PENGUATAN KETAHANAN BUDAYA DALAM MENGHADAPI DERASNYA ARUS BUDAYA ASING

Idrus Ruslan

Abstract


Abstrak

 

Ditengah aruh modernisasi saat ini, manusia seringkali dihadapkan pada dua pilihan yang sulit, disatu sisi pergaulan dengan dunia Internasional adalah sangat diperlukan sebab apa jadinya jika hanya mengisolasi diri dari pergaulan internasional.  Akan tetapi disisi lain, implikasi dari pergaulan tersebut dapat menggeruskan nilai-nilai budaya yang telah ada sehingga menjadi tercerabut dari keasliannya. Dalam menghadapi dilematisasi tersebut, tidak ada cari lain kecuali bersikap komitmen terhadap nilai-nilai luhur bangsa serta berani menetapkan di dalam hati secara bangga terhadap nilai-nilai asli bangsa agar tidak menjadi manusia yang kehilangan identitas.

 

Kata Kunci: Budaya Indonesia, Budaya Asing.


Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Anwar, Yasmir dan Adang, Sosiologi Untuk Universitas, Bandung: Refika Aditama, 2013.

Banawiratma, J.B. dalam Andito (ed.), Atas Nama Agama, Bandung: Pustaka Hidayah, 1998.

Hariyono, P. Pemahaman Kontekstual Tentang Ilmu Budaya Dasar, Yogyakarta: Kanisius, 1996.

Husodo, Siswono Yudo. “Pancasila: Jalan Menuju Negara Kesejahteraan”, dalam Panitia Simposium dan Sarasehan, Pancasila Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan dan Pembangunan Bangsa, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada, 2006.

Jalaluddin-Ramayulis, Pengantar Ilmu Jiwa Agama, Jakarta: Kalam Mulia, 1993.

Koentjaraningrat, Pengantar Ilmu Antropologi, Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

Madjid, Nurcholish. “Kosmopolitanisme Islam dan Terbentuknya Masyarakat Paguyuban”, dalam M. Nasir Tamara dan Elza Peldi Taher (ed.), Agama dan Dialog Antar Peradaban, Jakarta: Paramadina, 1996.

---------, Cita-Cita Politik Islam Era Reformasi, Jakarta: Paramadina, 1999.

Muhammad, Afif. “Radikalisme Agama-agama Abad 21”, dalam Tim Editor, Masa Depan Bangsa dan Radikalisme Agama, Bandung: Gunung Djati Press, 2006.

Muladi, “Kontekstualisasi dan Implementasi Pancasila dalam Bidang Hukum, Pertahanan dan Keamanan”, dalam Abbas Hamami Mintaredja dkk (ed.), Memaknai Kembali Pancasila, Yogyakarta: Lima, 2007.

Nasikun, Sistem Sosial Indonesia, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.

Nothingham, Elizabeth K. Agama dan Masyarakat: Suatu Pengantar Sosiologi Agama, terj. Abdul Muis Naharong, Jakarta: Rajawali Pers, 1994.

Poloma, Margaret M. Sosiologi Kontemporer, terj. Tim Yasogama, Jakarta: Rajawali Pers. 2010.

Soekanto, Soerjono. Sosiologi; Suatu Pengantar, Jakarta: Rajawali Pers, 2007.

Therik, Gerson Tom. “Arus Balik Globalisasi Dalam Milenium Ketiga” dalam Martin L. Sinaga (ed.), Agama-Agama Memasuki Milenium Ketiga, Jakarta: Grasindo, 2000.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/tps.v11i1.838

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

All publications by Jurnal TAPIS [ISSN-p 0216-4396; ISSN-e 2655-6057 ] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License