PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP PERDAGANGAN PEREMPUAN INDONESIA

https://doi.org/10.24042/tps.v9i1.1577

Triono Triono

Abstract


Abstrak

 

Setelah berakhirnya Perang Dingin , globalisasi menjadi masalah besar , terutama dalam hubungan internasional . Globalisasi sudah menjadi bentuk baru dari sistem dunia yang mempengaruhi setiap bagian dari umat manusia . Secara otomatis , globalisasi akan mempengaruhi Dan bentuk masyarakat dunia ke dalam " sistem utama tunggal " . Masalah Perdagangan Perempuan umumnya menganggap sebagai masalah kecil yang tidak memiliki pengaruh yang besar dalam hubungan antara negara-negara . Masalah ini sering dimasukkan ke dalam nomor dua setelah isu-isu yang dianggap sebagai politik seperti ekonomi , perang , dan perdamaian . Di sisi lain, Perdagangan Perempuan masalah di dalam pengembangan lebih lanjut menjadi lebih kompleks . Perdagangan perempuan tidak terjadi di wilayah penghalang lagi tapi sudah tanpa batas . Dalam beberapa tahun terakhir , kasus perdagangan perempuan lebih intensif terjadi dan beralih ke isu global . Itu ada hampir di seluruh dunia , termasuk Indonesia . Saat ini, Indonesia tidak hanya menjadi negara transit, tetapi juga pengirim dalam perdagangan perempuan . Diperkirakan bahwa setiap tahun ada sekitar 700-1.000 perempuan dari Indonesia yang dikirim ke luar negeri secara ilegal . Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh globalisasi terhadap perdagangan perempuan di Indonesia dan juga untuk mengetahui hubungan antara perdagangan perempuan dan pengembangan Hubungan Internasional .

 

Kata Kunci: Globalisasi, Perdagangan, Perempuan


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Alam, AS. 1984. Pelacuran dan Pemerasan: Studi Sosiologis Tentang Eksploitasi Manusia Oleh Manusia. Ujung Pandang: Penerbit Alumni.

Altink, Sietske. 1995. Stolen Lives: Stolen Lives: Trading Women Into Sex and Slavery. New York: Harrington Park Press.

Baylis, John., and Steve Smith. 1998. The Globalization of World Politics: an Introduction to International Relations. Oxford University Press.

David, Held., and McGrew Antony. 2003. The Global Transformation Reader, An Introduction to the Globalization Debate, 2nd ed., Cambridge: Polity Press in Association with Blackwee Publishing.

Fakih, Mansour. 2000. Pembangunan Pelajaran Apa Yang Kita Peroleh?. Yogyakarta: INSIST Press.

---------------------. 2002. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: INSIST Press.

Heoepoetri, Arimbi., dan R. Valentina. 2004. Percakapan Tentang Feminisme Vs Neoliberalisme. Jakarta: debtWatch Indonesia kerjasama dengan Institut Perempuan.

Hughes, Hughes. 1997. Coalition Against Trafficking in Women: Trafficking and Prostitution in Asia Pacific.

International Forum on Globalization. 2004. Globalisasi Kemiskinan & Ketimpangan. Yogyakarta: Cindelaras Pustaka Rakyat Cerdas.

Jones, Walter S. 1993. Logika Hubungan Internasional 2. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: https://doi.org/10.24042/tps.v9i1.1577

Article Metrics

Abstract views : 1507 | PDF downloads : 3745

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License