FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU MEMILIH PEMULA PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN NGADA TAHUN 2015

Yohana Apaut, Arry Bainus, Dede Sri Kartini

Abstract


 

Pemilih pemula dalam pemilihan kepala daerah memberikan sumbangsih suara yang sangat diperhitungkan. Namun disadari perilaku pemilih pemula yang masih labil dan belum mempunyai pengalaman dalam mengikuti pemilihan umum menjadi sasaran dari setiap pasangan calon menjadikan suara pemilih pemula sebagai salah satu lumbung suara dari pasangan calon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa tinggi pengaruh identifikasi partai, orientasi calon orientasi isu dalam mempengaruhi perilaku memilih pemula kabupaten Ngada tahun 2015.Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan program  LISREL. Hasil penelitian ini menunjukan variabel Identifikasi partai berpengaruh terhadap perilaku memilih pemula sebesar 33,6% dan variabel orientasi calon berpengaruh terhadap perilaku memilih pemula sebesar 27,7% dan orientasi isu berpengaruh 18,2% terhadap variabel perilaku memilih pemula. Dengan t-value standart 1,986 besaran pengaruh ketiga variabel tersebut lebih besar dari t-value (1,986) maka dapat dikatakan variabel identifikasi partai, orientasi calon, orientasi isu berpengaruh signifikan terhadap perilaku memilih pemula kabupaten Ngada pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2015.


Keywords


Perilaku; Pemilih Pemula; Pilkada

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agustino, L & Muhamad Agus Yusoff (2009). Kajian Politik dan Masalah Pembangunan. Politik Volume V No 1,, 422.

Gafar, A. (1992). Javanese Voters. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hendryadi & Suryani. (2014). Structural Equation Modeling Dengan Lisrel 8.80 (Pedoman Untuk Pemmula). Yogyakarta: Kaukaba Dipantara(Anggota IKAPI).

Mayo, H. B. (1960). An Introduction to Democractic Theory. New York: Oxford University Press.

Mujani, K. A. (1992). Kuasa Rakyat(Analisis tentang Perilaku Memilih dalam Pemilihan Legislatif dan Presiden Indonesia Pasca-Orde baru). Jakarta Selatan: Mizan Pblika.

Nursal, A. (2004). Political Marketing(Strategi Memenangkan Pemilu sebuah pendekatan Baru Kampanye Pemilihan DPRD, DPD, Presiden). Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Umum.

Roth, D. (2008). Studi Pemilu Empiris (Sumber, Teori-Teori, Istrumen dan Metode). Jakarta: Fȕr Die Freiheit.

Rudini. (1994). Atas Nama Demokrasi. Jakarta: Biografi Publising.

Sarjono Haryadi & Winda Julianita (2013). Spss vs Lisrel Sebuah Pengantar Aplikasi Untuk Riset ,Jakarta: Salemba Empat.

Setiajid. (2011). Orientasi Politik Yang Mempengaruhi Pemilih pemula Dalam Menggunakan Hak Pilihnya pada pemilihan Walikota semarang Tahun 2010. Jurnal Ingralistik No 1 Th XXII, 20.

Surbakti, R. (1992). Memahami Ilmu Politik. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v14i2.3167

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License