AKURASI JADWAL SALAT ARIUS SYAIKHI PAYAKUMBUH SEBAGAI PANDUAN WAKTU SALAT BAGI MASYARAKAT PROVINSI LAMPUNG

Jayusman Jayusman

Abstract


Abstract: The Accuracy of Prayer Schedule of Arius Syaikhi Payakumbuh in Determining Prayer Times in Lampung Province. In order to help the Muslims in determining the initial times of prayers, a number of astronomers has made a schedule of prayers, which were name: All Time Prayer Schedule, Forever Schedule of Prayers, and so forth. In each schedule, it is also included a correction for each region that can be used by the Muslims living in certain location. One of the prayers time schedule circulated in Lampung province and which has been used by the public at large, is the All Time Prayer Schedule made by Arius Syaikhi. Unfortunately, based on a research finding, the Prayer Time Schedule, which has been widely circulated among Muslims in Lampung Province, turned out to be inaccurate, especially for the city of Tanjung Karang, Teluk Betung, Metro and Menggala. This article describes the above-mentioned inaccuracy.
Keywords: time schedule for prayers, Arius Syaikhi, the science of falak

Abstrak: Akurasi Jadwal Salat Arius Syaikhi Payakumbuh Sebagai Panduan Waktu Salat Bagi Masyarakat Provinsi Lampung. Guna membantu kaum muslimin dalam menentukan awal waktu salat, sejumlah ahli falak telah membuat jadwal salat; ada yang menamakannya dengan Jadwal Salat Sepanjang Masa, Jadwal Salat Abadi, dan sebagainya. Dalam setiap jadwal disertakan pula koreksi waktu untuk setiap wilayah yang dapat digunakan oleh kaum muslimin sesuai dengan lokasi di mana mereka berada. Salah satu jadwal waktu salat yang beredar di provinsi Lampung dan telah digunakan oleh masyarakat secara luas, adalah Jadwal Waktu Salat Untuk Selama-Lamanya yang dihisab oleh Arius Syaikhi. Sayangnya, berdasarkan hasil penelitian, Jadwal Waktu Salat yang telah beredar luas ini ternyata tidak akurat, khususnya untuk kota Tanjung Karang, Teluk Betung, Panjang, Metro dan Menggala. Artikel ini menjelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan ketidakakuratan itu.
Kata Kunci: jadwal salat, Arius Syaikhi, ilmu falak


Keywords


jadwal salat; Arius Syaikhi; ilmu falak

Full Text:

PDF

References


Amirullah, Luqman Haqiqi, Penentuan Waktu Shubuh Menurut Muhammadiyah, Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2013.

Azhari, Susiknan, Ilmu Falak Teori dan Praktik, Yogyakarta: Lazuari, 2001.

______, Ilmu Falak Perjumpaan Khazanah Islam dan Sains Modern, Yogyakarta: Suara Muhammadiyah, 2007.

______, Ensiklopedi Hisab Rukyat, Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Badan Hisab Rukyat Depag RI, Almanak Hisab Rukyat, Jakarta: Depag RI, 1981.

Depag RI, Pedoman Penentuan Jadwal Waktu Salat Sepanjang Masa, Jakarta: Depag RI, 1994/1995.

Djambek, Saadoeddin, Salat dan Puasa di Daerah Kutub, Jakarta: Bulan Bintang, 1974.

______, Pedoman Waktu Salat Sepanjang Masa, Jakarta: Bulan Bintang, t.t.

Jadwal Waktu Salat Untuk Selama-Lamanya Untuk Daerah Tanjung Karang, Teluk Betung, Panjang, Metro dan Menggala yang dihisab oleh Arius Syaikhi

Jayusman, dkk, Perbedaan Jadwal Imsakiah Ramadan 1430H Untuk Kota Bandar Lampung, Penelitian Kompetitif IAIN Raden Intan tahun 2010.

______, “Studi Kritis Terhadap Jadwal Waktu Salat Noor Ahmad SS Untuk Jepara”, dalam Jurnal Ilmiah Madania, STAIN Bengkulu, Vol. 15, No.1 Juni 2011.

______, “Telaah Terhadap Perbedaan Perhitungan Jadwal Salat Yang Beredar di Tengah-Tengah Masyarakat, dalam Jurnal Studi Islam, Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, Vol. 12, No. 01, Februari 2012.

Khazin, Muhyiddin, Ilmu Falak dalam Teori dan Praktik, Jogjakarta: Buana Pustaka, 2008.

______, Kamus Ilmu Falak, Yogyakarta: Buana Pustaka, 2005.

______, 99 Tanya Jawab Masalah Hisab dan Rukyat, Yogyakarta: Ramadan Press, t.t.

Ma’ruf, Muhammad Faisal, Perbandingan Meode Perhitungan Awal Waktu Shalat Menurut Muhammadiyah dan NU (Studi Terhadap Jadwal Waktu Salat Bulan Desember 2009 Untuk Wilayah Yogyakarta), Skripsi Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014.

Mujab, Saiful, Kuliah Penguatan Hisab Tradisional, Program Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, 2009.

Muslih, M., Penetapan Lintang dan Bujur Kab Dati II Batang (Tahkik di Pusat Kota Dan Pengaruhnya Terhadap Arah Kiblat, Waktu Salat, dan Ihtiyat), Pekalongan: STAIN Pekalongan, 1997

Murtadho, Moh., Ilmu Falak Praktis, Malang: UIN Malang Press, 2008.

Program Win Hisab Kementerian Agama Republik Indonesia.

Shobri, M. Teguh, “Hisab Arah Kiblat”, makalah disampaikan pada acara Kegiatan Diklat Pembina Hisab Rukyat Kementerian Agama se-Provinsi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu dan Kepulauan Bangka Belitung di Palembang, 11-20 April 2012.

T. Djamaluddin, “Posisi Matahari dan Penentuan Jadwal Salat”, http://t-djamaluddin.spaces.live.com, diunduh pada tanggal 06 November 2010.

Wawancara dengan Zul Efendi tanggal 5 Maret 2010.

Wawancara dengan Muswardi tanggal 2 Agustus 2010.

Zuhailî, al-, Wahbah, al-Fiqh al-Islamî wa Adillatuh, Jil. I, Dimsyiq: Dâr al-Fikr, t.t.




DOI: http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v12i2.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 AL-'ADALAH

Creative Commons License

Al-'Adalah is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.