Faktor Penghambat Pelaksanaan Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online di Samsat Kota Metro Tahun 2019

https://doi.org/10.24042/tps.v16i1.6123

Daud Daud

Abstract


Abstract: Bureaucracy is a government instrument to create efficient, effective, fair, transparent and accountable public services. This means that to be able to carry out government functions properly, bureaucratic organizations must be professional, aspirational and have a high responsiveness to the demands of the people being served so that service user communities are satisfied with the services they receive. Based on the results of research at the Metro City Samsat office in motor vehicle tax services it can be stated that the online Samsat system in Metro City functions in helping the process of finding taxpayer data when paying taxes. The obstacles encountered in the online tax payment process are the speedy network system which is often an error caused by other non-technical factors such as weather, besides the inadequate computer capacity. Excellent and skilled human resources in their fields are still lacking in online samsat operations in Metro City. This resulted in less effective use of Samsat online media in Samsat Metro City.

Keywords: Public Services, Government Bureaucracy, Good Governance

 

Abstrak: Birokrasi merupakan instrumen pemerintah untuk mewujudkan pelayanan publik yang efisien, efektif, berkeadilan, transparan, dan akuntabel. Hal ini berarti untuk mampu melaksanakan fungsi pemerintahan dengan baik maka organisasi birokrasi harus profesional, aspiratif dan memiliki daya tanggap yang tinggi terhadap tuntutan masyarakat yang dilayani agar masyarakat pengguna jasa merasa puas terhadap pelayanan yang diterimanya. Berdasarkan hasil penelitian pada kantor Samsat Kota Metro dalam pelayanan pajak kendaraan bermotor dapat dikemukakan bahwa sistem Samsat online di Kota Metro berfungsi dalam membantu proses pencarian data wajib pajak saat pembayaran pajak. Kendala-kendala yang ditemui dalam proses pembayaran pajak secara online adalah sistem jaringan speedy yang sering error yang diakibatkan oleh faktor non teknis lainnya seperti cuaca, selain itu kapasitas komputer yang belum memadai. Sumberdaya manusia yang unggul serta terampil dalam bidangnya masih kurang dalam pengoperasian samsat online di Kota Metro. Hal ini mengakibatkan kurang efektifnya penggunaan media samsat online di samsat Kota Metro.

Kata Kunci: Pelayanan Publik, Birokrasi Pemerintah, Pemerintahan yang Baik.


Keywords


Public Services, Government Bureaucracy, Good Governance

Full Text:

PDF

References


Anastasius, Yoanes Siga, ‘Implemantasi Kebiajkan Pemerintah Daerah Dalam Program Anggaran Untuk Rakyat Menuju Sejahtera (Anggur Merah) Untuk Penanggulangan Kemiskinan (Studi Penelitian Deskriptif Kualitatif Di Desa Bowali Kecamatan Bajawa, Kabuapten Ngada Nusa Tenggara Timur)’, 2016

Hidayat, Wahyu, ‘Inovasi Pelayanan Publik Di Kantor Bersama Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Samarinda’, 2016

Mulyawan, Ali, and Dini Novia, ‘Aplikasi Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Online Berbasis Web (Studi Kasus Di Samsat Soreang Kab. Bandung)’, Jurnal Computech & Bisnis, 10.1 (2016), 30–39

Nugraha, Joko Tri, ‘E-Government Dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government Di Pemerintah Kabupaten Sleman)’, Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 2.1 (2018), 32–42

Pandoman, Agus, ‘Diskresi Dalam Proses Penegakan Hukum Tata Kelola Lingkungan (Ruang Publik) Terhadap Komersialisasi Lahan’, Lensa Hukum, 7 (2017)

Ratminto, Atik Septi Winarsih, ‘Manajemen Pelayanan’, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Tambe, Siti Rahmatia, Herni Sunarya, and Akbar Yusuf, ‘Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Di Kantor Samsat Dan Dinas Pendapatan Daerah Kalabahi Kabupaten Alor’, Jurnal Akuntansi Universitas Muhammadiyah Kupang, 5.02 (2018), 60–78

Widowati, Retno, ‘Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan Politeknik LP3I Jakarta’, Jurnal Lentera Bisnis, 5.2 (2017), 104–25

Wijaya, Margareth Wilhelmina, ‘Analisa Gaya Kepemimpinan Di PT. Wijaya Makmur Sentosa’, Agora, 4.2 (2016), 399–405

Winarno, Budi, ‘Teori Dan Proses’, Kebijakan Publik, Media Pressindo, Yogyakarta, 2002




DOI: https://doi.org/10.24042/tps.v16i1.6123

Article Metrics

Abstract views : 878 | PDF downloads : 463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License