KIPRAH POLITIK PURNAWIRAWAN (Studi Tentang Strategi Politik Pemenangan Calon Legislatif Purnawirawan TNI Pada Pemilu Legislatif di Kota Banjar Tahun 2019)

https://doi.org/10.24042/tps.v15i2.5110

teguh anggoro, tina cahya mulyatin

Abstract


ABSTRACT

This research is motivated by a number of retired TNI members who are candidates for the Regional Parliament of Banjar City, West Java. This research tries to answer (1) What motivates retired TNI personnel into politics, (2) How is the strategy carried out by TNI Retired Candidates in winning the legislative elections in Banjar City in 2019, this study uses qualitative methods, with a phenomenological study approach that is a study that seeks looking for the "essence" of the meaning of a phenomenon. Data collection is done through in-depth interviews, observation, documentation studies and literature studies. The informants in this study were retired TNI, elite and cadres of PDIP, Golkar, Gerindra and the United Nations in Banjar City. This study explains that there are three factors that cause retirement to enter the local political arena: First, the dynamics of local politics; second, retired internal factors; third, political party recruitment factors are poor. This study explains the strategy carried out by retired officers in winning the legislative election with a pattern of iteration clientelism and personalistic clientelism, the choice of the pattern because retired officers have a strong network formed while serving in the military, and the network building is very sturdy because the formation process is long. This pattern is also carried out because it is very effective in socializing themselves. In addition it can minimize political costs. This research concludes that the inclusion of retired military officers in local politics has nothing to do with their previous military agencies, but retired officers use the power of networks that they had made while in the military as their strength and winning strategy.

Keywords: Patronage, Clientelism, Elections, Retired.

 

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa purnawiran TNI yang menjadi Caleg  DPRD Kota Banjar, Jawa Barat. Penelitian ini mencoba menjawab (1)  Apa motivasi purnawirawan TNI masuk dalam Politik, (2) Bagaimana strategi yang dijalankan oleh Caleg Purnawirawan TNI dalam memenangkan pemilu legislatif  di Kota Banjar  tahun 2019, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan studi fenomenologi yaitu studi yang berusaha mencari “esensi” makna dari suatu fenomena. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi,  studi dokumentasi dan studi pustaka. Informan dalam penelitian ini adalah purnawirawan TNI, elit dan kader PDIP, Golkar, Gerindra dan PBB di Kota Banjar. Penelitian ini menjelaskan ada tiga faktor yang menyebabkan masuknya purnawirawan dalam kancah politik lokal : Pertama, Dinamika politik lokal; kedua, faktor internal purnawirawan;  ketiga, faktor Rekrutmen politik Parpol yang buruk. Penelitian ini menjelaskan strategi yang dilakukan oleh purnawirawan dalam memenangkan Pileg dengan pola  klientelisme iterasi dan  klientelisme  personalistik, pilihan pada pola tersebut karena purnawirawan  memiliki jaringan kuat yang terbentuk saat bertugas di militer, dan bangunan jaringannya sangat kokoh karena proses pembentukannya lama. Pola ini juga dilakukan karena sangat efektif dalam mensosialisasikan diri. Selain itu dapat meminimalisir biaya politik. penelitian ini menyimpulkan bahwa masuknya purnawirawan dalam politik lokal tidak ada hubungannnya dengan instansi militernya sebelumnya, akan tetapi purnawirawan menggunakan kekutan jaringan yang pernah dibuatnya saat di militer sebagai kekuatan dan strategi pemenangannya.     

Kata Kunci : Patronase, Klientelisme, Pemilu, Purnawirawan.


Full Text:

PDF

References


Abercrombie, Hill, Stephen, Turner Bryan Sl. (1984). “Dictionary of Sociology “. Middlesex : Penguin.

Aspinall, Edward. (2015). “Money Politics : Patronage and Clientelism in Southeast Asia”. ANU Research Publications.

Aspinall dan Mada Sukmajati. (2015). Politik Uang di Indonesia, patronase dan Klientelisme Pada Pemilu Legislatif 2014, Yogyakarta : PolGov.

Becker, William R. (2001). Retired Generals and Partisan Politics: Is A Time Out Required? Strategy Research Project. Pennsylvania: US Army War College, Carlisle Barracks

Creswell, John W & Pianno Clark. (2007). Designing and conducting mixed methods research. Thousand Oaks : Sage

David, Fred R. (2011). Manajemen Strategis Konsep. Jakarta : Salemba Empat.

Fandi, Tjiptono .(2006). Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andi.

Janowitz, Morris. 1960. The Professional Soldier: A Social and Political Portrait. New York: The Free Press.

Lindawati, D, sanur .(2014). Strategi Partai Politik Dalam Menghadapi Pemilu 2014. Jurnal Politica Vol 4 No 2, November 2013 (287-312).

