MODEL PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Yanhar Jamaluddin

Abstract


Abstrak

 

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, idealnya memberikan harapan bagi masyarakat dan stakeholder untuk mendapatkan pelayanan yang berkualitas. Undang-Undang tersebut menyatakan bahwa penyelenggaraan pelayanan publik merupakan kewajiban pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan hak-hak setiap warga negara. Penyelenggaraan pelayanan publik dilaksanakan oleh suatu organisasi sektor publik  yang diarahkan pada terwujudnya kualitas pelayanan (kepuasan) yang diinginkan oleh semua pihak dan stakeholder. Beberapa penelitian tentang penyelenggaraan pelayanan publik sebelum reformasi (pada era orde baru) dan pasca orde baru di Indonesia, pada umumnya menyatakan masih belum memuaskan, sehingga diperlukan hadirnya komitmen yang lebih kuat lagi dari para penyelenggara negara sebagai pihak yang diberi kewenangan sebagai servant untuk meningkatkan kinerja pelayanan. Itu berarti penerapan model design  organisasi menjadi salah satu faktor determinan sehingga kualitas  pelayanan tidak terwujud.

 

Kata  Kunci : Model, Desain Organik, Pelayanan, Publik


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Iskandar, Jusman, 2004, Beberapa Indeks dan Skala Pengukuran Variabel. Bandung : Puspaga

Mansyur, Achmad, 2010, Teori-Teori Mutakhir Administrasi Publik, Jogjakarta : Rangkang Education.

Ratminto & Winarsih, Atik Septi, 2005, Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Robbins, Stephen P, 1994, Teori Organisasi : Struktur, Desain & Aplikasi – Edisi 3. Prentice-Hall Int., Inc – Jakarta : Penerbit Arcan.

Rusli, Budiman, Prof.DR.MS, 2014, Isu-Isu Krusial Administrasi Publik Kontemporer. Bandung : Lepsindo

Rusli, Budiman, Prof.DR.MS, 2015, Kebijakan Publik. Bandung : ADOYA Mitra Sejahtera

Sedarmayanti, DR, M.PD, 2000, Restrukturisasi dan Pemberdayaan Organisasi Untuk Menghadapi Dinamika Perubahan Lingkungan.Bandung : Mandar Maju.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk, 2006, Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : Bumi Aksara.

Steers, Richard M. 1985, Efektivitas Organisasi, Goodyear Publishing Company, Inc – LPPM. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Sugiyono, Prof. DR. 2014, Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Tangkilisan, Hessel Nogi, 2005, Manajemen Publik. Jakarta : Grasindo.

Umar, Husein, 2004, Metode Riset Ilmu Administrasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Utomo, Warsito, 2007, Dinamika Administrasi Publik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Harian Kompas, 30/11/2015

Harian Kompas, 25/01/2016

Harian Kompas, 29/01/2016




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v12i1.828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License