MENELISIK LANGKAH STATEGIS PKS TULANG BAWANG PADA PEMILU TAHUN 2019

Nadirsah Hawari

Abstract


Abstract

Political parties are like outlets that offer various kinds of public needs and stand with other outlets that also offer the same products. So which outlet is the smartest in putting up marketing tactics and strategies to attract potential buyers, then it is he who will get a lot of customers and make a profit from his business. Likewise, the fate of political parties in the contestation of democracy in Indonesia, all political parties compete to win the hearts of voters. Not to forget, PKS Tulang Bawang which is part of the big house of this Islamic-based political party also participates in playing its political role and strategy in society. This study tries to examine in depth the PKS strategy in the 2019 legislative elections in Tulang Bawang Regency. This type of research is qualitative analytic with structured interview methods and documentation. The results of the study found that PKS played two main strategies in the election, namely air strikes in the form of a social media approach by uploading content that could attract the sympathy of millennials specifically. And the second is ground attacks such as social work, preaching, political advocacy, and sometimes even the PKS aleg has to fight the mainstream just to save the political ideals of this da'wah party.

Keywords: Strategic, PKS, Election, Tulang Bawang

Abstrak

Partai politik itu ibarat gerai yang menawarkan berbagai macam produk kebutuhan masyarakat berdampingan dengan gerai-gerai lainnya yang juga menawarkan produk yang sama. Maka gerai mana yang paling pandai dalam memasang taktik dan strategi pemasaran guna menarik minat calon pembeli maka dialah yang akan mendapat banyak pelanggan dan meraih keuntungan dari bisnisnya. Begitupun nasib parpol dalam kontestasi demokrasi di Indonesia, semua parpol bersaing untuk merebut hati voters. Tak ketinggalan PKS Tulang Bawang yang merupakan bagian dari rumah besar partai politik berasas Islam ini juga ikut serta dalam memainkan peran dan strategi politiknya di masyarakat. Kajian ini mencoba mentelaah secara dalam tentang strategi PKS pada pemilu legislatif tahun 2019 yang lalu di Kabupaten Tulang Bawang.  Jenis penelitian adalah kualitatif analitik dengan metode wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian mendapati bahwa PKS memainkan dua strategi utama dalam pemilu yaitu serangan udara berupa pendekatan media sosial dengan mengunggah konten-konten yang bisa menarik simpati kaum milenial secara khusus. Dan yang kedua adalah serangan darat seperti kerja-kerja sosial, dakwah, advokasi politik, bahkan tidak jarang aleg PKS harus melawan arus utama hanya sekedar untuk menyelamatkan idealitas politik partai dakwah mereka.

Kata Kunci: Strategi, PKS, Pemilu, Tulang Bawang


Full Text:

PDF

References


Abdar, Yusrijal. “Koalisi Partai Politik Dalam UU NO 10 Tahun 2016.” Jurnal Hukum Magnum Opus 1, No. 1 (2018)

Adrianus, Toni Pito, Mengenal Teori-Teori Politik Dari Sistem Politik Sampai Korupsi, (Bandung: Penerbit Nusantara, 2006)

Ahnaf, Mohammad Iqbal, Tiga Jalan Islam Politik di Indonesia: Reformasi, Refolusi, Revolusi, (Jurnal Wawasan, vol 1, No.2).

Aris, Ananta, Evi NA, Leo Suryadinata, 2005.Emerging Democracy in Indonesia, (Singapore: Institute of Southeast Asian Studies, 2005)

Atika, wawancara terstruktur dengan pengurus PKS Tulang Bawang via telpon pada tanggal 28 Maret 2020.

Burhanuddin Muhtadi, Dilema PKS, Suara dan Syari’ah, (Jakarta: KPG, 2012).

DPP PKS, AD/ART PKS, https://pks.id/content/ad-art-pks (diakases pada tanggal 6 Agustus 2020).

Firmanzah, Marketing Politik; Antara Pemahaman dan Realitas, (Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2007).

Gaffar, Affan, Partai politik dan Kelompok Penekan (Yogyakarta: PT. Bina Aksara, 1984).

Hadiwinata, Bob Sugeng. “Civil Society: Pembangun Sekaligus Perusak Demokrasi.” Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik 9, No. 1 (2005)

Hamongan, Gustiar, Strategi Partai PKS Untuk Memenangkan Calon Kepala Daerah Yang Diusungnya di Kabupaten Padang Lawas Utara, (Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, Vol.3, No.2)

Hawari, Nadirsah, dkk, Tarsyih Kepemimpinan Dalam Perspektif Tafsir dan Undang-Undang Pemilu No.7 Tahun 2017. (Jurnal Tapis: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam, Vol 15. No. 2. 2019).

Hawari, Nadirsah, Tahaluf Siyasi Dalam Praktik Politik Partai Islam di Indonesia, Jurnal Miqot, Vol. 43, No.2, 2019).

KPU Provinsi Lampung, https//lampung.kpu.go.id/hasil_pemilu_/legislatif

Makhȃsin, Luthfî. “Orientasi Ideologi Dan Pragmatisme Politik Model Pembentukan Koalisi Dalam Pilkada Serentak Di Jawa Tengah 2015.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik 19, no. 3 (2016)

Muchammad Ichsan, dkk, Marketing Politik Pasangan Kepala Daerah Dalam Pemilukada (Studi Kasus Tim Sukses Pemenangan Pasangan Abah Anton Dan Sutiaji Dalam Pemilukada Kota Malang 2013, Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 2. No. 2, 2014).

Romli, Lili, Partai Islam dan Pemilih Islam di Indonesia, (Jurnal Penelitian Politik, Vol.1, No. 1).

Surbakti, Ramlan, Memahami Ilmu Politik, (Jakarta: PT. Grasindo, 2017)

Syamsudin, Amir Syamsuddin, dkk, Pragmatisme Partai Islam: Strategi Politik Terbuka Partai Keadilan Sejahtera dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Tahun 2018, (JISPO; Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol.10, No.1, 2020).

Sumadinata, R. Widya Setiabudi. “Dinamika Koalisi Partai-Partai Politik Di Indonesia Menjelang Dan Setelah Pemilihan Presiden Tahun 2014.” Jurnal Wacana Politik 1, no. 2 (2014)

Triono, dkk, Militansi Kader PKS Dalam Pemenangan Politik Pada Pemilu Legislatif 2009 dan 2014 di Lampung, (Jurnal TAPIS; Teropong Aspirasi Politik Islam, Vol.14, No. 2018).

Wospakrik, Decky. “Koalisi Partai Politik Dalam Sistem Presidensil Di Indonesia.” Papua Law Journal 1, no. 1 (2016)

Wawancara tanggal 28 Maret 2020




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v16i2.6988

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License