MULTIKULTURALISME DALAM PENDIDIKAN ISLAM

Lasijan lasijan

Abstract


Abstrak

 

Pendidikan multikultural muncul sebagai bagian dari respon terhadap fenomena konflik etnis, sosial, budaya yang kerap muncul di tengah-tengah masyarakat yang berwajah multikultural. Multikulturalisme merupakan suatu pemahaman akan penerimaan adanya kemajemukan dalam masyarakat sehingga terhindar konflik horizontal di tengah masyarakat. Konsep pendidikan multikultural menekankan penanaman cara hidup menghormati, tulus, dan toleran terhadap keanekaragaman budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat plural. Tujuan akhir pendidikan multikultural (multicultural education) adalah untuk dapat menghasilkan generasi umat disamping berilmu dan trampil juga dapat hidup bersama dalam masyarakat sebagai khoiru ummah.

 

Kata Kunci: Multikulturalisme, Pendidikan Islam, Toleransi

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdullah Aly, Menggagas Pendidikan Islam Multikultural di Indonesia. dalam Jurnal Ishraqi, Volume II Nomor 1, Januari-Juli 2003, 2003..

A. Fuad Fanani, Islam Mazhab Kritis: Menggagas Keberagamaan Liberati, Jakarta: Kompas Gramedia, 2004.

B.

Ali Maksum, Luluk Yunan, Paradigma Pendidikan Universal di Era Modern dan Post Modern; Mencari “Visi Baru” atas “Realitas Baru”Pendidikan Kita, Yogyakarta: IRCiSoD, 2004.

Amir Rusdi, Perspektif Islam Tentang Keberagaman dan Penyikapannya dalam Konteks pengembangan Kurikulum PAI, dalam Conciencia, Vol. 1, No.2, 2007.

Azyumardi Azra, Identitas dan Krisis Budaya, Membangun Multikulturalisme Indonesia, Jakarta, FE UI, 2007.

Choirul Mahfud, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Clarry Sada, Multicultural Education in Kalimantan Barat; an Overview, dalam Jurnal Multicultural Education in Indonesia and South East Asia, edisi I, Tahun 2004.

Banks, James A., (ed.), Multicultural Education: Issues and Perspectives. Boston-London: Allyn and Bacon Press, 1989.

H.A.R Tilaar, Kekusaan Dan Pendidikan Suatu Tinjauan Dan Persepektif Studi Kultural, IndonesiaTera, 2003.

........................, Multikulturalisme; Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Pendidikan Nasional, Jakarta: Grassindo, 2003.

Freire, Paulo, Pendidikan Sebagai Praktek Pembebasan, terj. Alois A. Nugroho, Jakarta: Gramedia, 1984.

H.A Dardi Hasyim, Yudi Hartono, Pendidikan Multikultural di Sekolah. UPT penerbitan dan percetakan UNS. Surakarta, 2004.

Ismail SM, Abdul Mukti, Pendidikan Islam, Demokratisasi dan Masyarakat Madani, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2000.

Kamanto Sunarto, Multicultural Education in Schools, Challenges in its Implementation, dalam Jurnal Multicultural Education in Indonesia and South East Asia, edisi I, tahun 2004.

Kasinyo Harto, Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural, Jakarta:Rajagrafindo Persada, 2012.

Muhaemin Al-Ma’hady, “Multikulturalisme dan Pendidikan Multikultural” dalam http://artikel.us/muhaemin 6-04.html, 27 Mei 2004.

Mashadi Imron, Pendidikan Agama Islam Dalam Persepektif Multikulturalisme, Jakarta: Balai Litbang Agama, 2009.

Musa Asy’arie, Pendidikan Multikultural dan Konflik Bangsa, http://www.kompas.com/kompas-cetak/0409/03/opini/1246546, 2004.

Z. Arifin Nurdin, Gagasan dan Rancangan Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural di Sekolah agama dan Madrasah , dalam www.dirjen.depag.ri.or.id.

http://multinalarisme.blogspot.com/2010/01/multikulturalisme-pengertian.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v10i2.1610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License