INTERGOVERNMENTAL RELATIONS DALAM PEMBERIAN KONSESI HUTAN TANAMAN INDUSTRI DI PROVINSI RIAU

Zainal Zainal

Abstract


Abstrak

 

Pemberian konsesi hutan tanaman industri di Provinsi Riau tidak hanya melibatkan aktor lokal namun juga melibatkan aktor internasional.Perusahaan swasta seperti PT. RAPP merupakan salah satu perusahaan yang memiliki konsesi hutan tanaman industri terluas di Provinsi Riau saat ini, perusahaan tersebut dan beberapa perusahaan lainnya sudah memiliki konsesi hutan tanaman industri sekitar 2,1 juta hekter di Provinsi Riau.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kebijakan sektor kehutanan kewenangan sepenuhnya menjadi milik Pemerintah Pusat,Pemerintah Daerah Provinsi hanya memiliki kewenangan pada tataran pemberian rekomendasi dan rekomendasi tersebut boleh dugunakan dan boleh juga tidak digunakan oleh Pemerintah Pusat sebagai pertimbangan dalam pemberian konsesi, untuk tingkatan Pemerintah Kabupaten/Kota setelah berlakunya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah kewenangan sektor kehutanan sudah dicabut dan bahkan dinas kehutanan sudah ditiadakan.Sehingga pada sektor kehutanan kebijakan pemerintah saat dapat disimpulkan kembali menjadi sentralistik. Secara teori intergovernmental relations yang digagas oleh Wrigh (1998) belum mampu menyentuh seluruh aktor yang terlibat dalam pemberian konsesi oleh karena itu diperkuat dengan teori intergovernmental relations yang digagas oleh Jones dan Royles (2012) yang menambahkan international actor sebagai salah satu dimensinya.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agranoff,Robert dan Radin, Beryl A, 2014. Deil Wright’s Overlapping Model of Intergovernmental Relations’ The Basis for Contemporary Intergovernmetal Relationsips; The Journal of Federalism, Published by Oxford University Press behalf of CSF Associates, Publius, Inc Hal. 1 – 21.

Anderson, George dan Gallagher Jim, 2018.Intergovernmental Relations in Canada and the United Kigdom. Constitutional Politics and The Territorial Question Canada and The United Kigdom. http://www.springer.com/978-3-319-58073-9

Andiko, 2017. Studi Perbandingan Proses Pengakuan Hak dan Perizinan Pengelolaan dan Pemanfaatan Hutan Serta Kawasan Hutan Untuk Masyarakat dan Perusahaan; AsM Law Office. Batam.

Data Statistik Dinas Kehutanan Provinsi Riau Tahun 2014

Fatile dan Adejuwon, Local Government Administration in Nigeria Old and New Visions, Centre for Constitutionalism and Demilitarisation (CENCOD) Nigeria.

Forest Watch Indonesia, 2015. Pelanggaran Perusahaan Hutan Tanaman Industri (HTI) dan Pembiayaan “Studi Kasus PT. Toba Pulp Lestari dan April Group.

http://jikalahari.or.id/wp-content/uploads/2016/03/FAKTA-KRITIS-ANALISIS.pdf diupdate pada tanggal 02-10-2018.

https://id.wikipedia.org/wiki/Center_for_International_Forestry_Research diupdate pada tanggal 02-10-2018

Mays dan Tagart, 2005.Intergovernmental Relatons and Native American Gaming A Case Study on the Emergence of a New Intergovernmental Relations Participant. American Review of Public Administration; Vol.35 No.1 74-93.

Pietersen, Johny Masego, 2017. Intergovernental Relations: Delivery of Potable Water To Poor Comunities in Diepsloot of Gauteng Province.

Priyono dkk, 2016. Implementasi Kebijakan Hutan Tanaman Industri di Kabupaten Gorontalo Utara, Jurnal Sains & Teknologi, Vol.16 No.2: 191 – 196.

Royles, Elin dan Jones Richard, 2012.Wales in the World: Intergovernmental Relations and Sub-State Diplomasi,The Britis Journal Politics and International Relations. Vol.14 Hal 250-269.

Syahadat dan Sylviani, 2014. Analisis Kebijakan Penyediaan Lahan Hutan Tanaman Industri, Jurnal Analisis Kebijakan Kehutanan, Vol 11 No.3, 227 – 296.

Warsono Hardi, 2009. Regionalisasi dan Manajemen Kerjasama Antar Daerah (Studi Kasus Dinamika KerjasamaAntarDaerah Yang Berdekatan di Jawa Tengah), Program Doktor Ilmu Administrasi UGM; Yogyakarta.

Wright, Deil. 1988. Sage Publications, Inc is Collaborating with JSTOR to digitize, preserve and extend access to annals of the American Academy of Political Social Science




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v14i2.3168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License