SURVEY INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP LAYANAN DI KABUPATEN KONAWE SELATAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA

andi zulfadli, basman basman, muhammad wahyuddin

Abstract


ABSTRACT

Service quality has become an important issue in the provision of public services in Indonesia. Public service is not only about an administrative issue but the higher than that, namely the fulfillment of the public wish. This study aims to measure community satisfaction based on their perceptions of the performance indicators of the South Konawe district government. This research uses a quantitative method with a scoring system using Likert scale measurement as a survey of community satisfaction conducted in April-May 2019. The results of the study indicate that the quality value of the community satisfaction index that obtains a value of B or a 'good' performance category is public service agency in the PM-PTSP Department, Financial Revenue Service and Assets Service, Population and Civil Registry Office, BLUD RS South Konawe, Tinanggea sub-district, Andoolo main village because it is at an interval value of 3.064-3,532. Meanwhile those who obtain the quality score of the community satisfaction index with a value of c or 'not good' are Public Services in Ranomeeto Health Center and Laeya Health Center with an interval value between 2.60-3.064, which is in the part of service time that is far from maximum. Renewal of facilities and infrastructure are needed to support efficiently and timely services.

Keywords: Quality, Public Services, Community Satisfaction

 

ABSTRAK

Kualitas pelayanan  telah menjadi salah satu isu penting dalam penyediaan layanan publik di Indonesia. Pelayanan publik bukan hanya merupakan persoalan administratif tetapi lebih tinggi dari itu yaitu pemenuhan keinginan dari publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat berdasarkan persepsi mereka terhadap indikator kinerja Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sistem penskoran menggunakan pengukuran skala likert sebagai survei kepuasan masyarakat yang dilaksanakan pada bulan April-Mei 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai mutu indeks kepuasan masyarakat yang memperoleh nilai B atau kategori kinerja ‘Baik’ adalah instansi pelayanan publik di Dinas PM-PTSP, Dinas Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, BLUD RS Konawe Selatan, Kecamatan Tinanggea, dan Desa Andoolo Utama karena berada pada nilai interval 3,064-3,532. Sedangkan yang memperoleh nilai mutu indeks kepuasan masyarakat dengan nilai C atau ‘Kurang Baik’ adalah pelayanan publik di Puskesmas Ranomeeto dan Puskesmas Laeya dengan nilai interval antara 2,60-3,064, yaitu pada unsur waktu pelayanan yang kurang maksimal. Perlunya pembaharuan sarana dan prasarana untuk menunjang pelayanan yang efisien dan tepat waktu.

Kata Kunci: Kualitas, Pelayanan Publik, Kepuasan Masyarakat 


Full Text:

PDF

References


Hariany, Zulfida, and Rahim Matondang, ‘Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Terhadap Pelayanan Publik Di Puskesmas XXX’, Jurnal Teknik Industri USU, 5.2 (2014), 17–21

Irawan, Bambang, ‘Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Pada Pelayanan Kantor Imigrasi Kelas I Samarinda’, Jurnal Administrative Reform, 5.2 (2017), 79–92

Kartikaningdyah, Ely, ‘Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Pada BP2T Kota Tanjungpinang’, 4.2 (2012), 136–47

Kurniawan, Arif, and Arih Diyaning Intiasari, ‘Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat Tentang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Banyumas’, Jurnal Kesmasindo, 5.2 (2012), 169–79

Nurrizka, Rahmah Hida, and Wiko Saputra, ‘Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan’, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 14.01 (2011), 11–19

Sekaran, Uma, Metode Penelitian Untuk Bisnis, 4th edn (Jakarta: Salemba Empat, 2006)

Silalahi, Ulber, Metode Penelitian Sosial Kuantitatif, ed. by Nurul Falah Atif, 4th edn (Bandung: Refika Aditama, 2015)

Sukamti, Sri, and Hardi Utomo, ‘Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pada Pelayanan Publik Di Puskesmas Kalicacing Kota Salatiga’, Jurnal Ilmiah Among Makarti, 8.15 (2015), 1–15

Suroso, Jebul, ‘Indeks Kepuasan Pasien Suatu Rumah Sakit Swasta Di Purwokerto’, Jurnal Keperawatan Soedirman, 6.1 (2011), 39–46




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v15i2.5108

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License