DINAMIKA KEPEGAWAIAN DAN EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI

Sigit Setioko

Abstract


Abstrak

 

Sebagian tenaga honorer di Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah masih ada yang belum datang/pulang kerja tepat waktu  ataupun keluar kantor tanpa alasan dinas, motivasi kerja mereka belum optimal karena  insentif yang rendah serta ketidakpastian nasib status menjadi pegawai negeri. Inisiatif kerja juga masih kurang, termasuk  ketelitian, kecermatan, dan keseriusan kerja seperti masih menunda penyelesaian pekerjaan. Permasalahan dalam tulisan ini adalah: Bagaimanakah dinamika kepegawaian dalam kaitannya mendukung efektivitas kerja tenaga honorer di Sekretariat DPRD Kabupaten Lampung Tengah? Untuk menjawab persoalan tersebut digunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Simpulan dan saran penelitian yaitu: (1) Peningkatan implementasi disiplin jam/hari kerja ditujukan tidak terbatas terhadap pegawai honorer, tetapi peningkatan kemampuan adaptasi jam dan hari kerja tersebut juga diberlakukan kepada pegawai negeri. (2) Untuk meningkatkan kemampuan bersaing dilakukan kegiatan atau kebijakan motivasi secara berimbang, baik dari aspek materiil maupun spiritual. (3) Untuk meningkatkan produktivitas kerja dilakukan berbagai kegiatan kecakapan kerja bagi tenaga honorer yang baru, seperti kegiatan orientasi kerja, pendampingan kerja, pendidikan dan pelatihan. (4) Optimalisasi kemampuan kerja dilakukan dengan peningkatan gaji/insentif bagi tenaga honorer serta rekrutmen dilakukan terhadap calon pegawai berbakat. (5) Potensi konflik diantara sesama pegawai honorer ditekan dengan pemberian tugas dan pekerjaan yang adil atau merata sehingga mencegah terjadinya kecemburuan kerja.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdurahmat, 2003, Dalam Hubungan Dengan Konsep Pembangunan Daerah, Jakarta, Media Tama.

Fahmy, 1982. Penyesuaian Diri, Pengertian Dan Peranannya Dalam Kesehatan Mental. Jakarta, Bulan Bintang.

Faisal, Sanafiah, 2002, Format-Format Penelitian Sosial, Jakarta, Raja Grafindo.

Georgopolous dan Tannenbaum, 2005, Efektivitas Organisasi, Jakarta, Rineke Cipta.

Handoko, Tani, 2003, Teori Efektivitas Dalam Kinerja Karyawan, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Hartini, Sri dkk, 2008, Hukum Kepegawaian Di Indonesia, Jakarta, Sinar Grafika.

Hidayat, 2006, Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan, Yogyakarta, Gajah Mada University Press.

Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Saksono, Prasetyo Budi, 2004, Dalam Menuju SDM Berdaya, Jakarta, Bumi Aksara.

Semiun, Yustinus, 2006, Kesehatan Mental I: Pandangan Umum Mengenai Penyesuaian diri dan Kesehatan Mental serta Teori-Teori yang Terkait. Yogyakarta, Kasinius.

Steers, Richard M, 2005, Manajemen Perusahaan, Jakarta, Gramedia.

Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif, Bandung, Alfa Beta.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Jenis, Kedudukan, Hak dan Kewajiban serta Pelaksanaan Manajemen Pegawai Negeri dan Tenaga Honorer.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v14i2.3176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License