlibatan Birokrasi dalam Pilkada Jember Jawa Timur”, Masyarakat Indonesia, LIPI, jilid XXXI, No.2, 2005.

Zuhro, R. Siti, “The Impact of A Neutrality Bureaucracy in the 1999 Elections: Case Studiesin East Java and South Sulawesi” dalam Local Democracy and Bureaucratic Reform: Selected Articles, Jakarta: The Habibie Center, 2007.

Zuhro, R. Siti, Demokrasi Lokal: Perubahan Dan Kesinambungan Nilai-Nilai Budaya Politik Lokal Di Jawa Timur, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan Dan Bali, Yogyakarta: Ombak, 2009.

Rifai, Mien Ahmad, Manusia Madura,Yogyakarta: Pilar Media, 2007.

http://www.jatim.go.id

http://id.wikipedia.org/wiki/Jawa_Timur.

http://brangwetan.wordpress.com/2007/10/02/sepuluh-wilayah kebudayaan/

Kompas, edisi 18 Januari 1996.

Kompas, edisi 15 Mei 2005.

Kompas, edisi 29 Januari 2007.

Radar Tulungagung, edisi 29 Januari 2007.

Tempo Interaktif, edisi 07 Juli 2005.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v8i1.1542

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License