Marijan, Kacung (2010) Sistem Politik Indonesia, Konsolidasi Demokrasi Pasca Orde Baru. Jakarta : Prenada Media Group

Maslow, Abraham H. (1994). Motivasi dan Kepribadian (Teori Motivasi dengan Pendekatan hierarki Kebutuhan Manusia). PT PBP, Jakarta.

Moleong, L.J. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif . Bandung : PT, Remaja Rosdakarya .

Miles, M, Huberman, M., & saldana, J. (2014). Qualitative data Analysis : A Methods Sourcebook (3rd Ed) New York : Sage Publications, Inc.

Michael A.,R, Stoner, J.A.F, Freeman R.E dan Gilbert D.R .(2005). Strategi Manajemen. Malang : Bayumedia Publishing.

Muno, Wolfgang. (2010). Conceptualizing and Measuring Cilentelism. Hamburg : GIGA German Institute of Global and Area Studies.

Nursal, Adnan. (2004). Political Marketing : Strategi Memenangkan Pemilu. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Pearce II, John A, Richard B. (2008). Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian. Jakarta : Salemba Empat

Rumah Pemilu 2014. “Gambaran Singkat PemilihanUmum 2014”. diakses pada 10 Oktober 2018 http://www.rumahpemilu.org/in/read/4030/Gambaran-Singkat-Pemilihan-Umum-2014-di-Indonesia. .

Schroder, Peter. 2009. Strategi Politik, Friedrich Naumann Siftung Fur die Freiheit, Indonesia.

Surbakti, Ramlan. (1992). Memahami Ilmu Politik. Jakarta : Grasindo

Taylor, S.J., Bogdan, R., & De Vault, M.L (2016). Introduction to Qualitative Research Methods : A Guidebook and Resource (4th Ed). New Jersey : John Wiley & Sons, Inc.

Tim Prima Pena, (2006), Kamus Ilmiah Populer : Referensi Ilmiah, Idiologi, Politik, Hukum, Ekonoi, sosial, Budaya dan Sains, Jakarta : Gitamedia Press.

Tomsa, dirk dan Andreas, Ufen. (2012). Party Politics in Southeast asia : Clientelism and Electoral Competitions in Indonesia, Thailand and the Philippines. London : Routledge.

Anggoro, Teguh. Politik Patronase dan Klientelisme Purnawirawan TNI Pada Pemilu Legislatif. Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol 4 No 1 Juni (2019).

Alam, Mabrur. (2016). Strategi Pemenangan Anggota Legislatif Perempuan terpilih dalam Pemilihan Legislatif 2014 (Studi Pada Kantor DPRD Kota Makassar), Jurnal Tomalebbi, Volume III, Nomor 2, Juni 2016 hal 146-152.

Hanif, Hasrul .(2009). . “Politik klientalisme baru dan dilema demokratisasi di Indonesia”. Jurnal ilmu sosial dan ilmu politik, Vol 13, Nomor 3, Maret 2009 (257-390).

Mahmud, Insan. (2018). Strategi Pemenangan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam Pemilu Legislatif Kota Salatiga Tahun 2009. Jurnal Politika, Volume 9 No 1 April 2018.

Soesilo, Arie. S. (2014), Jaringan Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia dalm Politik Relasi Sipil – Militer Pasca Reformasi TNI. Jurnal Sosiologi Masyarakat, Vol 19, No 2 Juli 2014 : Pusat kajian Sosiologi, LabSosio FISIP-UI (195-230).

Yanto. (2014). Strategi Kampanye Politik Calon Anggota Legislatif Incumbent Dewan Perwakilan Rakyat Daerah dalam Menghadapi Pemilu Legislatif 2014 (Studi Kasus Partai Golkar di kabupaten Muko-Muko). Jurnal Professional FIS UNIVED Vol 1 No 2 Des 2014 (61-72)

Ali, Azwar. (2015). Strategi Pemenangan Partai Politik dalam Pemenangan Pemilu Legislatif 2014 (Studi Pada DPC PPP Kab Sumenep). Tesis Universitas Muhamadiah Malang.

Mubin, Muhammad Fathul. (2015). Strategi Pemenangan Pemilu, Studi Tentang Strategi Tim Sukses Hanafi Rais Dalam Pemilihan Legislatif di Indonesia Tahun 2014. Skripsi, FISIPOL UGM 2015

Setiawan, Ryan Bagus. (2017). Strategi dan Pola Jaringan Klientelisme dalam Pemenangan Pasangan Petahana Idza Priyanti dan Narjo Pada Pilkada Brebes Tahun 2017. Tesis, FISIP UNSUD.




DOI: https://doi.org/10.24042/tps.v15i2.5110

Article Metrics

Abstract views : 34 | PDF downloads : 50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License