KESETARAAN LAYANAN BPJS KESEHATAN BERBASIS MODEL EVALUASI PROGRAM IKEP RSUD AHMAD YANI KOTA METRO

Ari Gusnita, Syeni Rakhmadani, Joko Mulyono

Abstract


BPJS Kesehatan dibentuk dengan tujuan untuk membangun derajat kesehatan masyarakat Indonesia menjadi lebih baik. Hadirnya BPJS Kesehatan di tengah masyarakat Indonesia memberikan harapan kepada seluruh seluruh masyarakat Indonesia untuk mengatasi kesehatan yang mereka hadapi, Apalagi jika melihat visi dan misinya yaitu terwujudnya jaminan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi dengan memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat, memperluas kepesertaan program jaminan kesehatan mencakup seluruh penduduk Indonesia. Akan tetapi banyaknya keluhan dari masyarakat menjadi pertanyaan besar apakah visi misi BPJS Kesehata sudah tercapai? Keluhan masyarakat yang banyak terdengar adalah pelayanan rumah sakit yang buruk dan terkesan diskriminasi, adanya ketidaksetaraan layanan misalnya tidak semua obat dapat dicover, sulitnya alur periksa atau berobat, sulit mendapatkan kamar inap, dan beberapa keluhan lainnya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan layanan publik pada RSUD A.Yani Kota Metro dengan harapan model ini dapat dipakai untuk menyelesaikan masalah tersebut. Teori yang akan digunakan untuk mendukung Model IKEP (Identifikasi masalah, Konfirmasi, Evaluasi dan Perbaikan) ini adalah teori pelayanan publik dengan menggunakan teori pelayanan publik yakni kepemimpinan,budaya organisasi, kelembagaan, SOP, Pengelolaan pengaduan masyarakat, pengendalian dan evaluasi dan SDM. (1) Luaran yang ingin dicapai adalah tulisan ini dapat terpublis pada jurnal nasional peringkat sinta 4 dengan tujuan agar model IKEP ini dapat dipakai oleh pemerintah dan stakeholder terkait untuk menjadikan program jaminan kesehatan ini menjadi lebih berinovasi untuk layanan dan juga kotribusi untuk ilmu pengetahuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yang bersifat yuridis empiris dengan pendekatan deksriptif, eksplanatif dan preskriptif. Metode pengumpulan data terdiri dari kepustakaan dan dokumentasi observasi serta wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kualitatif. Hasil penelitian yang peneliti lakukan ditemui dilapangan yang menjadi permasalahan terjadi pada bagian sarana dan prasarana serta layanan layanan BPJS terkait sistem online baik itu di pendaftaran maupun di sistem rujukan. masalah lain juga terjadi pada sistem SDM yang kurang dan kurang profesional dalam memberikan layanan. Oleh sebab itu peneliti menawarkan saran berupa MODEL IKEP pada RSUD A Yani Kota Metro untuk membantu menata layanan lebih baikĀ  lagi.


Keywords


Evaluasi Layanan, BPJS, IKEP

References


Hayat. Manajemen Pelayanan Publik. Jakarta : Rajawali Press, 2017.

2011, Undang-Undang No 24 Tahun. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. 2011.

2004, Undang-Undang No 40 Tahun. Tentang Jaminan Sosial Nasional. 2004.

Kesehatan, Bpjs. Buku Pegangan Sosialisasi Jaminan Kesehatan Nasional (Jkn) Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jakarta : Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (Bpjs) , 2014.

Solechan, S. Badan Penyeleggara Jaminan Sosial(Bpjs) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Semarang : Administrative Law And Governance Journal 2 (4) 686-696, 2019.

Trisna Widada, Agus Pramusintom, Lutfan Lazuardi. Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat (Studi Di Rsud Hasanuddin Damrah-Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu). Bengkulu : Jurnal Ketahanan Nasional Vol 23, No. 2, 2017.

Gusnita, Ari. Analisis Implementasi Jaminan Sosial Nasional Pada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan(Bpjs)Kota Metro. Bandung : Proceding Snapp, 2017.

Sakti, Kuncoro. Prospek Pembiayaan Kesehatan Melalui Asuransi Kesehatan Sosial Di Kabupaten Bantul. Yogyakarta : Jurnal Manajamen Pelayanan Kesehatan Vol 06/No.03/2003, 2003. 147-154.

Poerwandari. Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta : Lpsp3, 2013.

Miles, B Huberman, A.M Dan Saldana J. Qualitative Data Analysis, A-Mhetods-Sourcebook, Edition 3 . Jakarta : Tjetjep Rohindi Rohidi, Ui-Press, 2014.

Ria, L. (2022). Analisis Manajemen Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Rumah Sakit Daerah Abdoel Moeloek Provinsi Lampung) (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung).

Maslihatin, T., Rahim, W., Rahmawati, N., & Arafah, M. (2022). Sistem Informasi Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Serui. Jurnal Minfo Polgan, 11(2), 45-51.

Aji, B. P. S., Ahri, R. A., & Gobel, F. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan dan Kunjungan Balik Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Syekh Yusuf Gowa. Journal of Muslim Community Health, 3(4), 130-142.

Utama, A. (2003). Analisis pengaruh persepsi kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan rumah sakit umum cakra husada Klaten. Jurnal Opsi, 1(2), 96-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v19i2.19864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License